Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Tim Cook memuji hubungan “simbiosis” Apple dengan China

Tim Cook memuji hubungan “simbiosis” Apple dengan China

Tim Cook memuji hubungan simbiosis Apple dengan China meskipun meningkatnya ketegangan perdagangan dan geopolitik antara Beijing dan AS, dan langkah pembuat iPhone untuk melakukan diversifikasi di luar negeri.

Pada kunjungan pertamanya ke China sejak pandemi dimulai pada tahun 2020, kepala Apple tersebut mengatakan bahwa tahun ini perusahaan tersebut akan merayakan hari jadinya yang ke-30 di negara yang membuat sebagian besar iPhone-nya.

“Kami sangat bersemangat,” kata Cook di China Development Forum di Beijing, Davos versi negaranya sendiri, yang diadakan Beijing secara offline untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai. “Apple dan China…tumbuh bersama dan jadi ini semacam hubungan simbiosis.”

Cook adalah salah satu dari beberapa pengusaha top AS di Beijing untuk apa yang digambarkan sebagai upacara peresmian setelah tiga tahun menerapkan kebijakan anti-COVID yang ketat.

Sebagai tanda betapa positifnya perusahaan teknologi AS terus dilihat di salah satu pasar terbesarnya juga, perjalanan Cook diliput oleh media pemerintah China saat pelanggan bertepuk tangan di toko utama grup di Beijing ketika dia mengunjungi toko tersebut pada hari Jumat.

Perjalanan tersebut dilakukan setelah salah satu tahun terberat Apple di China pada tahun 2022, ketika Zero-Covid dari Presiden Xi Jinping mencengkeram rantai pasokan yang brutal.

Pendapatan triwulanan Apple turun dalam tiga bulan hingga akhir Desember untuk pertama kalinya dalam tiga setengah tahun setelah gangguan rantai pasokan “signifikan” di China menunda pengiriman iPhone selama periode liburan.

Foxconn, pemasok terbesar perusahaan, menghadapi gangguan tenaga kerja di kota Zhengzhou di China timur di mana analis memperkirakan 60 persen iPhone dibuat, setelah pihak berwenang mengunci area tersebut sebagai bagian dari nol kontrol Covid pada November.

READ  Bagaimana Blok (Persegi) Menghindari Kematian oleh Amazon

Sementara itu, Amerika Serikat telah meningkatkan kontrol ekspor atas penggunaan teknologi chip canggih China, yang memperburuk mood investor besar Amerika di negara tersebut.

Beberapa pengguna di Weibo, Twitter versi China, memposting gambar yang kontras dengan sambutan hangat Cook di tokonya di Beijing pada hari Jumat dengan Shou Zi Chew, kepala aplikasi video pendek China TikTok, yang diinterogasi oleh Kongres AS minggu lalu.

Cook menghindari menyebutkan ketegangan AS-Tiongkok dan masalah rantai pasokan, dalam sesi tentang teknologi dan pendidikan di Forum Pembangunan Tiongkok.

“Kami memiliki operasi rantai pasokan yang sangat besar di China dan tentu saja kami juga memiliki… Toko Apple,” katanya, menambahkan bahwa perusahaan tersebut memiliki jutaan pengembang di negara tersebut untuk sistem operasi iOS-nya.

“Sejak kami tiba kemarin, kami tidak sabar untuk melihat beberapa pelanggan kami, jadi kami pergi ke toko Sanliutn. [in Beijing],” Dia berkata.

Apple sedang mencoba membangun operasi di India sebagai bagian dari strategi diversifikasinya, mengirim insinyur dan desainer ke negara itu selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan sekaligus untuk mengawasi manufaktur. Meskipun telah memproduksi iPhone entry-level di India sejak 2017, baru-baru ini mulai mencoba model kelas atas yang biasanya dibuat di China.

Dengan pelaporan tambahan oleh Ryan McMurrah