Wisata Bersejarah di Kota Bekasi | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Jalan-Jalan

4 Lokasi Wisata Bersejarah di Bekasi Ini Perlu Anda Ketahui

Bekasi, REVIEW — Selain sebagai kota industry, Bekasi juga dikenal sebagai kota pejuang dan kota patriot. Banyak bangunan bersejarah yang hingga kini tetap dilestarikan.

Bekasi juga termasuk salah satu daerah tertua di Pulau Jawa yang telah menjadi pusat pemerintahan sejak zaman Kerajaan Tarumanegara. Sejarah panjang ini tentunya menarik untuk ditelusuri dengan berwisata melihat bangunan-bangunan yang ada. Apa saja?

  1. Gedung Juang 45

Gedung ini terletak di pinggir jalan utama Tambun Selatan. Sebelumnya, Gedung Juang 45 bernama Gedung Tinggi. Bergaya neoklasik dan dibangun oleh tuan tanah Kow Tjing Kie pada 1910. Gedung ini menjadi saksi bisu perjuangan warga Bekasi mempertahankan kemerdekaan RI. Hal tersebut makin diperjelas dengan cerita yang tertuang dalam puisi karya Chairil Anwar berjudul Karawang-Bekasi.

Sejak pertama kali berdiri, bangunan dua lantai itu telah dimanfaatkan sebagai tempat penting, seperti Kantor Kabupaten Jatinegara oleh KNI (Komite Nasional Indonesia) dan Pusat Komando Perjuangan RI melawan Sekutu. Pemerintah Kabupaten Bekasi juga memanfaatkannya sebagai gedung perpustakaan daerah hingga tahun 2007.

Gedung Juang 45

Gedung Juang 45

  1. Saung Ranggon

Saung Ranggon adalah salah satu peninggalan sejarah yang masih ada sampai saat ini. Saung ini terletak di Kampung Cikedokan, Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat. Menurut sejarah, Saung Ranggon ini dibangun oleh Pangeran Rangga, putra Pangeran Jayakarta, sekitar abad ke-16.

Awalnya bangunan ini digunakan sebagai tempat menunggu tanaman pertanian yang akan dipanen. Bentuknya yang berupa rumah panggung bertujuan untuk melindungi penunggu saung dari serangan hewan buas.

Saung Ranggon ini berukuran 7,6 x 7,2 meter dengan tinggi lantai 2,5 meter dari atas tanah. Terdapat tujuh buah anak tangga untuk naik ke lantai utama. Bagian dalam saung merupakan area luas tanpa sekat atau pun jendela. Sampai saat ini, Saung Ranggon masih kokoh berdiri.

Saung Ranggon Bekasi

Saung Ranggon

  1. Klenteng Hok Lay Kiong

Hok Lay Kiong sendiri memiliki arti istana yang mendatangkan rezeki. Klenteng ini terletak di wilayah Desa Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur. Klenteng ini termasuk salah satu klenteng tertua di Bekasi. Diperkirakan telah berdiri sejak 300-400 tahun yang lalu.

Walaupun berada di gang terpencil namun klenteng yang dibangun sejak 300-400 tahun lalu ini tetap kokoh berdiri. Klenteng dengan ornamen berwarna merah ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah penganut agama Tionghoa dan Konghucu, namun juga menjadi tempat wisata.

Klenteng Hok Lay Kiong

Klenteng Hok Lay Kiong

  1. Taman Makam Pahlawan Bekasi

 

Taman Makam Pahlawan ini berlokasi di Jalan Ir. Haji Juanda, Bulak Kapal, Bekasi Timur. Taman ini terdapat monument berisi kaligrafi tentang jaman perjuangan saat penjajahan , tugu dengan lambang bambu runcing sebagai logo bekasi. Terdapat papan daftar nama para pejuang Bekasi di dalam taman ini.

Untuk mengenang jasa para pejuang rakyat Indonesia yang telah gugur, setiap tanggal 17 agustus selalu di adakan upacara penembakan dan penaikan bendera merah-putih di Taman Makam Pahlawan ini. (sis)

Taman Makam Pahlawan Bekasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

To Top