Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Airbnb mengakuisisi startup AI dengan harga di bawah $200 juta

Airbnb mengakuisisi startup AI dengan harga di bawah $200 juta
  • Airbnb telah melakukan akuisisi pertamanya sebagai perusahaan publik, dalam kesepakatan senilai kurang dari $200 juta, kata sumber yang mengetahui kesepakatan tersebut kepada CNBC.
  • Startup tersebut bernama Gameplanner.AI, yang telah berada dalam “mode siluman” sejak didirikan pada tahun 2020 oleh salah satu pendiri Siri Adam Chayer, yang diakuisisi oleh Apple.
  • Gameplanner.AI akan mempercepat beberapa proyek AI Airbnb, kata sumber tersebut kepada CNBC.

Airbnb telah melakukan akuisisi pertamanya sebagai perusahaan publik, dalam kesepakatan senilai kurang dari $200 juta, kata sumber yang mengetahui kesepakatan tersebut kepada CNBC.

Startup tersebut bernama Gameplanner.AI, yang telah berada dalam “mode siluman” sejak didirikan pada tahun 2020. Startup beroperasi dalam mode siluman dan jauh dari perhatian publik karena berbagai alasan, seperti melindungi kekayaan intelektual atau menghindari gangguan. Gameplanner.AI akan mempercepat beberapa proyek AI Airbnb, menurut Airbnb.

Gameplanner.AI didirikan bersama oleh salah satu pendiri Siri, Adam Chayer. Ketika Apple mengakuisisi Siri, dia bekerja bersama Steve Jobs. Chayer kemudian ikut mendirikan Viv Labs, yang kemudian menjadi basis asisten suara Samsung.

CEO Airbnb Brian Chesky mengatakan bahwa AI generatif akan mengubah platform secara mendasar, dan dia ingin menggunakannya sebagai “petugas perjalanan” yang mengenal pengguna dari waktu ke waktu dan meningkatkan pengalaman perjalanan mereka — misalnya, mencocokkan pengguna ke kamar yang tepat atau peran.

Kesepakatan tersebut merupakan akuisisi pertama Airbnb sejak tahun 2019 dan dapat memicu minat di Wall Street mengenai apakah strategi M&A Chesky berubah, yang dapat membuat Airbnb menjadi akuisisi yang lebih menarik. Perusahaan ini memperoleh keuntungan berdasarkan GAAP dan memiliki $11 miliar dalam bentuk tunai dan aset likuid pada akhir September.

READ  Dow futures drop: apa yang harus dilakukan setelah reli pasar saham hari ini; Fed akan menaikkan suku bunga

Berita Airbnb muncul setelah adanya laporan bahwa Google sedang dalam pembicaraan untuk menginvestasikan ratusan juta pada startup AI lainnya, Character.AI, yang pada bulan Maret mengumpulkan $150 juta dengan penilaian $1 miliar dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh Andreessen Horowitz. Startup ini memungkinkan orang untuk membuat karakter virtual atau mengobrol dengan selebriti versi kecerdasan buatan seperti Elon Musk atau Albert Einstein.