Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Apple meluncurkan Safari yang didukung AI dengan iOS 18 dan macOS 15

Apple meluncurkan Safari yang didukung AI dengan iOS 18 dan macOS 15

Apple sedang menguji versi browser web Safari yang mencakup penyesuaian UI, fitur pemblokiran konten tingkat lanjut, dan alat baru yang didukung AI yang disebut Pencarian Cerdas. AppleInside untuk mempelajari.

Safari mendapat alat AI baru di iOS 18

Perangkat lunak tersebut – yang diperkirakan akan debut sebagai Safari 18 pada tahun 2024 nanti – saat ini sedang menjalani evaluasi bersamaan dengan rilis internal untuk pembaruan sistem operasi generasi berikutnya Apple, iOS 18 dan macOS 15, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Jika seluruh fitur baru mencapai tahap kandidat rilis, pengguna akan disuguhi antarmuka pengguna (UI) baru untuk menyesuaikan kontrol halaman umum, fitur Penghapus Web, dan alat peringkasan konten berbasis AI.

Pencarian Cerdas – penjelajahan dan peringkasan teks yang didukung AI

Insinyur yang mengevaluasi versi terbaru Safari 18 dapat menemukan tombol untuk menu kontrol di halaman baru di bilah alamat browser. Menu ini mengintegrasikan kontrol lama dan baru pada halaman – dan menyediakan akses cepat ke kontrol tersebut, termasuk fitur Pencarian Cerdas baru pada browser.

Fitur Penjelajahan Cerdas Safari yang baru dapat meniru fitur seperti ringkasan artikel Arc Browser

Fitur ini tidak diaktifkan secara otomatis di Safari 18 versi beta dan memerlukan aktivasi manual dari menu kontrol halaman. Setelah diaktifkan, alat ini diyakini akan memanfaatkan teknologi AI pada perangkat Apple – khususnya model pembelajaran bahasa Ajax – untuk mengidentifikasi topik dan frasa utama dalam halaman web yang menjadi dasar ringkasan.

Saat memilih frasa kunci, Apple LLM mengidentifikasi kalimat yang memberikan penjelasan atau mendeskripsikan struktur objek, bergantung pada teks yang dimaksud. Kata-kata yang diulang dalam teks dan kalimat kunci dikenali sebagai topik teks.

Indikasi awal ini menunjukkan bahwa Apple berupaya menawarkan peringkasan teks bersamaan dengan Safari 18 akhir tahun ini, meskipun implementasi pasti dari fitur ini masih menjadi misteri.

Fitur peringkasan teks Apple dapat menjadi respons terhadap alat AI generatif yang bersaing, seperti ChatGPT OpenAI. Namun model dan teknologi pada perangkat Apple seperti Private Relay dapat membuat pengalaman lebih aman bagi pengguna. Mungkin juga Smart Search adalah asisten browser AI yang sama dengan yang diisyaratkan oleh salah satu pengguna X beberapa minggu lalu.

READ  Penggemar memberontak terhadap kecerdasan buatan yang membuat game mereka murah dan tidak berjiwa

Penghapus web untuk memblokir konten dengan lebih baik

Sebuah fitur yang sedang diuji Apple disebut “Web Eraser” juga dapat diakses dari menu kontrol halaman baru. Seperti namanya, ini dirancang untuk memungkinkan pengguna menghapus atau menghapus bagian tertentu dari halaman web, menurut orang yang mengetahui fitur tersebut.

Fitur ini diharapkan dapat melengkapi fitur privasi Safari yang sudah ada dan memungkinkan pengguna menghapus konten yang tidak diinginkan dari halaman web mana pun yang mereka pilih. Pengguna akan memiliki opsi untuk memindai iklan, gambar, teks, atau bahkan seluruh bagian halaman, semuanya dengan relatif mudah.

Hapus bagian halaman web dengan memblokir HTML tertentu seperti fitur di 1Blocker

Proses penghapusannya dikatakan berkelanjutan, dan tidak terbatas pada sesi browsing saja. Ini berarti Safari akan mengingat perubahannya bahkan setelah Anda menutup tab atau jendela asli.

Saat mengunjungi halaman web yang berisi konten yang sebelumnya dibersihkan, Safari akan memberi tahu pengguna bahwa halaman tersebut telah dimodifikasi untuk mencerminkan perubahan yang diminta. Browser juga akan memberi pengguna opsi untuk membatalkan perubahan dan mengembalikan halaman web ke keadaan awal dan tidak berubah.

Adapun dari mana Apple mendapatkan ide Web Eraser, ada kemungkinan perusahaan tersebut mengintegrasikan fitur tersebut dari aplikasi pihak ketiga 1Blocker. Aplikasi ini memiliki metode yang mirip dengan membersihkan iklan, yaitu pengguna mengeklik iklan untuk menyembunyikannya.

Antarmuka pengguna yang diperbarui akan memindahkan alat-alat penting ke satu tempat yang mudah

Menu Kontrol Halaman baru yang dirujuk dalam artikel ini akan berupaya memberikan pengguna Safari 18 akses cepat dan mudah ke banyak opsi yang sudah ada di berbagai menu dan Lembar Bagikan. Menu ini berfungsi pada versi pra-rilis macOS 15, misalnya, dan juga menggunakan menu “Aa” yang umum di versi browser iPadOS saat ini. Ini termasuk opsi zoom, pengaturan halaman web untuk kontrol privasi, opsi pemblokiran konten, pintasan ekstensi, dan akses ke AI baru dan alat pemindaian.

READ  Obrolan WhatsApp yang dicadangkan di Google Drive akan segera menghabiskan ruang penyimpanan

Menu Safari baru akan memberikan akses lebih mudah ke banyak fitur yang sebelumnya ditemukan di Share Sheet dan Address Bar

Berbagai opsi ini sebelumnya ada di macOS, tetapi ditemukan dengan menavigasi menu pengaturan Safari. Memiliki semua kontrol ini di satu lokasi terpusat di bilah alamat akan membuat opsi ini lebih mudah ditemukan oleh pengguna akhir. Pilihan lain seperti mencari teks pada halaman dan mode Reader juga tersedia di menu ini.

Semua ini menunjukkan bahwa Apple bermaksud menyatukan model iPadOS dan macOS Safari UI ketika memperkenalkan versi OS baru selama Konferensi Pengembang Sedunia pada bulan Juni.

Pencarian visual yang didukung AI akan tersedia pada tahun 2025

Pada saat yang sama, Apple juga sedang mengerjakan fitur pencarian visual yang lebih canggih yang dijadwalkan akan diintegrasikan pada tahun 2025 yang akan memungkinkan pengguna mendapatkan informasi tentang produk konsumen saat menjelajahi foto. Orang yang akrab dengan alat ini mengatakan bahwa alat ini mirip dengan fitur Pencarian Visual, yang melaluinya Siri dapat mengidentifikasi tanaman, hewan peliharaan, dan landmark dari foto.

Pencarian visual bisa mendapatkan peningkatan AI dan tersedia di seluruh iOS

Pencarian visual dapat diimplementasikan sebagai fitur seluruh sistem. Jadi, alih-alih menampilkan hasil pencarian di aplikasi Foto, pengguna mungkin dapat menggunakan pencarian visual langsung di Safari dengan memilih gambar.

Karena pengembangan alat ini masih dalam tahap awal, masih belum jelas bagaimana Apple pada akhirnya akan mengimplementasikannya. Masih harus dilihat apakah fitur tersebut akan lulus pengujian internal.

Pembuat iPhone telah menyatakan minatnya pada kecerdasan buatan dan baru-baru ini menerbitkan penelitian terkait model pembelajaran bahasa pada perangkat. Hal ini sejalan dengan rumor yang tersebar luas tentang beberapa fitur perangkat lunak bertenaga AI lainnya, yang banyak di antaranya diperkirakan akan debut akhir tahun ini dengan iOS 18.

READ  Samsung Galaxy S24 menjadi ponsel pertama yang bisa mengunggah foto HDR ke Instagram

Tahun besar lainnya untuk safari

Sejak awal, Safari selalu dimaksudkan untuk bersaing dengan browser web yang sudah ada.

Fitur seperti alat kata sandi bawaan menjadikan Safari pilihan browser yang sangat baik

Safari awalnya ditambahkan ke macOS sebagai cara untuk menggantikan Internet Explorer Microsoft untuk Mac, yang merupakan browser default. Selama bertahun-tahun, aplikasi ini hadir di iPhone, dan sejak itu menerima berbagai peningkatan selama bertahun-tahun.

Versi Safari yang lebih baru memberikan saran web yang dipersonalisasi kepada pengguna, dan memungkinkan perlindungan privasi yang lebih baik melalui fitur seperti iCloud Private Relay.

Serangkaian perbaikan terbaru ini semakin memperkuat posisi Safari dalam menghadapi persaingan, dalam lanskap alat AI kreatif dan pemblokir iklan pihak ketiga yang terus berkembang.

Meskipun Apple sedang menguji banyak fitur ini pada tahap pengembangan yang berbeda, penting untuk diingat bahwa tidak semua fitur ini dirilis. Apple diketahui menunda fitur atau membatalkannya sepenuhnya, jadi selalu ada kemungkinan kita tidak akan melihat fitur Safari baru ini sama sekali.

Seiring dengan Safari 18 dan penyempurnaan terkaitnya, kita juga akan melihat kalkulator yang diperbarui dengan Catatan Matematika yang hadir di iPadOS 18. Adegan bentuk bebas dan pintasan suara adaptif adalah fitur baru dari sistem operasi, yang juga diharapkan untuk debut pada tahun ini. tahun. .

Apple diperkirakan akan memperkenalkan beberapa peningkatan terkait AI sebagai bagian dari iOS 18 dan macOS 15, yang keduanya dijadwalkan akan diumumkan pada konferensi WWDC tahunan perusahaan pada 10 Juni.