Desember 3, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Alamat baru pangeran Saudi adalah kunci untuk menghindari gugatan pembunuhan

Alamat baru pangeran Saudi adalah kunci untuk menghindari gugatan pembunuhan

WASHINGTON (AP) – Ini mengangkat alis enam minggu lalu ketika Raja Arab Saudi Salman mengangkat putranya, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, sebagai perdana menteri. Hukum kerajaan mengatur raja sebagai perdana menteri. Raja Salman harus mengumumkan pengecualian sementara untuk peminjaman gelar, dan pada saat yang sama memperjelas bahwa dia memegang tugas-tugas utama.

Tetapi langkah itu terbayar pada hari Kamis, ketika pemerintahan Biden mengumumkan bahwa status Pangeran Mohammed sebagai perdana menteri melindunginya dari gugatan AS atas apa yang dikatakan intelijen AS sebagai perannya dalam pembunuhan tahun 2018 oleh pejabat Saudi terhadap seorang jurnalis yang berbasis di AS. sekarang akan memutuskan apakah Pangeran Mohammed He menikmati kekebalan.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby bersikeras pada hari Jumat bahwa pengumuman pemerintah AS tentang kekebalan putra mahkota Saudi hanyalah “keputusan hukum” yang “sama sekali tidak ada hubungannya dengan kasus itu sendiri.”

Banyak pakar hukum internasional setuju dengan pemerintahan itu—tetapi hanya karena raja menaikkan gelarnya menjadi putra mahkota pada akhir September, sebelum keputusan AS yang dijadwalkan.

“Sungguh luar biasa bahwa Amerika Serikat menolak kekebalan Muhammad bin Salman kepada kepala negara setelah penunjukannya sebagai perdana menteri, sama seperti Amerika Serikat yang mungkin mengakui kekebalan Muhammad bin Salman kepada kepala negara sebelumnya. penunjukannya.” William S. Dodge, profesor di UC Davis School of LawDitulis menggunakan inisial pangeran.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Vedant Patel memberikan contoh kasus sebelumnya di mana AS telah mengakui kekebalan bagi kepala pemerintahan atau negara – Robert Mugabe dari Zimbabwe dan Narendra Modi dari India, atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia.

Gugatan diajukan ke pengadilan federal di Washington oleh tunangan jurnalis yang terbunuh Jamal Khashoggi dan kelompok hak asasi yang berbasis di Washington. Mereka menuduh putra mahkota dan sekitar 20 ajudan, pejabat, dan lainnya berkonspirasi dan melakukan pembunuhan Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul.

READ  Putin berencana mengumumkan pencaplokan tanah Ukraina yang disita pada hari Jumat

Pembunuhan itu, yang dikutuk Biden selama persidangan pemilihannya pada 2019 dan digambarkan sebagai “pembunuhan kategoris” yang harus memiliki konsekuensi bagi para penguasa Saudi, menjadi inti perselisihan antara mitra strategis, Amerika Serikat dan Arab Saudi.

Sebelum dan segera setelah menjabat, Biden berjanji untuk mendukung putra mahkota Saudi, sebagai bagian dari kepresidenan berdasarkan hak dan nilai. Tetapi Biden sejak itu menawarkan tinju dan gerakan damai lainnya dengan harapan – sejauh ini membuat frustrasi – membujuk putra mahkota untuk memompa lebih banyak minyak ke pasar global.

Pemerintahan Biden berpendapat bahwa Arab Saudi terlalu penting bagi ekonomi global dan keamanan regional untuk memungkinkan Amerika Serikat menjauh dari kemitraan yang telah berlangsung puluhan tahun.

Tetapi pembela hak asasi manusia, beberapa anggota parlemen Demokrat dan surat kabar Khashoggi, The Washington Post, pada hari Jumat mengutuk langkah pemerintah tersebut.

Tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz, menulis di Twitter: “Jamal meninggal lagi hari ini.”

Fred Ryan, penerbit surat kabar, menyebutnya sebagai “upaya sinis dan penuh perhitungan” untuk memanipulasi hukum dan melindungi Pangeran Mohammed. Khashoggi menulis kolom untuk surat kabar itu, di bulan-bulan terakhirnya, mengkritik pelanggaran hak-hak putra mahkota.

“Dengan mengikuti skema ini, Presiden Biden mengabaikan prinsip-prinsip inti kebebasan pers dan kesetaraan,” tulis Ryan.

Kelompok hak asasi Cengiz dan Khashoggi, Democracy for the Arab World Now, berpendapat bahwa perubahan gelar putra mahkota pada akhir September tidak lebih dari manuver untuk melarikan diri dari pengadilan AS, tanpa status hukum atau perubahan kekuasaan atau tugas apa pun.

Arab Saudi belum berkomentar secara terbuka tentang keputusan pemerintah tersebut. Juru bicara di Kedutaan Besar Saudi dan Departemen Luar Negeri tidak segera menanggapi email yang meminta komentar pada hari Jumat.

READ  Seekor simpanse melarikan diri dari Kebun Binatang Kharkiv dan kembali dengan jas hujan dengan sepeda

Arab Saudi menyalahkan pejabat “nakal” atas kematian Khashoggi. Dikatakan bahwa pangeran tidak memainkan peran apa pun.

Arab Saudi adalah monarki absolut, tidak seperti sistem konstitusional seperti Inggris, di mana ia diperintah oleh perdana menteri, bukan raja atau ratu.

“Sangat menyedihkan,” kata Sarah Leah Whitson, presiden Kelompok Hak Asasi Khashoggi, Jumat tentang perubahan alamat tersebut.

“Jika ada, itu hanya menunjukkan betapa takutnya Mohammed bin Salman dan masih takut dengan penyebab kami dan pertanggungjawaban aktual dan penemuan sebenarnya atas kejahatannya,” kata Sarah Leah Whitson.

Pemerintahan Biden tampaknya telah menolak argumen kelompoknya bahwa mengubah nama keluarga terakhir Pangeran Mohammed bertentangan dengan hukum yang berlaku di Arab Saudi dan harus diabaikan.

Raja Salman terus membuat janji dan memimpin rapat dewannya sejak perubahan jabatan.

Tetapi Pangeran Mohammed selama bertahun-tahun telah menjadi pembuat keputusan dan aktor utama di kerajaan, termasuk mewakili raja di luar negeri.

Beberapa media Barat mempresentasikan pengalihan sementara jabatan perdana menteri sebagai Raja Salman – yang berusia akhir 80-an – mengalihkan tanggung jawab kepada Pangeran Mohammed yang berusia 37 tahun.

Seorang hakim federal telah memberi Amerika Serikat waktu hingga Kamis untuk memberikan pendapatnya, atau tidak, atas klaim putra mahkota bahwa statusnya melindunginya dari pengadilan AS.

Para pembela hak asasi manusia berharap sampai saat gugatan diajukan bahwa pemerintah akan tetap diam, tidak memberikan pendapat tentang kekebalan Pangeran Mohammed dalam kedua kasus tersebut.

Kekebalan berdaulat, sebuah konsep yang berakar pada hukum internasional, menyatakan bahwa negara dan pejabatnya dilindungi dari tindakan hukum tertentu di pengadilan negara asing lainnya.

Kasus pidana dan perdata sebelumnya terhadap pemerintah dan pemimpin asing di mana Amerika Serikat tidak campur tangan umumnya melibatkan negara-negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat atau yang kepala negara atau pemerintahannya tidak diakui sah.

READ  Ratu menunjuk Perdana Menteri Inggris yang baru di Balmoral

Kasus-kasus terhadap Iran dan Korea Utara yang mencari kompensasi atas kematian atau cedera warga AS adalah contoh kasus yang menonjol di mana cabang eksekutif tidak melakukan intervensi dalam pendapat tentang kekebalan kedaulatan.

Sebaliknya, Amerika Serikat memiliki hubungan diplomatik penuh dengan Arab Saudi. Pada hari Kamis, Departemen Luar Negeri menekankan bahwa menghormati prinsip para pemimpin pemerintah lain membantu memastikan bahwa pengadilan di negara lain tidak berusaha menyeret presiden AS sebelum mereka menjawab tuntutan hukum di sana.

Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional, mengatakan keputusan AS “sama sekali tidak” ada hubungannya dengan hubungan “tegang” antara AS dan Arab Saudi atas pemotongan produksi minyak yang dipimpin Saudi, dan masalah lainnya.

Kirby mengatakan bahwa Biden “sangat, sangat jujur” tentang “pembunuhan Khashoggi yang brutal dan biadab”.

Tetapi beberapa rekan Demokrat Biden di Kongres telah menyatakan kekecewaannya dengan langkah pemerintah tersebut.

“Apakah pemerintah mengabaikan kepercayaannya pada penilaian komunitas intelijennya sendiri?” Senator Tim Kaine, seorang Demokrat Virginia, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Jika teman-teman dan keluarga Khashoggi ditolak untuk dimintai pertanggungjawaban dalam sistem pengadilan AS, ke mana mereka bisa pergi?”

Whitson, yang bertanggung jawab atas kelompok hak asasi manusia Khashoggi, mengatakan gugatan itu akan berlanjut terhadap mereka yang disebutkan dalam gugatan itu.

__

Penulis Associated Press Amer Madani berkontribusi pada laporan ini.