Mei 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Tiongkok menetapkan target pertumbuhan ekonomi sekitar 5%

Tiongkok menetapkan target pertumbuhan ekonomi sekitar 5%

BEIJING (AP) — Tiongkok menargetkan mencapai pertumbuhan ekonomi 5% tahun ini, kata Perdana Menteri Li Qiang pada Selasa, mengakui bahwa hal tersebut akan menjadi tujuan yang sulit di masa-masa sulit.

Dalam pidatonya sebelum sidang tahunan Kongres Rakyat NasionalLi menguraikan rencana untuk meningkatkan pengeluaran untuk pengembangan teknologi maju dan memperkuat militer Tiongkok mendukung perekonomian, Di antara banyak tujuan jangka panjang lainnya. Namun belum ada paket stimulus besar yang dapat membantu meningkatkan pasar dan meyakinkan investor yang gelisah.

Menyampaikan laporan tahunan mengenai tahun lalu dan rencana masa depan, Lee mengatakan pemerintah akan terus menerapkan “kebijakan fiskal yang proaktif dan kebijakan moneter yang bijaksana,” yang menunjukkan tidak ada perubahan besar dalam pendekatan kepemimpinan terhadap perekonomian.

Dia mengumumkan rencana untuk meningkatkan pertumbuhan dengan menerbitkan obligasi jangka panjang selama beberapa tahun ke depan, dimulai dengan 1 triliun yuan (sekitar $139 miliar) tahun ini. Dana tersebut akan digunakan untuk melaksanakan “strategi utama nasional” dan meningkatkan keamanan “di bidang-bidang utama.”

Lee mengatakan pemerintah sedang merencanakan “model pembangunan baru” untuk pasar perumahan, termasuk pembangunan perumahan yang disubsidi pemerintah dalam upaya meringankan kemerosotan sektor real estat yang berkepanjangan yang telah menjadi hambatan besar terhadap perekonomian. Hal ini tampaknya mengkonfirmasi laporan bahwa pihak berwenang berencana menggunakan dana publik untuk membeli beberapa apartemen kosong di Tiongkok dan mengubahnya menjadi perumahan yang terjangkau.

“Fondasi pemulihan ekonomi berkelanjutan Tiongkok belum stabil, dengan permintaan efektif yang tidak mencukupi, kelebihan kapasitas di beberapa industri, dan prospek sosial yang buruk, masih banyak risiko dan bahaya,” kata Li kepada delegasi yang berpartisipasi dalam sesi tahunan konferensi tersebut. Badan legislatif seremonial Tiongkok “Tersembunyi.” , di Aula Besar Rakyat yang megah di Beijing, bersebelahan dengan Lapangan Tiananmen.

READ  Bitcoin tiba-tiba melampaui $34,000 seiring meningkatnya kegembiraan di ETF

Pemerintah mengeluarkan rancangan anggaran yang mencakup 1,67 triliun yuan ($231 miliar) untuk belanja pertahanan. peningkatan 7,2%. Hal ini konsisten dengan laju peningkatan pada tahun 2023 dan mencerminkan berlanjutnya fokus pada keamanan dan perekonomian.

Perekonomian Tiongkok tumbuh sebesar 5,2% pada tahun lalu, namun angka tersebut melampaui tingkat pertumbuhan tahunan yang hanya sebesar 3% pada tahun 2022, ketika jutaan orang melakukan lockdown selama berminggu-minggu dan beberapa bisnis diperintahkan untuk tutup karena negara tersebut terkena dampak pandemi. gangguan terburuk akibat virus corona. Pandemi covid-19. Mengulangi tingkat pertumbuhan yang sama pada tahun ini akan lebih sulit, karena perekonomian dimulai dari basis yang lebih tinggi.

Reaksi awalnya skeptis, dengan Louise Law dari Oxford Economics mengatakan mereka memperkirakan “potensi pertumbuhan mungkin mendekati 4%.”

Meskipun angka 5% merupakan target yang relatif ambisius bahkan bagi Tiongkok, dan akan sangat kuat bagi Amerika Serikat dan negara-negara maju lainnya, angka tersebut masih jauh dari pertumbuhan dua digit yang terlihat ketika perekonomian negara tersebut bertransformasi menjadi kekuatan manufaktur.

“Mencapai tujuan tahun ini tidaklah mudah,” kata Lee, merujuk tidak hanya pada pertumbuhan ekonomi dan tujuan lainnya termasuk meningkatkan pendapatan, menciptakan 12 juta lapangan kerja dan menjadikan perekonomian lebih efisien energi dalam mencapai tujuan iklim.

Tiongkok menetapkan target pengurangan konsumsi energi sebesar 2,5% setelah gagal mencapai target pengurangan konsumsi energi sebesar 2% pada tahun 2023.

Xi Jinping, pemimpin Tiongkok yang paling berkuasa dalam beberapa dekade, memimpin partai tersebut dan telah melakukan hal tersebut Dia menempatkan loyalis seperti Li di posisi tertinggi Untuk memperkuat cengkeramannya pada perekonomian dan masyarakat. Xi, 70, menjalani masa jabatan lima tahun ketiganya sebagai sekretaris jenderal partai dan mungkin akan memegang posisi tersebut seumur hidup.

READ  Exxon Mobil dan Chevron mengumumkan penurunan keuntungan mereka

Pertemuan Dewan Nasional berlangsung sekitar satu minggu, dan merupakan acara politik terbesar di Tiongkok tahun ini. Kongres hanya mendukung kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh para pemimpin senior, namun menyediakan platform untuk menunjukkan pencapaian partai dan membangun dukungan untuk tujuan-tujuannya.

Para pemimpin menekankan perlunya meningkatkan belanja konsumen untuk membantu mendorong perekonomian. Namun pemulihan yang didorong oleh konsumsi yang diandalkan setelah pengendalian anti-pandemi berakhir pada akhir tahun 2022 telah memudar, dan sebagian besar perkiraan menunjukkan perlambatan pertumbuhan tahun ini.

Rendahnya harga perumahan dan kekhawatiran mengenai lapangan kerja telah membuat banyak keluarga enggan atau tidak mampu mengeluarkan uang lebih banyak. Pasar real estat Tiongkok sedang mengalami krisis setelah banyak pengembang gagal membayar utangnya menyusul tindakan keras terhadap pinjaman berlebihan.

Li mengatakan pemerintah akan meredakan risiko-risiko tersebut dan memberikan dukungan kepada pemerintah daerah yang keuangannya terdampak oleh belanja yang lebih tinggi untuk tindakan anti-virus dan pendapatan pajak yang lebih rendah karena menurunnya penjualan hak atas tanah.

Li mengatakan Tiongkok tidak boleh mengabaikan “skenario terburuk.”

Namun ia mengulangi seruan untuk meningkatkan kepercayaan diri meskipun ada tantangan yang dihadapi Tiongkok, dengan menunjuk pada pasar negara yang luas dengan populasi sekitar 1,4 miliar orang, kapasitas manufaktur yang maju, dan jumlah tenaga kerja yang besar.

Dia menambahkan: “Tren dasar pemulihan ekonomi dan pertumbuhan jangka panjang tetap tidak berubah dan tidak akan berubah.” “Jadi kita harus lebih percaya diri dan lebih percaya diri.”

Di antara lusinan proyek yang disebutkan Li dalam laporannya yang setebal hampir 30 halaman berbahasa Mandarin – 55 halaman dalam bahasa Inggris – Tiongkok merencanakan program “konsumsi bebas rasa khawatir” tahun ini untuk mendorong masyarakat agar membelanjakan lebih banyak uang. Keluarga akan didorong untuk menukar mobil dan peralatan lama serta membeli mobil baru.

READ  Analis menyebutkan saham teknologi untuk dibeli setelah dijual

Li juga mengatakan pemerintah akan fokus pada ketenagakerjaan, sebuah kekhawatiran mendesak bagi banyak orang yang pekerjaannya semakin sulit selama pandemi ini dan banyak anak muda Tiongkok yang kesulitan mendapatkan pekerjaan setelah lulus sekolah. Rencana tersebut mencakup asuransi pengangguran dan bentuk dukungan sosial lainnya, pinjaman dan subsidi bagi perusahaan yang mampu menciptakan banyak lapangan kerja.

Dia menambahkan bahwa pemerintah juga berencana untuk memberikan dukungan kepada pemerintah daerah yang menghadapi “kesulitan ekonomi,” yang menunjukkan bahwa Beijing akan membatasi dampak buruk dari utang di kota-kota dan daerah-daerah yang kekurangan uang dan jumlahnya meningkat tajam.

___

Penulis Associated Press Huizhong Wu dan peneliti Yu Ping dan Chen Wanqing berkontribusi pada laporan ini.