Juli 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Vale Canada, Sumitomo Metal menandatangani perjanjian awal untuk menjual 14% saham tambang nikel Indonesia

Vale Canada, Sumitomo Metal menandatangani perjanjian awal untuk menjual 14% saham tambang nikel Indonesia

Logo Sumitomo Metal Mining Co terlihat di kantor pusat perusahaan di Tokyo, Jepang pada 13 September 2018. REUTERS/Ritsuko Shimizu/Foto File Mendapatkan hak lisensi

Jakarta, November. 17 (Reuters) Miner Vale Base Metals, unitnya Vale Canada Ltd dan Sumitomo Metal Mining Co. Ltd menandatangani perjanjian awal pada hari Jumat untuk menjual 14% saham di unit pertambangan nikel Indonesia kepada perusahaan pertambangan milik negara di Indonesia.

Vale Base Metals mengatakan dalam pernyataannya bahwa Vale Canada dan Sumitomo (5713.T) telah menandatangani perjanjian untuk menjual saham kepada perusahaan pertambangan negara PT Mineral Industri Indonesia ( MIND ID ).

Divestasi tersebut merupakan syarat yang diwajibkan Indonesia untuk memperpanjang izin pertambangan Vale Indonesia yang saat ini habis masa berlakunya pada tahun 2025. Investor asing wajib menjual 51% sahamnya kepada pembeli lokal setelah jangka waktu tertentu.

Setelah selesai, MIND ID akan menjadi pemegang saham terbesar Vale Indonesia dengan kepemilikan saham sebesar 34%, naik dari sebelumnya 20%. Vale Canada dan Sumitomo masing-masing akan memiliki 33,9% dan 11,5%, turun dari 43,79% dan 15,03%, menurut laporan tersebut.

Sekitar 20% saham Vale Indonesia diperdagangkan secara publik.

Struktur manajemen yang “seimbang” akan dibentuk untuk menjaga stabilitas operasional di divisi Indonesia, kata pernyataan itu.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan mitra kami dalam kerangka pemangku kepentingan baru untuk mendukung ambisi hilir negara ini dan memberikan nilai ekonomi yang kuat kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat dalam jangka panjang,” kata Deshni Naidoo, CEO Vale Base Metals.

Indonesia yang memiliki cadangan nikel yang besar, tertarik untuk mengembangkan baterai dan kendaraan listrik untuk memanfaatkan cadangan nikel yang kaya.

READ  Unit Telkom Indonesia membantu mengembangkan industri game Indonesia

Vale Base Metals berinvestasi sekitar $10 miliar di Indonesia selama dekade berikutnya.

Laporan oleh Francisca Nango; Disunting oleh Kirsten Donovan

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Mendapatkan hak lisensiMembuka tab baru