Desember 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Wakil Presiden AS Harris mengutuk perilaku “mengkhawatirkan” China

Wakil Presiden AS Harris mengutuk perilaku "mengkhawatirkan" China

YOKOSOKA, Jepang (28 September) (Reuters) – Wakil Presiden AS Kamala Harris pada Rabu mengutuk tindakan “mengganggu” China di Pasifik sambil berjanji untuk memperdalam “hubungan informal” dengan Taiwan, beberapa hari setelah pemerintah AS berjanji bahwa pasukannya akan mempertahankan pulau. .

Harris membuat pernyataan di atas kapal perusak USS Howard selama kunjungan ke fasilitas angkatan laut AS terbesar di dunia di Yokosuka, dekat ibukota Jepang.

“China merusak elemen kunci dari tatanan internasional berbasis aturan,” kata Harris, yang sedang dalam perjalanan empat hari ke Asia.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“China telah menunjukkan kekuatan militer dan ekonominya untuk memaksa dan mengintimidasi tetangganya. Kami telah melihat perilaku yang mengkhawatirkan di Laut China Timur dan Selatan, dan baru-baru ini kami telah melihat provokasi di Selat Taiwan.”

Pernyataan kepada para pelaut Amerika berpakaian putih itu muncul setelah Presiden AS Joe Biden, dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada 18 September, bersumpah untuk mempertahankan pulau Taiwan, yang diklaim oleh China, dari “serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.” Baca lebih banyak

Amerika Serikat mendukung kebijakan “satu China”, yang secara resmi hanya mengakui Beijing tetapi mewajibkan pemerintah AS untuk menyediakan sarana bagi Taiwan yang diperintah secara demokratis untuk mempertahankan diri.

China mengatakan Taiwan adalah salah satu provinsinya. Ia telah lama bersumpah untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk melakukannya.

Pemerintah Taiwan sangat menentang klaim kedaulatan China dan mengatakan hanya 23 juta penduduk pulau itu yang dapat memutuskan masa depannya.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan pada Agustus, membuat marah China, yang kemudian melakukan latihan militer terbesarnya di seluruh pulau itu.

READ  Nasionalis Irlandia Sinn Fein memenangkan kemenangan bersejarah dalam pemilihan Irlandia Utara

Harris mengatakan pasukan AS di kawasan itu akan beroperasi “tanpa henti dan tanpa rasa takut” bahkan ketika Amerika Serikat mengharapkan tindakan agresif lanjutan dari China.

Wakil Presiden AS Kamala Harris mendengarkan selama diskusi meja bundar di Konvensi Nasional NAACP di Atlantic City, New Jersey, AS, 18 Juli 2022. REUTERS/Hannah Beer/File Photo

“Kami akan terus menentang setiap perubahan sepihak terhadap status quo,” katanya. “Dan kami akan terus mendukung pertahanan diri Taiwan, konsisten dengan kebijakan lama kami. Taiwan adalah demokrasi yang dinamis yang berkontribusi pada kebaikan global – mulai dari teknologi hingga kesehatan, dan seterusnya, dan Amerika Serikat akan terus memperdalam hubungan informal kami. ikatan.”

Wang Wenbin, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, mengatakan pada konferensi pers reguler bahwa Amerika Serikat perlu kembali ke kebijakan satu-China dan “menjelaskan dengan tegas bahwa itu menentang semua kegiatan separatis di Taiwan.”

eskalasi ketegangan

Perjalanan Harris ke Jepang, sekutu regional terdekat Washington, dimaksudkan untuk meyakinkan sekutu dan mencegah eskalasi apa pun.

Para pembantunya mengatakan Harris akan bekerja pada pendekatan terpadu di wilayah di mana para pemimpin waspada terhadap meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan China.

Pangkalan di mana Harris berada adalah rumah bagi 24.000 pekerja militer dan sipil yang dapat dipanggil dalam konflik regional. Ini juga merupakan rumah dari kapal induk USS Ronald Reagan, sebuah kapal induk sekarang di Korea Selatan untuk berpartisipasi dalam latihan bersama yang bertujuan untuk menghalangi Korea Utara. Harris akan mengunjungi zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea pada hari Kamis.

Pada hari Selasa, Harris memimpin delegasi bipartisan AS Biden ke pemakaman kenegaraan untuk mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang mendorong negara itu menjauh dari ortodoksi pasifis yang diadopsi setelah kekalahannya dalam Perang Dunia II.

Biden diperkirakan akan melakukan pertemuan tatap muka pertamanya sebagai presiden dengan China Xi Jinping selama pertemuan G20 November di Indonesia.

READ  Ribuan dievakuasi di India sebelum gedung pencakar langit raksasa runtuh

Sebelum Harris berbicara dengan personel layanan AS, saya naik ke dek dan memberikan penjelasan tentang kemampuan rudal dan anti-kapal selam kapal perang.

Seorang komandan menunjuk ke peta digital yang menunjukkan musuh hipotetis, “negara musuh,” yang dia menolak untuk mengidentifikasi.

“Ini bukan Guam,” jelasnya, mengacu pada kawasan Pasifik.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Trevor Honeycutt di Yokosuka, Jepang; Pelaporan tambahan oleh Ben Blanchard di Taipei dan Eduardo Baptista di Beijing. Diedit oleh Mary Milliken, Josie Kao dan Jerry Doyle

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.