Juli 4, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Ukraina mengatakan pertempuran untuk kota kembar Donbass mencapai ‘klimaks yang menakutkan’

Ukraina mengatakan pertempuran untuk kota kembar Donbass mencapai 'klimaks yang menakutkan'
  • Zelensky mendesak Barat untuk menyerahkan senjata berat
  • Para pemimpin UE akan memulai proses keanggotaan Ukraina
  • Pertempuran Kota Kembar Donbass mencapai tahap kritis

Kyiv (Reuters) – Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan serangan udara dan artileri besar-besaran Moskow bertujuan untuk menghancurkan seluruh wilayah Donbass, mendesak sekutu Ukraina untuk mempercepat pengiriman senjata berat untuk menandingi Rusia di medan perang.

Oleksiy Aristovich, penasihat Zelensky, mengatakan pertarungan untuk kota-kota Severodonetsk dan Lysechhansk di wilayah Luhansk Ukraina “memasuki semacam klimaks yang menakutkan.” Rusia berusaha untuk merebut Luhansk dan Donetsk, yang membentuk wilayah Donbass – jantung industri bangsa.

Di bidang diplomatik, para pemimpin Eropa pada hari Kamis secara resmi akan menempatkan Ukraina di jalan panjang menuju keanggotaan UE pada pertemuan puncak di Brussels. Meskipun sebagian besar simbolis, langkah itu akan membantu mengangkat moral setelah empat bulan konflik berdarah yang telah menewaskan ribuan orang, jutaan orang terlantar dan kota-kota yang hancur.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Kita harus membebaskan tanah kita dan meraih kemenangan, tetapi lebih cepat dan lebih cepat,” kata Zelensky dalam pidato video yang diterbitkan pada Kamis dini hari, mengulangi tuntutan Ukraina untuk senjata yang lebih besar dan lebih cepat.

“Ada serangan udara dan artileri yang intens di Donbass. Tujuan penjajah di sini tidak berubah, mereka ingin menghancurkan seluruh Donbass selangkah demi selangkah,” katanya.

“Itulah mengapa kami berulang kali menekankan percepatan pengiriman senjata ke Ukraina. Yang sangat dibutuhkan adalah keseimbangan di medan perang untuk menghentikan armada iblis ini dan mendorongnya keluar dari perbatasan Ukraina.”

Pertempuran untuk Kota Kembar

Perang gesekan paling sengit di Donbass paling berbahaya di Severodonetsk dan Lychansk.

READ  Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan bertemu Yang Jiechi

Gubernur Luhansk Serhiy Gaidai mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukan Ukraina mempertahankan Severodonetsk dan pemukiman tetangga Zolote dan Vovsherovka, tetapi menambahkan bahwa Rusia telah merebut Loskotivka dan Ray Oleksandrivka di selatan.

Ratusan warga sipil terjebak di sebuah pabrik kimia di Severodonetsk, di mana Ukraina dan Rusia memperebutkan siapa yang menguasai kota yang dibom.

Moskow mengatakan bahwa pasukan Ukraina di kota itu dikepung dan dikepung. Tetapi Gaidai mengatakan kepada televisi Ukraina pada hari Rabu bahwa “pasukan Rusia tidak memiliki kendali penuh.”

Di Lysechansk, Gaidai mengatakan situasinya “sangat berbahaya di kota” karena semuanya berada di garis bidik Rusia.

“Untuk menghindari pengepungan, komando kami dapat memerintahkan penarikan pasukan ke posisi baru. Mungkin ada pengelompokan kembali setelah tadi malam,” tambahnya.

Separatis yang didukung Rusia mengatakan Lysichansk sekarang terkepung dan terputus dari pasokan setelah merebut jalan yang menghubungkan kota dengan kota Seversk, kantor berita TASS mengutip separatis yang didukung Rusia mengatakan.

Reuters tidak dapat segera mengkonfirmasi berita tersebut.

Menurut Kementerian Pertahanan Inggris, kemungkinan besar pasukan Rusia telah maju lebih dari 5 kilometer (3,11 mil) menuju pelabuhan selatan Lyschansk sejak 19 Juni.

“Beberapa unit Ukraina telah ditarik, mungkin untuk menghindari pengepungan,” katanya di Twitter.

“Pasukan Rusia menempatkan kantong Lysichansk-Severodonetsk di bawah tekanan yang meningkat dengan kemajuan yang merayap ini … Namun, upaya mereka untuk mencapai pengepungan yang lebih dalam untuk mengendalikan Oblast Donetsk barat masih terhenti,” tambah kementerian itu.

Aristovich mengatakan bahwa pasukan Rusia di kedua kota adalah wajib militer dengan berbagai tingkat pelatihan setelah Ukraina menimbulkan kerugian besar pada pasukan Rusia. Reuters tidak dapat memverifikasi pernyataannya tentang kerugian Rusia.

READ  PM Israel bertemu Putin untuk membahas Ukraina

“Ini seperti dua petinju yang saling bergulat di ronde ke-18 pertarungan dan nyaris tidak bisa bergerak maju. Proses ini dimulai pada 14 April dan berlangsung selama hampir 80 hari,” katanya dalam sebuah posting online.

keanggotaan UE

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari dalam apa yang disebut Kremlin sebagai “operasi khusus” untuk memastikan keamanan Rusia dan mendiskreditkan Ukraina. Ukraina dan Barat menggambarkan ini sebagai alasan yang tidak berdasar untuk melancarkan perang pilihan, yang telah menimbulkan kekhawatiran akan konflik yang lebih luas di Eropa.

Rusia telah lama menentang hubungan yang lebih erat antara Ukraina, bekas negara Soviet, dan klub-klub barat seperti Uni Eropa (UE) dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Zelensky mengatakan dia berbicara dengan 11 pemimpin Uni Eropa pada hari Rabu tentang pencalonan Ukraina dan akan membuat lebih banyak panggilan pada hari Kamis.

Para diplomat mengatakan Ukraina akan membutuhkan satu dekade atau lebih untuk memenuhi kriteria untuk bergabung dengan Uni Eropa. Tetapi para pemimpin Uni Eropa mengatakan blok itu harus membuat sikap mengakui pengorbanan Ukraina.

Perang di Ukraina memiliki dampak besar pada ekonomi global dan keamanan Eropa, menaikkan harga gas, minyak, dan makanan, menyebabkan Uni Eropa mengurangi ketergantungannya yang besar pada energi Rusia dan mendorong Finlandia dan Swedia untuk mencari keanggotaan NATO.

Uni Eropa untuk sementara akan kembali menggunakan batu bara untuk mengatasi berkurangnya aliran gas Rusia tanpa menggagalkan tujuan iklim jangka panjang, kata seorang pejabat Uni Eropa, Rabu.

Pejabat pemerintah AS telah mengatakan bahwa para pemimpin Kelompok Tujuh dan NATO akan berusaha untuk meningkatkan tekanan pada Rusia dalam pertemuan minggu depan. Baca lebih banyak

Dilaporkan oleh kantor Reuters. ditulis oleh Michael Berry; Diedit oleh Himani Sarkar

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.