Ini 2 Stadion Berskala Internasional di Bekasi | | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Gedung & Kantor

Ini 2 Stadion Berskala Internasional di Bekasi

http://reviewbekasi.com/wp-content/uploads/2017/08/stadion-patriot.jpg

Bekasi, REVIEW—Warga Bekasi layak berbangga. Sebab, dua stadion skala internasional ada di sini. Keduanya memiliki standar internasional. Rumputnya mulus. Bangunan juga megah.

Dua stadion ini satu berada di Kota Bekasi, satu lagi di Kabupaten Bekasi. Keduanya sama-sama memiliki kapasitas 32 ribu tempat duduk. Ingin tahu seperti apa? Ini ulasannya.

1. Stadion Patriot Bekasi

Stadion Patriot Chandrabhaga letaknya di Kota Bekasi. Ini adalah stadion multi-fungsi. Lokasinya sangat strategis karena berada tepat di jantung kota.

Stadion yang berada di Jalan Raya Jenderal Ahmad Yani, ini dinamakan Chandrabhaga identik dengan nama sebutan kata Bekasi pada masa kerajaan Tarumanegara. Jadi ada kadungan sejarahnya.

Stadion Patriot pertama kali dibangun pada tahun 1980 dengan kapasitas hanya 5 ribu – 10 ribu penonton. Dulu, stadion ini dibangun saat Bekasi menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat IV Tahun 1984. Pada tahun 2012, stadion ini direnovasi menjadi stadion bertaraf internasional yang berkapasitas mencapai 30 ribu penonton dan diresmikan oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi pada 10 Maret 2014 atau bertepatan dengan HUT kota Bekasi yang ke-17.

Berdiri diatas lahan seluas 9,1 hektar ini, stadion Patriot juga memiliki tribun VIP berkapasitas hingga 9 ribu penonton dan gedung parkir yang luas.

Stadion Patriot Chandrabhaga

Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi

Stadion Patriot menghabiskan dana renovasi sebesar Rp450 miliar yang berasal dari APBD Kota Bekasi dan dibantu anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara bertahap. Tersiar kabar ada wacana stadion ini terpilih menjadi salah satu venue sepak bola untuk ajang ASEAN Games XVIII 2018. Dua stadion lainnya adalah Stadion Pakansari Bogor serta Stadion Wibawa Mukti Cikarang.

Lalu berapa sewanya? Untuk pertandingan sekelas Liga 1, harga sekali pertandingan mencapai Rp79 juta. Harga sewa ini seperti yang diberikan ke klub sepakbola Persija yang memiliki Stadion Patriot sebagai home base mereka.

Namun, harga ini bisa berbeda untuk pertandingan timnas. Harga yang dipatok lebih murah. Hanya Rp55 juta. sedangkan untuk laga setingkat divisi utama Rp25 juta, laga setingkat nusantara sebesar Rp23 juta dan khusus tim kota Bekasi, pemkot hanya mematok Rp12 juta dan laga persahabatan Rp10 juta. Sedangkan untuk uji coba lapangan hanya dikenai sewa Rp2,5 juta dengan denda overtime Rp1.380.000/jam

2. Stadion Wibawa Mukti

Stadion Wibawa Mukti berada di kawasan Jababeka, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Stadion ini dibangun diatas lahan seluar 20 hektar dan memiliki kapastias tempat duduk yang sama dengan stadion Patriot yaitu mencapai 32 ribu orang single seat.

Stadion ini dibangun untuk menjadi tuan rumah Porda Jabar XII tahun 2014 di Kabupaten Bekasi dan tuan rumah PON XIX Jabar 2016. Stadion Wibawa Mukti mulai dibangun tahun 2009 hingga tahun 2015 dengan anggaran sebesar Rp500 miliar.

Stadion Wibawa Mukti

Stadion Wibawa Mukti, Cikarang

Stadion Wibawa Mukti menjadi venue pembukaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XII/2014 dan Pekan Parilimpik Daerah (Peparda) IV/2014 yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Untuk sewa Stadion Wibawa Mukti berkisar Rp75 juta hingga Rp115 juta untuk sekali pertandingan.

 




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top