Mei 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Presiden Meksiko mengatakan negaranya memutuskan hubungan diplomatik dengan Ekuador setelah penggerebekan kedutaan

Presiden Meksiko mengatakan negaranya memutuskan hubungan diplomatik dengan Ekuador setelah penggerebekan kedutaan

QUITO, Ekuador (AP) — Meksiko memutuskan hubungan diplomatik dengan Ekuador setelah polisi menyerbu kedutaan Meksiko di Quito untuk menangkap mantan wakil presiden Ekuador yang mencari suaka politik di sana setelah dituduh melakukan korupsi.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador membuat pengumuman tersebut pada Jumat malam setelah polisi Ekuador menyerbu kedutaan Meksiko untuk menangkap Jorge Glass, yang telah tinggal di sana sejak Desember, ketika pertikaian diplomatik antara kedua negara memburuk.

Glass, yang bisa dibilang orang paling dicari di negara itu, dihukum karena suap dan korupsi. Pihak berwenang Ekuador masih menyelidiki tuduhan lebih lanjut terhadapnya.

Polisi berupaya menyerbu kedutaan Meksiko di Quito, Ekuador, Jumat, 5 April 2024, setelah Meksiko memberikan suaka kepada mantan Wakil Presiden Ekuador Jorge Glas yang mengungsi di sana. Belakangan, polisi dengan paksa menyerbu kedutaan melalui pintu masuk lain. (Foto AP/Dolores Ochoa)

Polisi menyerbu pintu luar markas diplomatik Meksiko di ibu kota Ekuador dan memasuki halaman utama untuk menangkap Glass.

“Ini tidak mungkin, tidak mungkin, ini gila,” kata Roberto Canseco, kepala bagian konsulat Meksiko di ibu kota, Quito, kepada media lokal sambil berdiri di luar kedutaan. “Saya sangat khawatir mereka akan membunuhnya. Tidak ada dasar untuk melakukan hal itu, itu benar-benar di luar kebiasaan.”

Kepresidenan Ekuador mengatakan dalam sebuah pernyataan yang membela keputusannya: “Ekuador adalah negara berdaulat dan kami tidak akan membiarkan penjahat mana pun tetap bebas.”

Lopez Obrador menanggapinya dengan menyebut penahanan Glass sebagai “tindakan tirani” dan “pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional dan kedaulatan Meksiko.”

Alicia Bárcena, Menteri Hubungan Luar Negeri Meksiko, sebelumnya menulis di Twitter bahwa sejumlah diplomat terluka dalam pembobolan tersebut, dan menambahkan bahwa hal tersebut melanggar Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik.

Bárcena mengatakan Meksiko akan membawa kasus ini ke Mahkamah Internasional “untuk mengecam tanggung jawab Ekuador atas pelanggaran hukum internasional.” Ia juga mengatakan diplomat Meksiko tinggal menunggu pemerintah Ekuador memberikan jaminan yang diperlukan agar mereka bisa kembali ke tanah air.

Kendaraan pengawal polisi menyerbu Kedutaan Besar Meksiko di Quito, Ekuador, Jumat, 5 April 2024. Petugas polisi Ekuador dengan paksa menyerbu kedutaan tempat mantan Wakil Presiden Ekuador Jorge Glas bersembunyi, hanya beberapa jam setelah ia diberi kekuasaan politik oleh pemerintah Meksiko.  mencari perlindungan.  (Foto AP/Dolores Ochoa)

Kendaraan pengawal polisi menyerbu Kedutaan Besar Meksiko di Quito, Ekuador, Jumat, 5 April 2024. Petugas polisi Ekuador dengan paksa menyerbu kedutaan tempat mantan Wakil Presiden Ekuador Jorge Glas bersembunyi, hanya beberapa jam setelah ia diberi kekuasaan politik oleh pemerintah Meksiko. mencari perlindungan. (Foto AP/Dolores Ochoa)

Sebuah mobil mundur menuju Kedutaan Besar Meksiko di Quito, Ekuador, Jumat, 5 April 2024. (AP Photo/Dolores Ochoa)

Sebuah mobil mundur menuju Kedutaan Besar Meksiko di Quito, Ekuador, Jumat, 5 April 2024. (AP Photo/Dolores Ochoa)

Kementerian Luar Negeri Ekuador dan Kementerian Dalam Negeri Ekuador tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kedutaan Besar Meksiko di Quito tetap berada di bawah penjagaan ketat polisi pada Jumat malam.

Sehari sebelumnya, ketegangan antara kedua negara meningkat setelah Presiden Meksiko mengeluarkan pernyataan yang dianggap “sangat disayangkan” oleh Ekuador terkait pemilu baru-baru ini yang dimenangkan oleh Presiden Ekuador Daniel Noboa.

Sebagai tanggapan, pemerintah Ekuador Duta Besar Meksiko dinyatakan persona non grata.

___

Ikuti liputan AP tentang Amerika Latin dan Karibia https://apnews.com/hub/latin-america

READ  Israel setuju untuk pertukaran tahanan dan sandera dan menunggu tanggapan Hamas, kata analis CNN