Desember 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Trudeau, Presiden China Xi Jinping bertemu langsung di KTT G20 di Indonesia

Perdana Menteri Justin Trudeau dan Presiden China Xi Jinping berbicara tatap muka di KTT G20 di Bali, Indonesia pada hari Selasa.

Dalam diskusi singkat antara kedua pemimpin, yang berselisih tentang perdagangan dan penangkapan serta penahanan dua warga Kanada, Trudeau menyuarakan keprihatinannya. Laporan media China diam-diam mendanai 11 kandidat dalam pemilihan federal 2019.

Dalam sebuah foto yang dirilis oleh Kantor Perdana Menteri untuk menandai pertemuan tersebut, keduanya terlihat berbicara secara informal di ruangan yang penuh sesak.

Pembicaraan Trudeau dengan Xi bukanlah pertemuan bilateral resmi, seperti yang telah dilakukan Xi dengan para pemimpin lainnya, termasuk Presiden AS Joe Biden, Presiden Argentina Alberto Angel Fernandez, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Pembacaan diskusi sampingan yang dirilis oleh PMO mengatakan kedua pemimpin membahas agresi Rusia terhadap Ukraina dan kelanjutan agresi Korea Utara terhadap Korea Selatan.

PMO mengatakan Trudeau juga menekankan kepada Xi pentingnya KTT COP15 mendatang di Montreal dan peran China dalam perang melawan perubahan iklim.

Tanpa mengatakan bagaimana Xi menanggapi salah satu dari masalah ini, kedua pemimpin tersebut “membahas pentingnya dialog yang berkelanjutan.”

Menteri Luar Negeri Melanie Jolie juga bertemu dengan mitranya dari China di KTT tersebut.

PMO tidak merinci reaksi Xi terhadap Trudeau yang mengangkat masalah Ukraina, tetapi John Kirton, direktur Kelompok Riset G20 di Universitas Toronto, mengatakan kepada CBC News bahwa Xi ingin terlibat di Ukraina dan tidak mendukung eskalasi lebih lanjut. konflik.

Xi telah “mengambil kemiringan besar untuk bergabung dengan demokrasi guna mencegah eskalasi… [and] Bawa itu [the war in Ukraine] “Untuk kesimpulan yang masuk akal dalam beberapa bulan mendatang,” kata Kirton.

READ  Indonesia mempertimbangkan rencana perdagangan karbon bertenaga blockchain • TechCrunch

Mengelola Hubungan Kanada-Tiongkok

Andrew Cooper, seorang profesor di Balsillie School of International Affairs University of Waterloo, mengatakan kepada The Canadian Press bahwa Kanada dapat mengikuti pola yang sama yang dihadapi Australia satu dekade lalu. Sambil membangun ikatan yang kuat dengan negara-negara lain di Asia.

“Kanada telah berada di kotak penalti selama beberapa tahun sekarang,” katanya.

Lihat | Kanada menyerukan dukungan untuk tindakan bersama melawan Rusia di KTT G20:

Trudeau mengharapkan dukungan untuk menghukum Rusia menjelang KTT G20

Perdana Menteri Justin Trudeau sedang mencari dukungan dari negara-negara G20 lainnya untuk menghukum Rusia, sementara Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping mengadakan pertemuan bilateral mereka sendiri menjelang KTT.

Mengakui bahwa Partai Komunis China baru-baru ini memperpanjang kekuasaan Xi selama lima tahun lagi, Cooper berkata, “Ini adalah China yang sangat berbeda. Presiden Xi berada dalam posisi pemersatu. Jika dia bukan Mao yang baru, dia pasti berada di posisi yang sama. Dia bisa menjadi tokoh sentral yang bisa bertindak dengan cara yang tidak kita duga saat G20 terbentuk.”

Kamar Dagang Kanada mengatakan kaum Liberal mengambil pendekatan pragmatis untuk berurusan dengan China, mengatakan itu akan membantu menginformasikan bisnis tentang risiko bekerja di China dan memungkinkan mereka untuk memutuskan apakah akan melakukannya.

“Anda harus bekerja dengan China dalam isu-isu seperti perubahan iklim, tetapi kita harus menyadari bahwa China adalah pesaing strategis dan mereka tidak bermain dengan aturan yang sama seperti orang lain,” kata CEO grup Perrin Beatty kepada wartawan. Bali.

Dia juga mengatakan Ottawa perlu menguraikan prioritas perdagangannya di Asia.

“Kita harus strategis. [The plan] menjadi lengkap; Perlu dikomunikasikan dengan baik agar masyarakat tahu seperti apa kebijakannya,” ujar Beatty.

READ  Indonesia akan menerima pukulan besar saat pabrik peleburan Eropa tutup

Dia menambahkan bahwa bisnis Kanada membutuhkan bantuan untuk memanfaatkan berbagai perjanjian perdagangan yang telah ditandatangani dan saat ini sedang dinegosiasikan oleh Ottawa.

“Makanan, bahan bakar, pupuk – tiga F – Kanada memiliki bundel. Dan yang dibutuhkan sekarang adalah strategi yang jelas di pihak Kanada untuk memanfaatkan sumber daya tersebut dan memastikan kami benar-benar dapat mengirimkannya ke seluruh dunia,” dia berkata.

Beatty mengatakan Kanada harus melakukan “otopsi penuh” terhadap guncangan rantai pasokan selama pandemi COVID-19, mencari tahu apakah akan menyimpan barang-barang penting di Kanada dan sejauh mana Kanada harus membatasi perdagangan dengan sekutu.

Trudeau mengumumkan $750 juta untuk infrastruktur, vaksin

Pada KTT G20, Trudeau mengumumkan pendanaan sebesar $750 juta bagi negara-negara berkembang untuk meningkatkan infrastruktur dan mengembangkan vaksin COVID-19. Kesepakatan itu akan melihat proyek infrastruktur keuangan korporasi Crown di Asia selama tiga tahun, mulai Maret mendatang.

Ini adalah bagian terbesar dari strategi Indo-Pasifik mendatang yang diumumkan oleh Partai Liberal sejauh ini, dan merupakan bagian dari rencana G20 untuk membantu negara berpenghasilan rendah dan menengah membangun kota yang lebih aman dan berkelanjutan.

“Ini akan memperkuat rantai pasokan kami dan menciptakan lapangan kerja yang baik,” kata Trudeau dalam pidato yang disiapkan untuk acara tertutup yang diselenggarakan oleh Indonesia, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Presiden AS Joe Biden akan bertemu dengan Presiden Xi pada KTT G20 di Bali pada 14 November. (Kevin Lamarck/Reuters)

Pembiayaan akan dikelola oleh FinDev Canada, yang saat ini memiliki mandat untuk beroperasi di Afrika sub-Sahara, Amerika Latin, dan Karibia. Sekarang akan membantu mendanai proyek-proyek di negara-negara berkembang di Asia.

Trudeau mengatakan kepada para pemimpin bahwa dana kekayaan kedaulatan akan membantu pemerintah asing membangun sekolah dan rumah sakit.

“Jika kita ingin menutup kesenjangan infrastruktur, kita harus terus mencari cara untuk mendorong lebih banyak investasi sektor swasta. Tidak ada jumlah uang publik yang dapat menyelesaikan masalah ini,” demikian komentar Perdana Menteri.

Trudeau juga mengumumkan $80 juta untuk sistem kesehatan global, dengan sebagian besar dana disalurkan ke program Bank Dunia yang membantu negara-negara mencegah dan merespons pandemi.

Rusia dan Ukraina

Saat negara-negara memperdebatkan bagaimana menanggapi agresi Rusia di Ukraina dan meningkatnya ketegasan China, geopolitik akan membayangi janji yang akan dibuat para pemimpin di KTT.

Kanada adalah salah satu negara yang menekan para pemimpin G20 untuk mengecam Rusia karena memburuknya inflasi dan keamanan global akibat perangnya di Ukraina. Negara-negara lain telah mundur dari mengundang Rusia dalam upaya menjaga hubungan baik dengan Moskow dan Barat.

Sebagai tuan rumah KTT, Indonesia telah mendesak negara-negara untuk fokus menemukan titik temu ketika KTT berakhir pada hari Rabu.

“Kami melihat mereka mencoba mendapatkan semacam notifikasi untuk menyelamatkan mereka dari dilema non-komunikasi. Jadi ini akan menjadi sangat rumit,” kata Cooper di Balsillie School of International Affairs. , yang mempelajari KTT G20.

Sementara itu, kantor perdana menteri mengatakan Trudeau harus campur tangan pada forum kesehatan tertutup G20 hari Selasa setelah Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan dia mengambil “tindakan buruk” di Ukraina.

Kantor Trudeau mengatakan dia memberi tahu rekan-rekannya bahwa klaim itu “benar-benar sampah” dan bahwa para pemimpin harus bekerja berdasarkan fakta.