Mei 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Awak kabin Lufthansa menyerukan pemogokan dua hari baru di Jerman

Awak kabin Lufthansa menyerukan pemogokan dua hari baru di Jerman
  • Ditulis oleh Sofia Ferreira Santos
  • berita BBC

Serikat awak kabin Lufthansa mengumumkan pemogokan baru selama dua hari di dua bandara tersibuk di Jerman, Frankfurt dan Munich.

Pemogokan ini terjadi pada hari Selasa dan Rabu, dan merupakan yang terbaru dari serangkaian pemogokan yang berdampak pada maskapai penerbangan Jerman tersebut.

Pengumuman serikat pekerja ini muncul beberapa hari setelah Lufthansa mengumumkan rekor keuntungan pada tahun 2023.

Lufthansa mengatakan sekitar 100.000 penumpang kemungkinan akan terkena dampaknya.

Serikat pekerja mengatakan bahwa pemogokan tersebut akan mencakup semua penerbangan yang berangkat dari Bandara Frankfurt pada hari Selasa dan semua penerbangan dari Munich pada hari Rabu mulai pukul 04:00 (03:00 GMT) hingga 23:00 (22:00 GMT) waktu setempat.

Hal ini akan berdampak pada Lufthansa dan anak perusahaannya, CityLine, yang melayani penerbangan jarak pendek dan berbiaya rendah. Tidak jelas apakah mitra codeshare Lufthansa juga akan terkena dampaknya.

Organisasi Pramugari Independen (UFO) menuntut kenaikan gaji sebesar 15% dan pembayaran kompensasi inflasi sebesar €3.000 ($3.280; £2.550) untuk 18.000 anggotanya di Lufthansa dan 1.000 anggota Cityline.

Dia mengatakan lebih dari 96% anggota UFO mendukung serangan tersebut.

Lufthansa mengumumkan pada hari Kamis bahwa labanya meningkat dua kali lipat pada tahun 2023 menjadi €1,67 miliar ($1,82 miliar; £1,42 miliar) dibandingkan tahun sebelumnya.

Awak kabin “harus mampu memanfaatkan kesuksesan ini,” kata Joachim Vasquez Borger, ketua dewan direksi UFO.

Dia menambahkan bahwa serikat pekerja “sangat menyesal” mengambil keputusan ini dan meminta penumpang untuk “meminta maaf” atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pemogokan tersebut.

Sekitar 200.000 penumpang terkena dampak penundaan dan pembatalan setelah staf darat Lufthansa melakukan pemogokan di Jerman pada hari Kamis dan Jumat.

Serikat pekerja Ver.di, yang memimpin pemogokan, mengatakan 25.000 staf lapangannya menginginkan kenaikan gaji sebesar 12,5% atau setidaknya 500 euro ekstra per bulan, ditambah bonus kompensasi inflasi.

Lufthansa mengatakan pihaknya telah menawarkan kenaikan upah minimal 10%, namun Ver.di mengatakan tawaran tersebut tidak cukup, dan staf darat hampir tidak mendapatkan upah minimum meskipun keuntungan yang diperoleh maskapai penerbangan tersebut tinggi.