September 26, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pembaruan langsung: Rusia menginvasi Ukraina

Pembaruan langsung: Rusia menginvasi Ukraina
Jaksa Agung Ukraina Irina Venediktova berbicara dengan wartawan selama konferensi pers di Lviv, Ukraina pada hari Rabu, 9 Maret. (Alyona Nikolayevich/Ukrinform/NurPhoto/AP)

Sebuah Sebuah paduan suara yang semakin keras memanggil Untuk upaya internasional untuk menyelidiki kemungkinan kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan Rusia di Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menggambarkan pemboman Rusia terhadap rumah sakit bersalin dan anak-anak di kota selatan Mariupol pada hari Rabu sebagai “kejahatan perang” dan “bukti genosida Ukraina”.

“Kami tidak pernah dan tidak akan pernah melakukan sesuatu yang dekat dengan kejahatan perang ini di kota mana pun di Donetsk, wilayah Luhansk, atau wilayah mana pun,” katanya, merujuk pada dua wilayah yang dikuasai separatis di Ukraina timur.

PBB mengatakan akan menindaklanjuti “segera” dan bahwa fasilitas perawatan kesehatan, rumah sakit dan petugas kesehatan tidak boleh “tidak pernah ditargetkan”.

Jaksa Agung Ukraina Irina Venediktova pada hari Rabu menyerukan “model baru” untuk upaya investigasi untuk mengatasi dugaan kejahatan perang negara itu, dengan mengatakan pengadilan khusus harus dibentuk untuk krisis “yang belum pernah terjadi sebelumnya”. Dia mengatakan 39 negara telah bergabung dengan banding Ukraina ke Mahkamah Internasional melawan Rusia.

Serangan Rusia terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir, dugaan penggunaan bom cluster dan apa yang disebut bom vakum di daerah padat, menargetkan rumah sakit, sekolah dan daerah sipil. Mereka juga digambarkan sebagai kejahatan perang.

Pengadilan Kriminal Internasional mengatakan minggu lalu akan Segera memulai penyelidikan aktif Kemungkinan kejahatan perang setelah invasi Rusia ke Ukraina. PBB juga membentuk komisi penyelidikan untuk menyelidiki kemungkinan pelanggaran hak asasi manusia oleh Rusia.

Apa itu kejahatan perang? Pengadilan Kriminal Internasional memiliki definisi khusus untuk melakukan genosida, kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan agresi. Itu bisa menargetkan penduduk sipil, melanggar Konvensi Jenewa, menargetkan kelompok orang tertentu dan lebih banyak potensi kejahatan perang Rusia. “Satu hal yang pasti, yaitu, dengan sengaja membom atau menargetkan warga sipil atau objek sipil adalah kejahatan dalam yurisdiksi Pengadilan,” kata kepala jaksa Pengadilan Kriminal Internasional, Karim Khan, kepada CNN pekan lalu.

READ  Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken memuji serangan balik Ukraina selama perjalanan mendadak ke Kyiv

Apa itu Pengadilan Kriminal Internasional? Terletak di Den Haag, Belanda, dan dibuat oleh A Perjanjian yang disebut Statuta Roma Pertama kali diperkenalkan sebelum PBB, ICC beroperasi secara independen. Ada sekitar 123 negara pihak dalam perjanjian itu, tetapi ada pengecualian yang sangat besar dan penting, termasuk Rusia dan Amerika Serikat. Dalam hal ini, Ukraina.

Baca lebih lanjut tentang kejahatan perang:

Analisis: Semua yang perlu Anda ketahui tentang kejahatan perang dan bagaimana Putin dapat diadili