Agustus 11, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Zelensky dari Ukraina menerima panggilan G20 Indonesia

Jakarta, 29 Mei (Jakarta Post / ANN): Presiden Ukraina Volodymyr Zhelensky mengatakan kepada pengamat Indonesia pada hari Jumat bahwa ia menerima undangan negara itu untuk menghadiri KTT 20 negara di Bali akhir tahun ini dan berharap acara tersebut gratis. “Penjajah”.

Ukraina telah menentang invasi militer skala penuh ke negara tetangga Rusia selama tiga bulan terakhir, yang sekarang tampaknya telah mengalihkan pasukannya ke timur dan selatan negara itu setelah gagal merebut ibukota, Kiev.

Terlepas dari dukungan luas dari seluruh dunia, Ukraina telah menyatakan frustrasinya dengan sekutu Baratnya, menuduh mereka menyeret kaki mereka dalam pasokan senjata yang digunakan untuk melawan klaim Zelensky bahwa Rusia “genosida.”

Awal bulan ini, Indonesia mengundang Jelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk bergabung dalam KTT G20 di Bali pada November, mendesak Presiden Joko Widodo untuk mengakhiri semua permusuhan untuk menghindari krisis ekonomi global yang semakin dalam.

Berbicara langsung kepada rakyat Indonesia pada hari Jumat untuk pertama kalinya sejak menerima undangan, Zhelensky mengatakan dia berharap Ukraina tidak akan hadir, tetapi Ukraina telah “menerima dengan hormat dan dengan senang hati” undangan tersebut.

“Saya sangat berterima kasih kepada Presiden Indonesia atas komitmen Anda pada KTT G20 musim gugur ini,” katanya dalam acara virtual langsung yang diselenggarakan oleh Masyarakat Kebijakan Luar Negeri Indonesia (FPCI).

“Saya berharap hanya akan ada sekutu dan sekutu di puncak dan tidak akan ada penjajah atau penjajah.” Putin sejauh ini menolak untuk bertemu dengan Zhelensky, meskipun pemimpin Ukraina itu mengatakan itu adalah “satu-satunya cara” untuk mengakhiri perang.

Negosiasi untuk gencatan senjata sementara berjuang untuk mendapatkan daya tarik, dan tidak ada kemajuan signifikan yang dibuat pada perjanjian perdamaian yang lebih luas.

READ  Administrasi maritim di Indonesia mengejar eksploitasi atas stabilitas

Harapan untuk G20

Indonesia telah menghadapi tekanan dari negara-negara Barat untuk menghukum Putin dan Rusia karena mengeluarkan negara anggota dari G20. Sebaliknya Jakarta mengundang Rusia dan Ukraina, yang terakhir tidak menjadi anggota grup.

Sebagai tuan rumah KTT G20 tahun ini, Indonesia memiliki kewenangan untuk mengundang pemimpin non-anggota sebagai pengamat, meskipun mereka tidak menghadiri pertemuan formal.

Masih harus dilihat apakah pemimpin Ukraina akan melakukan perjalanan ke Indonesia. “Saya tidak bisa meninggalkan Ukraina. Saya tidak bisa pergi ke mana pun secara pribadi karena saya bersama orang-orang saya.

Mereka membutuhkan dukungan saya dan saya membutuhkan dukungan mereka. Jika tidak ada perang, saya akan bergabung dengan Anda. Jika masih ada perang, jika kepemimpinan Anda menerima opsi ini, itu dapat dilakukan secara online, ”kata Zhelensky.

Pemimpin Ukraina itu berharap bahwa KTT akan membahas kekejaman dan penindasan Rusia “dalam skala seperti itu.”

“Ekonomi terbesar dunia menghadapi tantangan besar dan konflik yang harus mereka selesaikan […]. Pada musim gugur, kita akan menghadapi krisis nyata yang mirip dengan krisis energi baru-baru ini di Eropa. Jadi saya berharap G20 bisa […] Perang harus diselesaikan,” katanya.

Krisis di Ukraina telah memperburuk masalah rantai pasokan global di berbagai sektor, mulai dari produk pertanian hingga mobil dan elektronik.

Pertarungan berlanjut

Dalam pidatonya yang disiarkan televisi setiap hari sebelum acara FPCI, Zelensky mengutuk serangan Moskow di Donbas – di mana ia gagal merebut Kiev – dan mengatakan pengebomannya dapat membuat seluruh wilayah “tidak berpenghuni”.

Kelompok separatis pro-Moskow telah menguasai bagian-bagian Donbass sejak 2014, tetapi Rusia sekarang siap untuk merebut seluruh wilayah.

AFP melaporkan bahwa pasukan pendudukan menutup beberapa kota, termasuk Severotnetsk dan Lyczynsk, yang terletak secara strategis di sepanjang rute utama ke pusat administrasi timur Ukraina, Gramadorsk.

READ  Indonesia batalkan rencana pengiriman TKI ke perkebunan sawit Malaysia

Tiga orang baru-baru ini tewas dalam serangan di dua kota itu, kata wakil menteri pertahanan Kyiv Ganna Malyar kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa pertempuran di timur telah mencapai “intensitas maksimum” sejak invasi Rusia pada 24 Februari.

“Situasinya sulit karena tentara Rusia telah mengerahkan semua pasukannya untuk merebut wilayah Lugansk,” kata gubernur regional Sergei Kayte dalam telegram video.

Di Kramatorsk, anak-anak menjelajahi reruntuhan yang ditinggalkan oleh serangan Rusia ketika suara tembakan artileri meletus.

Di kota kedua di barat laut Ukraina, Kharkiv, sembilan orang lagi tewas dan 19 terluka dalam penembakan itu, kata para pejabat.

Lebih jauh ke selatan, petunjuk tentang apa yang menunggu kota-kota itu jatuh ke tangan pasukan Rusia muncul di Mariupol, yang direbut oleh pasukan invasi bulan ini setelah pengepungan dahsyat yang membuat kota itu menjadi puing-puing. – Jakarta Post / ANN