Juni 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Banjir Sydney: Peringatan akan terjadinya lebih banyak banjir akibat tumpahan bendungan besar

Banjir Sydney: Peringatan akan terjadinya lebih banyak banjir akibat tumpahan bendungan besar

Pihak berwenang Australia telah memperingatkan bahwa air banjir diperkirakan akan meningkat di Sydney setelah hujan lebat pada hari Jumat menyebabkan banjir bandang di beberapa bagian kota terbesar kedua di Australia.

Hujan deras mengguyur sebagian kota selama 24 jam, memaksa ribuan orang mengungsi di pinggiran kota.

Hujan juga menyebabkan sumber air utama kota, Bendungan Warragamba, bocor dua hari lebih awal dari perkiraan.

Warga yang tinggal di bawah bendungan telah diperingatkan akan kemungkinan terjadinya banjir lagi.

Bendungan tersebut mulai bocor pada Sabtu pagi, dan sejak itu telah memompa setara dengan 80.000 kolam renang Olimpiade ke hilir setiap jamnya, menurut Sydney Morning Herald.

Ketinggian air di bendungan diperkirakan mencapai puncaknya pada tengah malam pada hari Sabtu waktu setempat (13:00 GMT), menurut pejabat. Namun beberapa warga telah diperingatkan akan risiko banjir lebih lanjut karena sebagian besar air dari bendungan belum mencapai daerah rawan banjir di Sydney.

“Kami telah bersama masyarakat untuk memberi tahu mereka apa yang akan terjadi dan memastikan mereka siap,” kata Komisioner Layanan Darurat Negara Bagian New South Wales Carlene York kepada wartawan.

“Kami tidak berpikir bahwa air ini akan berdampak pada banyak orang di wilayah tersebut, namun yang pasti adalah lahan pertanian di pedesaan, peternakan, keluarga, bisnis… Kami harus waspada dalam beberapa hari ke depan bahwa air akan terus mengalir ke bawah. pada tingkat tinggi di sistem sungai tersebut.”

Ketinggian air di sungai Hawkesbury dan Nepean diperkirakan akan meningkat dalam beberapa hari mendatang.

Badai tersebut menyebabkan hujan selama sebulan di Sydney pada hari Jumat, mendorong pihak berwenang mengeluarkan peringatan evakuasi darurat di beberapa daerah dataran rendah di kota tersebut, termasuk Richmond dan Windsor.

“Meskipun langit tampak biru di seluruh Sydney saat ini dan keadaan darurat hujan tampaknya mulai mereda, penting untuk dicatat bahwa tingkat banjir di beberapa sungai, khususnya di bagian barat Sydney, terus meningkat dan hal ini menimbulkan risiko,” NSW Perdana Menteri Wells, Chris Means, mengatakan kepada wartawan pada hari Sabtu: “Untuk beberapa komunitas.”

Layanan Darurat Negara Bagian New South Wales mengatakan lebih dari 150 orang berhasil diselamatkan dari banjir pada hari Sabtu, menambahkan bahwa 72 operasi penyelamatan telah dilakukan di Sydney.

Seorang pria ditemukan tewas di perairan dekat cagar alam di Penrith, sebelah barat Sydney, pada hari Sabtu. Polisi New South Wales mengatakan belum jelas apakah kematiannya ada hubungannya dengan badai.

Ribuan orang dibiarkan tanpa listrik.

Banyak layanan kereta api di sekitar Sydney terhenti karena banjir di relnya, sementara banyak jalan juga ditutup.

Satu-satunya jalan menuju Lembah Megalong di Blue Mountains, sebelah barat Sydney, terputus akibat tanah longsor besar akibat cuaca basah.

Walikota setempat Mark Greenhill mengatakan pemberian makanan mungkin harus dilakukan untuk warga yang terisolasi.

“Kerusakannya sangat besar sehingga kami bahkan tidak bisa mengeluarkan orang, apalagi kendaraan,” katanya kepada Radio ABC di Sydney.

Gambar juga menunjukkan rumah-rumah yang hancur di kota Wollongong, di selatan ibu kota negara bagian.

Peringatan banjir juga dikeluarkan di Queensland, dan warga diimbau menghindari perjalanan yang tidak penting.

Sumber gambar, Dekan Lewis/EPA-EFE/REX/Shutterstock

Komentari foto tersebut,

Sebagian rumah hanyut di Gunung Keira, Wollongong, selatan Sydney