Mei 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Tugas Panitia Pakar di Indonesia 2022 International Expo

Tugas Panitia Pakar di Indonesia 2022 International Expo

John M. Catatan Perangko Amerika Hotchner

Saat saya menulis ini, saya menjadi juri 47 orang di Kejuaraan Perangko Dunia 2022 Indonesia, mengevaluasi hampir 400 pameran yang bersaing, acara internasional 10 tahunan negara itu.

Seperti terlihat pada teks logo pada Gambar 1, pameran diadakan di Jakarta pada tanggal 4-9 Agustus. Meskipun jaraknya setengah dunia (perbedaan waktu 11 jam) dari rumah saya, satu hari libur sebelum mulai bekerja sudah cukup untuk mengatasi jet lag.

Untuk memberi Anda rasa proporsi, pertunjukan ini memiliki skala yang sama dengan pertunjukan internasional baru-baru ini di AS, World Stamp Show-NY 2016 dan Boston 2026 World Expo yang akan datang.

Gambar 2 menunjukkan semua anggota juri di Indonesia 2022. Tugas saya untuk program ini adalah mengerjakan panel ahli. Thila Eaton dari Paraguay menjabat sebagai pemimpin tim, dengan Ari Muhonen dari Finlandia dan Chanchern Nilrath dari Thailand sebagai pemimpin tim.

Biasanya, saya menilai bingkai sebagai bagian dari panel sejarah pos, hakim kelas warisan atau pendapatan atau hakim sastra. Tetapi untuk beberapa alasan misterius, saya ditunjuk sebagai panel ahli di sini – yang pertama bagi saya.

Karena ini adalah serangkaian kolom tentang spesialisasi, saya pikir Anda mungkin ingin tahu bagaimana pekerjaan semacam itu dilakukan secara internasional.

Pertama, izinkan saya mengatakan bahwa tidak ada yang sebanding dengan pameran nasional di Amerika Serikat. Juri nasional kita tentu bisa mempertanyakan item dalam pameran, tetapi tidak ada proses formal untuk menangani tanda tanya tersebut dari pertunjukan ke pertunjukan.

Ini bukan satu-satunya perbedaan penilaian antara sistem nasional kita dan sistem internasional. Di Amerika Serikat, biasanya lima juri (kadang-kadang dengan pelatih) diharapkan untuk menilai setiap pameran dalam kompetisi, biasanya untuk total 30 hingga 50 pameran di sekitar 30 pertunjukan nasional setiap tahun.

READ  Pasokan & Permintaan Pasar Lokasi Pusat Data Indonesia

Organisasi internasional ini dipimpin dan dikendalikan oleh Federasi Internasional Filateli (FIP adalah akronim yang mencerminkan versi Prancis dari nama, Fédération Internationale de Philatelie). FIP didirikan pada tahun 1926. Sekarang memiliki lebih dari 90 konfederasi nasional dan tiga konfederasi benua (Eropa, Amerika dan Asia).

FIP adalah otoritas pusat untuk organisasi internasional pameran perdagangan, menetapkan aturan dan pedoman yang harus diikuti oleh komite penyelenggara nasional agar pertunjukan mereka diakui.

Aturan tersebut mencakup, antara lain, tanggung jawab Komite Penyelenggara Nasional dan bagaimana FIP akan bekerja dengan mereka, pengakuan juri internasional dan perkembangan proses penjurian, dan kualifikasi dasar yang akan ditampilkan di sebuah pameran. pameran FIP.

FIP juga menentukan kriteria penjurian, seperti bagaimana juri dipilih untuk setiap acara, dan pembentukan catatan FIP pusat. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas program dan konsistensi evaluasi dari pameran ke pameran.

Seperti otoritas pusat lainnya, FIP memiliki pencelanya. Saya akan mengatakan itu tidak sempurna, tetapi sistemnya praktis, sebagian besar efisien dan berfungsi. Juga, kepemimpinannya waspada terhadap kebutuhan untuk terus-menerus meninjau aturan dan operasinya.

Panel ahli adalah salah satu hasil dari tinjauan tersebut. Mereka diuji dan terbukti efektif pada 1990-an. Panel seperti itu sekarang menjadi fitur reguler dari setiap program FIP. Tujuan dari setiap pertunjukan adalah untuk memiliki panel juri yang – karena tidak ada deskripsi yang lebih baik – mampu terbang.

Dengan ratusan pameran dan ribuan bingkai di pameran internasional, juri terdiri dari pakar genre dengan akreditasi FIP khusus dan sering kali memiliki keahlian geografis yang mapan. Saya pertama kali diakreditasi pada tahun 1979 untuk menilai pameran Warisan dan Sejarah Pos Amerika. Saya telah memasukkan pendapatan dan literatur dan telah bertindak sebagai ketua juri dalam kategori tersebut.

READ  IMF memperkirakan pertumbuhan positif bagi Indonesia dan Pakistan pada tahun 2023 melalui Investing.com

Saya terkejut dipilih sebagai panel ahli, tetapi ingin tahu bagaimana cara kerjanya. Saya memandu Anda melalui proses dari hari pembukaan pertunjukan sampai semua pekerjaan penjurian selesai, biasanya pada hari ketiga.

Hari pertama

Pada hari pertama, kami disuguhi dokumen 40 item dari 14 pameran di Indonesia 2022. Juri telah mempertanyakan barang-barang ini di pertunjukan sebelumnya, …

Untuk melanjutkan membaca, berlangganan Linn’s Stamp News.

Tautan ke Berita Perangko Linn:

Daftar untuk buletin kami
Sukai Kami di Facebook
Ikuti kami di Twitter