Agustus 11, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Bagian dari Great Barrier Reef Australia menunjukkan tutupan karang tertinggi dalam 36 tahun

Bagian dari Great Barrier Reef Australia menunjukkan tutupan karang tertinggi dalam 36 tahun

MELBOURNE/SYDNEY (Reuters) – Dua pertiga dari Great Barrier Reef Australia telah menunjukkan tutupan karang paling banyak dalam 36 tahun, tetapi terumbu karang tetap mengalami pemutihan massal yang semakin sering, sebuah program pemantauan jangka panjang resmi melaporkan pada hari Kamis. .

Institut Ilmu Kelautan Australia (AIMS) mengatakan pemulihan di bagian tengah dan utara dari terumbu karang yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO kontras dengan wilayah selatan, di mana telah terjadi hilangnya tutupan karang karena wabah Crown of Thistles ( TUJUAN) bintang laut. dalam laporan tahunannya.

“Apa yang kami lihat adalah bahwa Great Barrier Reef tetap merupakan sistem yang tangguh. Sistem ini masih mempertahankan kemampuan untuk pulih dari gangguan,” kata Pemimpin Program Pemantauan AIMS Mike Emsley kepada Reuters.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Namun yang mengkhawatirkan adalah frekuensi kejadian gangguan tersebut semakin meningkat, khususnya kejadian pemutihan karang massal,” katanya.

Laporan itu muncul saat UNESCO sedang mempertimbangkan apakah akan memasukkan Great Barrier Reef sebagai “dalam bahaya”, menyusul kunjungan para ahli UNESCO pada bulan Maret. Pertemuan Komite Warisan Dunia di mana nasib terumbu karang menjadi agenda dijadwalkan berlangsung di Rusia pada bulan Juni tetapi ditunda.

Dalam ukuran utama kesehatan terumbu karang, AIMS mengidentifikasi tutupan karang keras lebih dari 30% sebagai nilai tinggi, berdasarkan survei terumbu karang jangka panjang.

Di wilayah utara, rata-rata tutupan karang keras tumbuh menjadi 36% pada 2022 dari terendah 13% pada 2017, sementara di wilayah tengah tutupan karang keras naik menjadi 33% dari terendah 12% pada 2019 – Level yang lebih tinggi telah tercatat untuk kedua wilayah tersebut sejak lembaga mulai memantau terumbu karang pada tahun 1985.

READ  Australia menggulingkan Konservatif setelah sembilan tahun, dan Albany mengambil alih sebagai Perdana Menteri

Namun, di wilayah selatan, yang umumnya memiliki tutupan karang keras lebih tinggi daripada dua wilayah lainnya, tutupan turun menjadi 34% pada 2022 dari 38% pada tahun sebelumnya.

Pemulihan terjadi setelah pemutihan massal keempat dalam tujuh tahun dan yang pertama selama peristiwa La Nina, yang biasanya menurunkan suhu. Terlepas dari luasnya pemutihan, lembaga itu mengatakan, pemutihan pada tahun 2020 dan 2022 tidak separah pada tahun 2016 dan 2017.

Pada sisi negatifnya, pertumbuhan tutupan telah didorong oleh karang Acropora, yang menurut AIMS sangat rentan terhadap kerusakan gelombang, tekanan panas, dan bintang laut berduri.

“Kami benar-benar berada di perairan yang belum dipetakan dalam hal efek pemutihan dan apa artinya ke depan. Tetapi bahkan hari ini, itu masih tempat yang bagus,” kata Emsley.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Sonali Paul di Melbourne dan James Redmayne di Sydney; Diedit oleh Stephen Coates

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.