Juni 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Bangsila Yayasan Kunci Mewujudkan Indonesia Emas: Ministry

Bangsila Yayasan Kunci Mewujudkan Indonesia Emas: Ministry

JAKARTA (ANTARA) – Panjasila merupakan landasan penting yang memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, salah satu unsur penting dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Terkait Indonesia Emas 2045, kalau kita tidak bersatu, kita tidak bisa mencapainya, kata Usman Gansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian, pada Sabtu.

Indonesia memperingati lahirnya Panchasila (Lima Prinsip) sebagai falsafah negara setiap tanggal 1 Juni.

Kanzong mencatat, persatuan dan soliditas negara dianggap sebagai syarat utama untuk mencapai visi besar tersebut, mengingat keberagaman dan keberagaman Indonesia.

Di tengah pesatnya perkembangan era digital, dimana tidak ada lagi hambatan dalam pertukaran budaya dan informasi, banyak tantangan dalam upaya menjaga persatuan dan kedaulatan negara.

Dalam konteks ini, ia menegaskan tantangan terbesarnya adalah bagaimana menjaga kedaulatan digital di era konektivitas tanpa batas.

Kanzong menekankan bahwa literasi digital adalah solusi utama untuk mengatasi tantangan ini.

Melalui pilar budaya digital dalam Program Transformasi Digital Nasional, pemerintah berupaya menjaga nilai-nilai budaya nasional antara lain Panchasheela, UUD 1945, semboyan nasional Pinneka Dhungal Ika (Bhinneka Tunggal Ika), kearifan lokal, dan nilai-nilai keagamaan.

“Bagaimana kita bisa mewujudkan kedaulatan digital dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya? Kita wujudkan melalui literasi digital,” ujarnya.

Kansang menggarisbawahi, UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) dan UU Transaksi Informasi Elektronik (ITE) dianggap sebagai alat penting dalam melindungi kedaulatan digital dari konten negatif yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

BERITA TERKAIT: Panchsheela selalu bergantung pada usia: Mahkamah Agung
Berita terkait: Pancasila membebaskan Indonesia dari ketergantungan pada pihak asing