Ini Lho 8 Lowongan Kerja Bagi Lulusan Teknik Gambar Bangunan | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Sekolah & Kursus

Ini Lho 8 Lowongan Kerja Bagi Lulusan Teknik Gambar Bangunan

pembangunan LRT reviewbekasi.com

REVIEW, Bekasi—Banyak siswa SMP yang hendak melanjutkan jurusan ke SMK terutama jurusan teknik gambar bangunan tidak tahu kemana nantinya tenaganya disalurkan. Banyak anggapan lulusan teknik gambar bangunan bekerja sebagai kuli bangunan.

Persepsi yang keliru ini menegaskan betapa rendahnya peminat jurusan teknik gambar bangunan di SMK. Umumnya lulusan SMP langsung memilih jurusan listrik, otomotif, teknik komputer, dan mesin. Imbasnya, jurusan yang lain penuh sesak, jurusan teknik gambar bangunan lowong.

Padahal jika ditelaah, tenaga ahli di bidangteknik gambar bangunan di Bekasi relative masih kurang. Sementara tingkat pembangunan di wilayah Bekasi sedang tinggi. Pertumbuhan property dan pembangunan infrastruktur melejit. Tentu ini membutuhkan tenaga ahli gambar yang mumpuni.

“Lulusan teknik gambar bangunan setiap tahun relatif sedikit. Sementara kebutuhan tenaga kerja di bidang teknik gambar sangat besar,” ujar salah satu pegawai Bursa Kerja Khusus SMK N 1 Cikarang Barat, Siti Jubaedah kepada REVIEW.

Di Kabupaten Bekasi, hanya ada dua SMK Negeri yang membuka jurusan ini. yakni SMK N 1 Cikarang Barat dan SMK N 3 Kabupaten Bekasi. Keduanya memiliki jurusan teknik bangunan. Keduanya pun sama-sama mengeluhkan rendahnya minat pelajar SMP masuk ke jurusan ini.

Dua sekolah ini masing-masing memiliki fasilitas yang mumpuni untuk mendidik siswa menjadi ahli gambar bangunan. Perkaranya, persepsi lapangan pekerjaan itu harus diluruskan lebih dulu. Sebenarnya, lulusan teknik gambar bangunan bisa kerja jadi apa sih?

Ini peluang kerja lulusan jurusan teknik gambar bangunan SMK :

1. Kontraktor / Pemborong  

Melakukan kontrak kerja kepada pemilik bangunan agar mempercayakan pelaksanaan pembangunanya

2. Konsultan Perencana  

Membuat desain bangunan dan menawarkan jasa konsultasi.

3. Pelaksana Lapangan  

Bertugas mengatur pekerjaan pembangunan agar sesuai dengan batasan waktu yang ditargetkan, mengontrol kualitas pekerjaan, serta mengarahkan mandor atau tukang bangunan.

4. Quality Control  

Bertugas mengontrol kualitas pekerjaan proyek.

5. Pengendalian Proyek  

Menghitung rencana anggaran biaya bangunan, rencana anggaran biaya pelaksanaan pada setiap pekerjaan bangunan dan memikirkan bagaimana sebuah pekerjaan bangunan memberikan keuntungan yang maksimal.

6. Logistik  

Bertugas menjamin ketersediaan material pada proyek bangunan.\

7. Drafter  

Drafter bertugas membuat gambar bangunan baik itu gambar bangunan, gambar pelaksanaan / shop drawing atau gambar asbuilt drawing.

8. Quantity Surveyor  

Bertugas menghitung volume item pekerjaan bangunan, jumlah material dan tenaga kerja yang dibutuhkan.

 

 




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top

Dapatkan info terupdate dari ReviewBekasi.com 

Dengan me- Like Fanpage Facebook

atau follow kami melalui Twitter