September 26, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Wakil Presiden AS Harris menyerukan penyelidikan atas kejahatan perang terhadap Rusia

Wakil Presiden AS Harris menyerukan penyelidikan atas kejahatan perang terhadap Rusia

WARSAW, Polandia (AP) – Wakil Presiden AS Kamala Harris pada Kamis menyetujui seruan untuk penyelidikan internasional atas kejahatan perang terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina, dengan menyebut “kekejaman” pemboman terhadap warga sipil, termasuk rumah sakit bersalin..

Berbicara bersama Presiden Polandia Andrzej Duda pada konferensi pers di Warsawa, di mana dia menunjukkan dukungan AS untuk sekutu NATO timur, Harris menyatakan kemarahannya atas pemboman rumah sakit bersalin hari Rabu dan adegan wanita hamil dievakuasi dengan darah, serta serangan lainnya. pada warga sipil. Itu tidak langsung menuduh Rusia melakukan kejahatan perang.

“Pasti harus ada investigasi, dan kita semua harus mengawasi,” kata Harris, mencatat bahwa PBB telah memulai proses untuk meninjau tuduhan tersebut. “Saya tidak ragu bahwa mata dunia tertuju pada perang ini dan apa yang telah dilakukan Rusia sehubungan dengan agresi dan kekejaman ini.”

Kunjungan Harris ke Polandia terjadi di tengah perselisihan antara Warsawa dan Washington atas proposal Polandia untuk mengirim jet tempur buatan Soviet ke pangkalan AS dan NATO di Jerman sehingga mereka kemudian dapat pergi ke Ukraina. Polandia, pada gilirannya, akan menerima F-16 Amerika.

Polandia melayangkan proposal secara terbuka tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan Amerika Serikat. Tepat ketika Harris tiba di Warsawa Rabu malam, Pentagon langsung menolak gagasan itu, dengan mengatakan itu akan berisiko meningkatkan perang Rusia-Ukraina.

Pada konferensi pers hari Kamis, baik Harris dan Duda berusaha untuk mengesampingkan perbedaan mengenai masalah pesawat tempur.

“Saya ingin menjadi sangat jelas, Amerika Serikat dan Polandia bersatu dalam apa yang telah kami lakukan dan siap untuk membantu Ukraina dan rakyat Ukraina, berhenti total,” katanya.

READ  Biden mengatakan AS tidak akan mencoba menggulingkan Putin, beberapa bulan setelah mengatakan dia 'tidak bisa tetap berkuasa'

Duda, pada bagiannya, menghindari pertanyaan tentang mengapa Polandia mengumumkan proposalnya tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan Amerika Serikat. Dia menekankan bahwa niat pemerintahnya dimotivasi oleh keinginan “NATO secara keseluruhan untuk mengambil keputusan bersama” tentang masalah ini.

“Singkatnya, kita harus menjadi anggota NATO yang bertanggung jawab,” kata Duda.

Pelukan Harris atas penyelidikan kejahatan perang terjadi setelah pemerintahan Biden memperingatkan pada hari Rabu bahwa Rusia mungkin berusaha untuk menggunakan senjata kimia atau biologi di Ukraina ketika Gedung Putih menolak tuduhan Rusia mengembangkan senjata kimia ilegal di negara yang diserbu.

Gedung Putih mengangkat gagasan itu setelah juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menuduh – tanpa bukti – Ukraina menjalankan laboratorium senjata kimia dan biologi dengan dukungan AS.

Pekan lalu, Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional mengumumkan bahwa dia telah meluncurkan penyelidikan Itu bisa menargetkan pejabat senior yang diyakini bertanggung jawab atas kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, atau genosida di tengah jumlah korban tewas sipil yang tinggi dan perusakan properti yang meluas selama invasi Rusia ke Ukraina.

Tetapi penyelidikan ICC memakan waktu bertahun-tahun, dan relatif sedikit hukuman yang dimenangkan. Pengadilan Kriminal Internasional didirikan pada tahun 2002 untuk mengadili kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida. Kejahatan agresi, yang tidak dapat diselidiki di Ukraina karena baik Rusia maupun Ukraina bukanlah anggota pengadilan, ditambahkan kemudian.

“Jelas bagi kami bahwa Rusia di Ukraina melakukan kejahatan perang,” kata Duda. Dia menambahkan bahwa, dalam pandangannya, invasi “memiliki ciri-ciri genosida – bertujuan untuk melenyapkan dan menghancurkan suatu bangsa.”

Harris memuji rakyat Polandia atas kemurahan hati mereka dalam menerima hampir 1,5 juta pengungsi sejak Rusia menginvasi Ukraina Bulan lalu.

READ  Macron mempertahankan rekor besar pertamanya; Lawan angkat 'kasus McKinsey'

Harris mengatakan sebelumnya selama pertemuan dengan Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki beberapa jam setelah Dewan Perwakilan Rakyat AS meloloskan resolusi tagihan pengeluaran. Termasuk $13,6 miliar bantuan untuk Ukraina dan sekutu Eropanya.

Undang-undang tersebut mencakup $6,8 miliar untuk mensponsori pengungsi dan bantuan ekonomi lainnya kepada sekutu.

Pada hari Kamis, Harris bertemu dengan tujuh pengungsi yang telah melarikan diri dari Ukraina ke Polandia sejak dimulainya invasi Rusia. Dia memuji para pengungsi atas “keberanian” mereka dan mengatakan percakapan itu akan membantu menginformasikan upaya bantuan AS. Kelompok itu termasuk seorang advokat Ukraina untuk penyandang disabilitas, seorang mahasiswa Maroko, seorang produser film profesional dari Odessa, seorang pemimpin komunitas dan pendidik Senegal, seorang aktivis hak-hak LGBTQIA+ dari Kyiv, seorang ahli energi Ukraina dan putrinya yang sudah dewasa.

“Kami di sini untuk mendukung Anda, dan Anda tidak sendirian,” kata Harris kepada grup tersebut. “Dan saya tahu ada begitu banyak pengalaman yang Anda lalui yang membuat Anda merasa sangat kesepian. Anda tidak sendirian. Kami di seluruh dunia menyaksikan.”

Wapres juga dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau saat berada di Warsawa. Pemimpin Kanada itu berada di Eropa dalam beberapa hari terakhir untuk bertemu dengan sekutunya di Ukraina.

Gedung Putih menggambarkan kunjungan singkat Harris ke Polandia dan Rumania sebagai kesempatan bagi wakil presiden untuk berkonsultasi dengan dua pemimpin negara-negara NATO timur tentang meningkatnya krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Sudah, lebih dari 2 juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina – dengan lebih dari setengahnya tiba di Polandia – dan diperkirakan akan lebih banyak lagi dalam beberapa hari mendatang.

READ  Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken memuji serangan balik Ukraina selama perjalanan mendadak ke Kyiv

Duda memperingatkan “bencana pengungsi” jika Polandia tidak menerima lebih banyak bantuan untuk menampung dan memberi makan warga Ukraina yang melarikan diri dari konflik. Dia mengatakan dia telah meminta Harris untuk Amerika Serikat untuk “mempercepat” proses bagi para pengungsi Ukraina yang ingin pergi ke Amerika Serikat dan mungkin memiliki keluarga di sana.

“Amerika Serikat sepenuhnya siap untuk melakukan apa yang kami bisa dan harus lakukan untuk mendukung Polandia, sehubungan dengan beban yang mereka tanggung,” kata Harris.

Pada hari Jumat, Harris akan melakukan perjalanan ke Bucharest, di mana dia akan bertemu dengan Presiden Rumania Klaus Iohannis.

___

Miller berkontribusi dari Washington. Mike Corder, penulis Associated Press di Den Haag, Belanda, berkontribusi pada laporan ini.