Mei 29, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Timur Ivanov: Wakil Menteri Pertahanan Rusia diberhentikan setelah ditangkap atas tuduhan korupsi

Timur Ivanov: Wakil Menteri Pertahanan Rusia diberhentikan setelah ditangkap atas tuduhan korupsi

Layanan pers Kementerian Pertahanan Rusia/AFP

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Timur Ivanov ditangkap Selasa karena dicurigai menerima suap.



CNN

A Rusia Wakil Menteri Pertahanan dituduh menerima suap, dalam skandal korupsi terbesar yang pernah terjadi di negara ini sejak Presiden Vladimir Putin melancarkan invasi ke negara tersebut. Ukraina Lebih dari dua tahun lalu.

Timur Ivanov Dia diduga menerima suap sebesar 1 juta rubel (setidaknya $10.800), kantor media pemerintah Rusia TASS melaporkan.

Dia muncul di pengadilan Moskow pada hari Rabu, mengenakan seragam militer lengkap dan berdiri di dalam sangkar kaca, dan dituduh menerima suap sebagai bagian dari kelompok terorganisir saat melakukan pekerjaan kontrak untuk Kementerian Pertahanan. Jika terbukti bersalah, dia terancam hukuman 15 tahun penjara.

Pengadilan Moskow menulis di aplikasi Telegram bahwa Ivanov akan tetap ditahan di pusat penahanan praperadilan hingga setidaknya 23 Juni. Pengacaranya, Denis Baluyev, mengatakan dia mengajukan banding atas kasus tersebut dan meminta agar Ivanov ditempatkan sebagai tahanan rumah, menurut media pemerintah Rusia RIA Novosti.

Agensi resmi TASS melaporkan, mengutip sumber di kementerian, bahwa dia kemudian diberhentikan dari jabatannya di Kementerian Pertahanan.

Ivanov, yang menjabat sejak 2016, dipandang sebagai salah satu arsitek utama perang Rusia di Ukraina dan sekutu dekat Menteri Pertahanan Sergei Shoigu. Ivanov masih terdaftar di situs Kementerian Pertahanan sebagai menteri yang menjabat, dan tidak ada laporan pemecatannya.

Penangkapan tak terduga terhadap sekutu Shoigu dapat memberikan tekanan kembali pada menteri pertahanan, yang telah dikritik karena caranya menangani invasi Ukraina – dan lebih tegas lagi oleh pimpinan Grup Wagner. Yevgeny Prigozhin Pada bulan-bulan sebelum kematiannya tahun lalu. Meski mengalami kemunduran, Putin tetap mempertahankan Shoigu.

READ  Leslie Horton: Reporter lalu lintas untuk outlet berita Kanada, Global News, menanggapi tindakan mempermalukan tubuh secara langsung

Jurnalis investigasi Rusia Andrei Soldatov mengatakan kepada CNN bahwa hal ini sejalan dengan “taktik” yang digunakan oleh Dinas Keamanan Federal Rusia, yaitu menahan pejabat tinggi untuk menindak pelanggaran aturan di kementerian, lembaga, atau organisasi. utuh. .

Soldatov berkata: “Sekarang deputi ini akan ditanyai secara ekstensif, tidak hanya tentang dirinya sendiri, dan dia seharusnya memberikan bukti yang memberatkan… terhadap tokoh senior di organisasi tersebut.”

Tanggung jawab Ivanov termasuk rekonstruksi Mairopol, sebuah kota di Ukraina selatan yang dihancurkan oleh pasukan Rusia dalam pengepungan selama berbulan-bulan pada awal perang. Sang menteri sering terlihat memotong pita pada berbagai proyek konstruksi di kota tersebut, saat Rusia berupaya memasang fasad Potemkin di kota yang telah dihancurkannya.

Zakharova Sveta/Instagram

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Timur Ivanov terlihat bersama mantan istrinya, Svetlana Manovich, dalam foto dari akun Instagram Manovich.

Gaya hidupnya yang mewah telah membuatnya mendapatkan reputasi di Rusia, dan dengan itu, pengawasan dari Yayasan Anti-Korupsi (ACF) milik mendiang pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny. Maria Pevchikh, kepala yayasan tersebut, mengatakan Ivanov memegang “salah satu pekerjaan paling menguntungkan” di Kementerian Pertahanan Rusia, dan mengklaim invasi ke Ukraina telah membuatnya lebih kaya.

Tahun lalu, Pevchikh mengatakan kepada CNN bahwa kekayaan Ivanov – termasuk aset termasuk rumah bersejarah di salah satu kawasan termahal di Moskow – dibiayai melalui korupsi. Kementerian Pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan komentar CNN.

Uni Eropa dan Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap Ivanov setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Tapi mantan istrinya Svetlana Manovichterus menjalani kehidupan kemewahan Eropa: berperahu pesiar di Mediterania, bermain ski di Pegunungan Alpen, dan tinggal di Paris.

READ  Polandia berhenti mengirim senjata ke Ukraina di tengah perang gandum, kata Warsawa - Politico

Dalam penyelidikan tahun lalu, Action Against Corruption menyatukan gambar seorang wanita yang tampaknya lolos dari semua pengawasan terkait peran yang dimainkan Ivanov di Ukraina, dan keuntungan besar yang diduga ia peroleh. Mengandalkan 8.000 email yang bocor, penyelidikan menuduh Manjovic menghabiskan lebih dari $100.000 di toko perhiasan besar Paris di Place Vendrum yang terkenal pada Maret 2022, ketika pengepungan Mariupol semakin ketat.