Mei 29, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pembaruan langsung: Rusia menginvasi Ukraina

Pembaruan langsung: Rusia menginvasi Ukraina
Carolina, yang melarikan diri dari Poltava, menunggu bersama putranya di pusat distribusi di Przemysl, Polandia pada 10 Maret, untuk naik bus menuju Pforzheim. (Sebastian Julno / gambar-aliansi / dpa / AP Images)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa sekitar 100.000 orang telah dievakuasi melalui koridor evakuasi selama dua hari terakhir.

Dalam judul video yang diposting di Facebook Kamis malam, Zelensky mengatakan: “Salah satu tugas utama kami hari ini adalah mengatur koridor kemanusiaan. Sumy, Trostianets, Krasnopilia, Irpin, Bucha, Hostomil, Izyum. Hampir 40 ribu orang. dievakuasi hari ini. Mereka akhirnya diberi keselamatan. Di Poltava, Kyiv, Cherkassy, ​​​​Zaporizhzhya, Dnipro, Lviv.”

Dia mengatakan bantuan kemanusiaan, makanan dan obat-obatan telah dikirimkan.

“Kami melakukan segala yang kami bisa untuk menyelamatkan orang-orang kami di kota-kota yang hanya ingin dihancurkan oleh musuh,” kata Zelensky.

Mariupol dan Volnovaka, bagaimanapun, tetap sepenuhnya dikaburkan, katanya, menambahkan bahwa meskipun pejabat Ukraina melakukan yang terbaik untuk membuat koridor berfungsi, “pasukan Rusia tidak menghentikan tembakan.” Apapun, Zelensky mengatakan dia memutuskan untuk mengirim konvoi truk yang membawa makanan, air, dan obat-obatan.

Tetapi para penyerbu memulai serangan tank tepat di area di mana koridor ini seharusnya berada. Koridor Kehidupan. Untuk orang-orang Mariupol.”

Sebelumnya pada hari Kamis: Otoritas lokal di kota Mariupol Ukraina yang terkepung mengatakan bahwa pasukan Rusia mulai melemparkan bom ke “koridor hijau” yang ditunjuk untuk mengevakuasi penduduk Mariupol.

“Saat ini, pemboman udara Mariupol sedang berlangsung,” kata Petro Andryushenko, penasihat walikota Mariupol.

“Mereka melakukannya secara sadar. Mereka tahu apa yang mereka blokir. Mereka memiliki perintah yang jelas untuk menyandera Mariupol, menyiksanya dan melakukan pengeboman terus-menerus,” kata Zelensky.

Dia menambahkan: “Hari ini mereka menghancurkan gedung Departemen Utama Layanan Darurat Negara di wilayah Donetsk. Segera di sebelah gedung ini adalah tempat penduduk Mariupol berkumpul untuk evakuasi “

READ  Pembaruan langsung: perang Rusia di Ukraina

Sebelumnya hari ini, walikota Mariupol, Vadim Boychenko, juga merilis pesan video marah yang mengutuk apa yang disebutnya “perang sinis dan destruktif Rusia terhadap kemanusiaan,” dan mengatakan setiap 30 menit pasukan Rusia menyerbu kota itu. Walikota mengatakan bantuan kemanusiaan tidak dapat mencapai Mariupol selama enam hari berturut-turut.

Zelensky mencatat bahwa negara akan terus berusaha memberikan bantuan kepada Mariupol kepada rakyatnya, “yang sangat membutuhkannya.”