Januari 31, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Unit Peminjaman Crypto Genesys untuk File Kebangkrutan AS

20 Januari (Reuters) – Unit pemberi pinjaman dari perusahaan crypto Genesis mengajukan perlindungan kebangkrutan AS pada hari Kamis, berutang setidaknya $3,4 miliar, setelah digulingkan oleh kekalahan pasar bersama dengan pertukaran FTX dan pemberi pinjaman BlockFi.

Genesis Global Capital, salah satu pemberi pinjaman cryptocurrency terbesar, membekukan pengembalian uang pelanggan pada 16 November setelah jatuhnya bursa utama FTX mengirimkan gelombang kejutan melalui industri aset crypto, memicu kekhawatiran bahwa perusahaan lain bisa bangkrut.

Genesis dimiliki oleh perusahaan modal ventura Digital Currency Group (DCG).

Pengajuan kebangkrutannya adalah yang terbaru dari serangkaian kegagalan crypto yang berasal dari jatuhnya pasar yang menghapus token crypto senilai $1,3 triliun tahun lalu. Sementara bitcoin telah melonjak sejauh ini di tahun 2023, dampak jatuhnya pasar terus membebani perusahaan di sektor yang sangat saling berhubungan.

Ivan Kaczkovsky, seorang analis mata uang dan crypto di UBS, mengatakan kebangkrutan “tidak mengejutkan pasar.” “Masih harus dilihat apakah dampak dari seri ini akan berlanjut.”

“Namun, karena dana telah dibekukan selama lebih dari dua bulan dan tidak ada perusahaan crypto besar lainnya yang melaporkan kerentanan terkait, kemungkinan infeksi terbatas.”

Unit pinjaman Genesis mengatakan memiliki aset dan kewajiban dalam kisaran $1 miliar hingga $10 miliar, dan memperkirakan memiliki lebih dari 100.000 kreditor yang tercatat di Pengadilan Kebangkrutan AS untuk Distrik Selatan New York.

Genesis Global Holdco, grup induk dari Genesis Global Capital, juga mengajukan perlindungan kebangkrutan, bersama dengan unit peminjaman Genesis Asia Pacific lainnya.

Genesis Global Holdco mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan mempertimbangkan potensi penjualan, atau kesepakatan terkait saham, untuk melunasi kreditor, dan memiliki uang tunai $150 juta untuk mendukung restrukturisasi.

READ  Pemegang saham Tesla secara luas mengikuti rekomendasi dewan direksi pada pertemuan tahunan

Ia menambahkan bahwa derivatif Genesis, perdagangan spot, broker dan bisnis kustodian bukan bagian dari proses kebangkrutan, dan akan melanjutkan operasi perdagangan klien.

tuntutan kreditur

Genesis berutang 50 kreditor terbesarnya $3,4 miliar, menurut perhitungan Reuters dari pengajuan kebangkrutannya. Kreditur terbesarnya adalah pertukaran cryptocurrency Gemini, yang berutang $765,9 juta. Gemini didirikan oleh pionir cryptocurrency, kembar identik Cameron dan Tyler Winklevoss.

Genesis sudah berselisih dengan Gemini atas produk pinjaman crypto bernama Earn yang ditawarkan bersama oleh kedua perusahaan kepada pelanggan Gemini.

Si kembar Winklevoss mengatakan Genesis berutang lebih dari $900 juta kepada sekitar 340.000 investor berpenghasilan. Pada 10 Januari, Cameron Winklevoss meminta Barry Silbert dicopot sebagai CEO Grup Mata Uang Digital.

Representasi mata uang kripto terlihat di depan grafik penurunan yang diperlihatkan untuk saham dalam ilustrasi yang diambil pada 10 November 2022. REUTERS / Dado Ruvic / Ilustrasi

Sekitar satu jam setelah menyatakan kebangkrutan, Cameron Winklevoss tweeted bahwa Silbert dan Digital Currency Group terus menolak kesepakatan kreditur yang adil.

“Kecuali jika Barry (Silbert) dan DCG sadar dan memberikan penawaran yang adil kepada kreditor, kami akan mengajukan gugatan terhadap Barry dan DCG dalam waktu dekat,” kata Winklevoss dalam cuitannya.

DCG tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari tweet tersebut.

Pertukaran cryptocurrency yang berbasis di Amsterdam, Bitvavo, mengatakan pada bulan Desember bahwa pihaknya mencoba untuk mendapatkan kembali 280 juta euro ($ 302,93 juta) yang telah dipinjamkan ke Genesis.

Bitvavo mengatakan dalam sebuah posting blog pada hari Jumat bahwa pembicaraan tentang pembayaran “belum menghasilkan kesepakatan komprehensif yang bekerja dengan semua pihak yang terlibat” dan akan terus bernegosiasi.

Petafo mengatakan pengajuan kebangkrutan “membuat proses negosiasi jauh lebih tenang.”

bisnis pinjaman

Genesis telah menjadi perantara aset digital untuk lembaga keuangan seperti dana lindung nilai dan manajer aset dan telah mencapai sekitar $3 miliar total pinjaman aktif pada akhir kuartal ketiga, turun dari $11,1 miliar setahun lalu, menurut situsnya.

READ  Para pemimpin bisnis dan pemerintah menyoroti mengapa orang-orang pindah ke negara bagian yang pro-pertumbuhan seperti Montana

Tahun lalu, Genesis memberikan $130,6 miliar pinjaman crypto dan memperdagangkan aset $116,5 miliar, menurut situs webnya.

Dua peminjam terbesarnya adalah Three Arrows Capital, dana lindung nilai cryptocurrency yang berbasis di Singapura, dan Alameda Research, sebuah perusahaan perdagangan yang terkait erat dengan FTX, kata seorang sumber kepada Reuters. Keduanya dalam proses kebangkrutan.

Hutang Three Arrows yang dimiliki oleh Genesis ditanggung oleh perusahaan induk Digital Currency Group (DCG), yang kemudian menggugat Three Arrows. Perusahaan portofolio DCG juga termasuk manajer aset crypto Grayscale dan layanan berita CoinDesk.

Pemberi pinjaman Cryptocurrency, yang bertindak sebagai bank fisik, berkembang pesat selama pandemi. Tapi tidak seperti bank tradisional, mereka tidak diharuskan memegang bantalan modal. Awal tahun ini, kekurangan agunan memaksa beberapa pemberi pinjaman – dan pelanggan mereka – mengalami kerugian besar.

($1 = 0,9243 euro)

Pelaporan tambahan oleh Tom Hales di Wilmington, Delaware dan Akanksha Khushi dan Elizabeth Howcroft di London; Diedit oleh Lanan Nguyen, Clarence Fernandez, Kim Coghill, Ira Iosbashvili dan Sharon Singleton

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.