Begini Cara Mencegah Kanker Nasofaring Seperti yang Diderita Ustadz Arifin Ilham | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Tips & Gaya Hidup

Begini Cara Mencegah Kanker Nasofaring Seperti yang Diderita Ustadz Arifin Ilham

foto: verywellhealth

REVIEW, Bekasi—Pendakwah KH Muhammad Arifin Ilham atau biasa disapa Ustadz Arifin Ilham saat ini masih dalam perawatan karena terkena kanker nasofaring stadium IV.

Sebenarnya kanker nasofaring itu apa sih? Seperti dilansir National Cancer Institute, kanker nasofaring adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan nasofaring (di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut).

Umumnya, kanker ini terbentuk karena pasien terpapar virus Epstein-Barr. Tanda-tanda kanker nasofaring termasuk kesulitan bernafas, berbicara, atau mendengar.

Kanker ini termasuk dalam lima kanker ganas. Kanker nasofaring biasanya diobati dengan radioterapi. Ada dua jenis radioterapi, radioterapi eksternal menggunakan mesin di luar tubuh. Radioterapi internal menggunakan zat radioaktif yang terbungkus dalam jarum, biji, kawat, ataupun kateter yang ditempatkan langsung di dalam organ yang terkena kanker. Jenis radioterapi yang digunakan bergantung pada jenis dan stadium kanker nasofaringnya.

www.cancer.gov

Radioterapi eksternal terhadap kelenjar tiroid (pituitary) dapat mengubah cara mereka bekerja. Dokter mungkin akan melakukan tes kelenjar tiroid sebelum dan sesudah terapi untuk memastikan mereka berfungsi baik.

BACA JUGA:  Ustadz Arifin Ilham Sakit Lagi, Begini Kondisinya

Lalu bagaimana cara mencegah agar kita terhindar dari kanker nasofaring ini? Langkahnya sebenarnya cukup mudah.

  • Ciptakan lingkungan hidup dan kerja yang sehat. Dalam beberapa kasus virus Epstein Barr ini terjadi karena penyebaran melalui air liur, menggunakan sendok, gelas, sedotan secara bergantian.
  • Kurangi makanan yang diawetkan atau menggunakan zat pengawet.
  • Hindari polusi udara, seperti zat-zat dari gas kimia, asap industri, dan sebagainya.
  • Ubahlah gaya hidup Anda dengan gaya hidup sehat, berpikir positif, cukup istirahat, berolahraga secara teratur.

 

 




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top