Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Tiongkok meningkatkan kekhawatiran deflasi karena jatuhnya harga makanan dan mobil

Tiongkok meningkatkan kekhawatiran deflasi karena jatuhnya harga makanan dan mobil

Harga konsumen di Tiongkok bulan lalu turun dengan laju paling tajam sejak krisis keuangan global pada tahun 2009, yang merupakan tanda terbaru bahwa lemahnya belanja dan melimpahnya produksi dari pabrik dan pertanian memaksa perusahaan untuk melakukan pemotongan.

Penurunan harga konsumen sebagian besar terbatas pada makanan dan mobil listrik. Namun harga grosir yang dibebankan oleh pabrik dan produsen lainnya juga turun pada bulan lalu, dan telah turun dari tingkat harga pada tahun sebelumnya setiap bulannya sejak Oktober 2022.

Penurunan harga secara umum, sebuah fenomena yang disebut deflasi, dapat sangat mengganggu perekonomian. Harga yang rendah menyulitkan rumah tangga dan dunia usaha untuk terus melakukan pembayaran bulanan atas hipotek, pinjaman usaha, dan utang lainnya.

“Data deflasi menambah sejumlah indikator ekonomi lainnya, ditambah dengan melemahnya pasar saham dan jatuhnya pasar real estat, menimbulkan tantangan luar biasa terhadap pendekatan komando dan kontrol pemerintah Tiongkok,” kata Eswar Prasad, seorang analis ekonomi. profesor perdagangan. dan Ekonomi di Cornell University.

Pasar saham Tiongkok telah anjlok tajam tahun ini, meskipun kerugiannya berkurang pada minggu ini. Tiongkok mengatakan pada hari Rabu bahwa pejabat langsung yang paling bertanggung jawab atas pengawasan pasar saham, Ye Huiman, telah digantikan sebagai kepala Komisi Regulasi Sekuritas Tiongkok. Yi, 59 tahun, digantikan oleh Wu Qing, yang sudah lama menjabat sebagai pejabat regulasi.

Harga yang lebih rendah memiliki satu sisi positif bagi Tiongkok: membuat barang-barang Tiongkok lebih kompetitif di pasar luar negeri. Dengan banyaknya rumah tangga di Tiongkok yang semakin khawatir mengenai pengeluaran, produsen mobil listrik hingga panel surya meningkatkan ekspor mereka ke pasar yang jauh.

Harga konsumen turun 0,8 persen pada bulan Januari dibandingkan tahun sebelumnya, penurunan yang jauh lebih besar dari perkiraan. Penurunan ini didorong oleh rendahnya harga pangan, termasuk penurunan harga daging babi sebesar 17,3 persen.

READ  Putin memerintahkan penyitaan proyek minyak dan gas Sakhalin 1 yang dipimpin oleh Exxon

Harga daging babi bisa berfluktuasi, terutama menjelang Tahun Baru Imlek, ketika perayaan keluarga cenderung meningkatkan permintaan. Pada tahun 2023, hari libur nasional jatuh pada akhir bulan Januari, yang kemungkinan besar mengakibatkan harga daging babi lebih tinggi pada bulan tersebut. Tahun ini sudah hampir tiga minggu, artinya harga bisa saja naik di bulan Februari.

Tidak termasuk bahan makanan, harga konsumen meningkat sebesar 0,4 persen. Penurunan harga mobil listrik diimbangi oleh lambatnya kenaikan harga pakaian, layanan kesehatan, dan pariwisata.