April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Berkshire Hathaway Warren Buffett memuji Charlie Munger

Berkshire Hathaway Warren Buffett memuji Charlie Munger

CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett mengenang Charlie Munger, mantan wakil ketua grup tersebut, sebagai “arsitek” perusahaan dan mitra yang tangguh dalam surat tahunan pertamanya kepada pemegang saham sejak kematian Munger.

“Charlie adalah 'arsitek' Berkshire saat ini, dan saya bertindak sebagai 'kontraktor umum' untuk mengimplementasikan visinya sehari-hari,” tulis Buffett dalam suratnya kepada pemegang saham.

Buffett mengatakan hubungannya dengan mitra bisnis lamanya adalah “sebagian kakak laki-laki dan sebagian lagi ayah yang penyayang.”

“Charlie tidak pernah mencari pujian atas perannya sebagai pencipta, namun malah mengizinkan saya untuk sujud dan menerima penghargaan. Bisa dibilang, hubungannya dengan saya adalah sebagian dari kakak laki-laki, sebagian lagi adalah ayah yang penyayang,” tulis Buffett. “Bahkan ketika dia tahu dia benar, dia memberi saya kendali, dan ketika saya melakukan kesalahan, dia tidak pernah mengingatkan saya akan kesalahan saya.”

Charlie Munger, teman dan mitra bisnis Warren Buffett, meninggal dunia pada usia 99 tahun

CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett, kiri, mengenang Charlie Munger sebagai “arsitek” perusahaan bernilai miliaran dolar. (Johannes Eisele/AFP melalui Getty Images/Getty Images)

“Dalam dunia fisik, bangunan-bangunan besar diasosiasikan dengan arsiteknya, sementara mereka yang menuangkan beton atau memasang jendela akan segera dilupakan. Berkshire telah menjadi perusahaan yang hebat. Meskipun saya sudah lama bertanggung jawab atas kru konstruksi, Charlie harus Dia berlangsung selamanya dan menambahkan penghargaan sebagai arsiteknya.

Dalam suratnya kepada pemegang saham, Buffett mendesak investor untuk mengabaikan angka akhir dan fokus pada pendapatan operasional Berkshire yang tidak termasuk investasi.

Pertama Paramount, sekarang Apple. Berkshire milik Warren Buffett menjual saham TECH GIANT

READ  Saham Apple mencapai rekor tertinggi sebelum headset realitas campuran diperkenalkan untuk pertama kalinya

“Perbedaan utama antara angka yang dilaporkan dan angka yang disukai Berkshire adalah kami mengecualikan keuntungan atau kerugian modal yang belum direalisasi yang terkadang bisa melebihi $5 miliar per hari,” tulis Buffett. “Ironisnya, preferensi kita sebagian besar merupakan norma hingga tahun 2018, ketika 'optimasi' diberlakukan. Eksperimen Galileo, berabad-abad yang lalu, seharusnya mengajarkan kita untuk tidak main-main dengan mandat dari atas. Namun di Berkshires, kita bisa menjadi keras kepala.” .

pemegang saham Berkshire Hathaway

FOTO FILE: Pemegang saham Berkshire Hathaway berjalan melintasi layar video pada pertemuan tahunan perusahaan di Omaha pada 4 Mei 2013. (Reuters/Rick Wilking/Foto Arsip/Foto Reuters)

Buffett juga mengurangi ekspektasi terhadap harga saham Berkshire, dengan mengatakan bahwa ukuran perusahaan yang sangat besar “tidak memberikan potensi kinerja yang menarik.”

“Hanya ada sedikit perusahaan di negara ini yang mampu membuat perbedaan nyata di Berkshire, dan mereka telah dipilih oleh kami dan tanpa henti oleh perusahaan lain,” tulis Buffett. “Ada yang bisa kita hargai, ada yang tidak bisa kita hargai.”

Miliarder berusia 93 tahun ini juga meyakinkan investor bahwa Wakil Ketua Greg Appel, penggantinya, “siap dalam segala hal untuk menjadi CEO Berkshire besok.”

Charlie Munger, kepala dan bahunya tertembak

Charlie Munger, wakil ketua Berkshire Hathaway, berbicara pada pertemuan pemegang saham Daily Journal Corp. di Los Angeles. (Patrick T. Fallon/Bloomberg melalui Getty Images/Getty Images)

Penghormatan tulus Buffett kepada Munger disampaikan setelah rekan bisnis dan temannya meninggal pada bulan November di usia 99 tahun.

“Berkshire Hathaway tidak mungkin mencapai posisinya saat ini tanpa inspirasi, kebijaksanaan, dan keterlibatan Charlie,” kata Buffett dalam sebuah pernyataan pada saat kematiannya.

Dapatkan FOX Business saat bepergian dengan mengklik di sini

READ  Saham jatuh setelah Fed menaikkan suku bunga

Selain menjadi wakil ketua Berkshire, Munger adalah seorang pengacara real estate, presiden dan penerbit Daily Journal Corp., anggota dewan direksi Costco, seorang dermawan dan arsitek.

Stephenie Price dari Fox News Digital berkontribusi pada laporan ini.