Agustus 14, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

UE merencanakan kehidupan tanpa gas Rusia di tengah meningkatnya inflasi

UE merencanakan kehidupan tanpa gas Rusia di tengah meningkatnya inflasi
  • PM Latvia mengatakan ‘gagasan energi murah hilang’
  • Inflasi di kawasan euro telah meningkat ke level tertinggi sepanjang masa
  • Jerman memperingatkan bahwa beberapa industri mungkin harus tutup pada musim dingin ini

BRUSSELS (Reuters) – Para pemimpin Uni Eropa pada Jumat memperingatkan bahwa “energi murah telah hilang” dan setuju untuk meningkatkan persiapan pengurangan lebih lanjut dalam gas Rusia, menuduh Moskow “mempersenjatai” energi melalui pasokan terbatas yang Jerman peringatkan sebagian dapat ditutup. industri.

Setelah hari perayaan menempatkan Kyiv di jalan untuk bergabung dengan blok tersebut, KTT Jumat di Brussels adalah refleksi serius dari dampak ekonomi dari invasi Rusia ke Ukraina, dengan meningkatnya kekhawatiran tentang kenaikan harga dan peringatan “musim dingin yang keras”.

“Inflasi adalah perhatian utama kita semua,” kata Presiden Dewan Eropa Charles Michel pada konferensi pers saat pertemuan puncak dua hari itu berakhir.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Perang agresif Rusia menaikkan harga makanan, energi, dan komoditas,” katanya, seraya menambahkan bahwa para pemimpin sepakat untuk mengoordinasikan respons kebijakan ekonomi mereka secara dekat.

KTT menyepakati beberapa langkah konkret, tetapi para pemimpin menugaskan Komisi Eropa untuk menemukan lebih banyak cara untuk mengamankan “pasokan yang masuk akal” karena “persenjataan gas” Rusia.

Pencarian pasokan alternatif sudah berlangsung, kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, dengan pengiriman LNG AS naik 75% tahun ini dibandingkan tahun lalu, dan pengiriman gas melalui pipa Norwegia meningkat 15%.

Selain itu, eksekutif UE akan mempresentasikan rencana untuk mempersiapkan pemotongan gas lebih lanjut dari Rusia kepada para pemimpin pada bulan Juli, menambahkan: “Berharap yang terbaik, bersiaplah untuk yang terburuk. Itulah yang kami lakukan sekarang.”

READ  Video menunjukkan unit dan rudal Rusia maju menuju perbatasan Ukraina

Von der Leyen mengatakan Komisi Eropa akan mengajukan proposal dan opsi untuk diskusi pada KTT Uni Eropa mendatang pada bulan Oktober, termasuk pertimbangan desain pasar alternatif yang mungkin mencakup gas decoupling dari pembentukan harga pasar untuk listrik.

“Kami sedang mengerjakan model yang berbeda, tidak hanya untuk melihat bagaimana menurunkan harga energi atau harga listrik tetapi juga untuk melihat desain pasar, dengan pertanyaan: Apakah desain pasar yang kami miliki saat ini masih sesuai dengan tujuan?” Dia berkata.

Salah satu isu yang diperdebatkan adalah apakah pemerintah harus campur tangan untuk membatasi harga.

Spanyol dan Portugal menetapkan harga gas di pasar listrik domestik mereka bulan ini, tetapi negara-negara lain memperingatkan bahwa batas harga akan mengganggu pasar energi dan lebih menguras kas negara, jika pemerintah harus membayar selisih antara batas dan harga di pasar gas internasional.

‘musim dingin yang keras’

Para pemimpin dari 27 negara Uni Eropa menyalahkan kenaikan besar-besaran harga dan penurunan pertumbuhan global atas perang yang dimulai tepat empat bulan lalu.

“Gagasan energi murah dan gagasan energi Rusia pada dasarnya hilang, dan kita semua sedang dalam proses mengamankan sumber-sumber alternatif,” kata Perdana Menteri Latvia Krisjanis Karenz, menambahkan bahwa pemerintah harus “mendukung segmen masyarakat tersebut. yang paling menderita.”

Setelah sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dikenakan pada invasi, sejauh ini lusinan negara Eropa telah terpengaruh oleh pemotongan aliran gas dari Rusia.

“Hanya masalah waktu sebelum Rusia menutup semua pengiriman gas,” kata seorang pejabat Uni Eropa menjelang pembicaraan Jumat.

Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck telah memperingatkan bahwa negaranya sedang menuju kekurangan gas jika pasokan Rusia tetap rendah seperti sekarang, dan beberapa industri harus tutup saat musim dingin tiba.

READ  Jenderal Rusia dibunuh dengan kecepatan yang luar biasa

“Perusahaan harus menghentikan produksi, memberhentikan pekerja mereka, rantai pasokan akan runtuh, dan orang akan jatuh ke dalam hutang untuk membayar tagihan pemanas mereka,” katanya kepada majalah Der Spiegel. Baca lebih banyak

Uni Eropa mengandalkan Rusia hingga 40% dari kebutuhan gas sebelum perang – hingga 55% untuk Jerman – meninggalkan celah besar untuk mengisi pasar gas global yang sudah ketat.

Inflasi di 19 negara yang berbagi mata uang euro telah meningkat ke level tertinggi sepanjang masa di atas 8% dan eksekutif Uni Eropa memperkirakan pertumbuhan akan turun menjadi 2,7% tahun ini.

Presiden Eurogroup Pascal Donohue memperingatkan bahwa blok tersebut harus “mengakui risiko yang mungkin kita hadapi jika inflasi menjadi bagian integral dari ekonomi kita”.

Perdana Menteri Belgia Alexandre de Croo memperingatkan kemungkinan “musim dingin yang sulit” datang “jika kita tidak memperhatikan, seluruh ekonomi UE akan memasuki resesi dengan segala konsekuensinya.”

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan; Ditulis oleh Ingrid Melander dan Jan Struchevsky; Diedit oleh John Chalmers, Alex Richardson dan Nick McPhee

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.