Februari 27, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Amerika Serikat berupaya melanjutkan dialog militer dengan Beijing

Amerika Serikat berupaya melanjutkan dialog militer dengan Beijing

Penasihat militer utama Presiden Biden telah mengatakan kepada Tiongkok bahwa Amerika Serikat terbuka untuk melanjutkan kontak militer antara kedua negara yang ditangguhkan Beijing tahun lalu sebagai protes atas kunjungan Ketua DPR saat itu, Nancy Pelosi, ke Taiwan.

Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Charles Q. Brown Jr. mengatakan kepada wartawan pada hari Jumat bahwa membangun kembali dialog militer antara dua kekuatan militer paling kuat di dunia adalah tujuan pemerintahan Biden, dan bahwa dia telah mengirimkan pesan kepada presidennya. Mitra Tiongkok, Jenderal Liu Chenlei, “mengatakan bahwa saya ingin melakukan ini.” “.

“Kita akan lihat bagaimana kelanjutannya,” kata Jenderal Brown. “Saya optimis.”

Pesan tersebut disampaikan menjelang pertemuan antara Presiden Biden dan pemimpin Tiongkok Xi Jinping di sela-sela KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik minggu depan. Para pejabat Amerika berharap kedua pemimpin akan mengumumkan dimulainya kembali dialog militer di sana.

Jenderal Brown, yang melakukan perjalanan ke wilayah tersebut minggu ini, mengatakan pembukaan kembali saluran komunikasi penting untuk mencegah kesalahpahaman yang dapat berubah menjadi krisis. “Memastikan tidak ada kesalahan penilaian dalam dialog ini, bagi saya, sangatlah penting,” ujarnya saat konferensi pers dengan wartawan.

Sebuah laporan Pentagon bulan lalu mengatakan Tiongkok terus membangun persenjataan nuklir strategisnya dan kemungkinan telah mengumpulkan 500 hulu ledak nuklir pada bulan Mei, peningkatan sekitar 100 hulu ledak dibandingkan perkiraan tahun lalu.

Laporan tersebut menuduh militer Tiongkok mengambil tindakan yang semakin berbahaya untuk menghalangi pasukan AS di kawasan Asia-Pasifik, termasuk apa yang digambarkan oleh Komando Indo-Pasifik AS sebagai manuver “koersif dan berisiko” di langit Laut Cina Selatan yang bertujuan untuk mengintimidasi AS. pesawat militer. .

READ  Pejabat Moskow: Kebakaran tangki bahan bakar Krimea kemungkinan besar merupakan serangan drone | Berita tentang perang antara Rusia dan Ukraina

Militer Tiongkok berada di tengah perombakan politik: Menteri Pertahanan Jenderal Li Changfu dipecat bulan lalu dalam pembersihan terbaru di jajaran keamanan nasional Beijing. Ada spekulasi di kalangan analis militer bahwa rekan Jenderal Brown, Jenderal Liu, bisa menjadi menteri pertahanan negara berikutnya.