Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Tiga orang mencalonkan diri sebagai presiden Indonesia

Tiga orang mencalonkan diri sebagai presiden Indonesia

DTampaknya ini seperti perlombaan tiga partai setelah para kandidat yang bersaing untuk menjadi presiden Indonesia berikutnya mengajukan surat suara mereka untuk pemilu pada tanggal 14 Februari, dengan salah satu dari mereka mencalonkan putra Presiden Joko Widodo sebagai pasangannya.

Prabowo Subianto, seorang politisi yang beralih menjadi politisi, berhadapan dengan Kanjar Pranovo, mantan gubernur salah satu provinsi terpadat di Indonesia, dan Anis Baswedan, mantan Gubernur Jakarta. Menurut yang terbaru Sensus Dirilis awal pekan ini, Prabowo memimpin dengan perolehan suara 36%, disusul Kanjar dengan 31%, dan Anis dengan 20%.

Ketiganya, pada titik berbeda dalam karir mereka, pernah menjadi sekutu atau musuh presiden, yang dikenal sebagai Jokowi. Apakah akan melanjutkan pembangunan ibu kota baru di Kalimantan – yang merupakan landasan warisannya – akan dibahas dalam kampanye pemilu. Prabowo melangkah lebih jauh dengan memilih putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai wakil presiden.

Baca selengkapnya: Apa dampaknya bagi demokrasi Indonesia jika anak presiden kini memimpin partai lain?

Presiden mendatang harus meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang bergantung pada konsumsi domestik, mengelola sumber daya negara dan menyeimbangkan kepentingan Tiongkok dan Amerika.

Komisi Pemilihan Umum akan menyelesaikan daftar kontestan pada 13 November setelah pendaftaran ditutup pada Rabu.

Lihat kandidatnya di sini:

Prabu Subianto, 72

Calon presiden Prabowo Subianto (kanan) dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka (kiri) berfoto saat registrasi pemilu Februari 2024 di Jakarta, 25 Oktober 2023. Adek Perry—AFP/Getty Images

Prabowo adalah satu-satunya orang dalam pemilihan presiden yang dikaitkan dengan kediktatoran Suharto dari tahun 1967 hingga 1998. Seorang letnan jenderal di masa rezim Soeharto dan menantunya, Prabowo pernah menjadi orang yang tidak terhormat. Diusir Mengenai pelanggaran HAM di Timor Timur dan kerusuhan mematikan yang berujung pada jatuhnya pemerintahan Sukarto.

READ  Indonesia memperpanjang validitas rencana produksi tambang selama tiga tahun

Tuduhan tersebut tidak terbukti di pengadilan, namun Amerika Serikat memberlakukan larangan perjalanan terhadap Prabowo mengangkat Masa jabatan pemerintahan Trump akan segera berakhir. Prabowo mengunjungi Washington sebagai menteri pertahanan pada bulan Oktober 2020 dan berperan penting dalam menjanjikan kesepakatan senjata dengan Tiongkok, Rusia, dan Amerika Serikat.

Indonesia di bawah pemerintahan Jokowi telah semakin dekat dengan Beijing dalam hal hubungan ekonomi, dengan lembaga pemerintah dari kedua negara yang mengerjakan proyek infrastruktur. Prabowo telah secara terbuka menyatakan bahwa Indonesia tidak akan melakukannya pilihan Amerika dan Tiongkok akan berada di pihak yang berpihak jika mereka berperang.

Baca selengkapnya: Ketika Indonesia tertarik dengan investasi infrastruktur Tiongkok, masyarakat setempat menolaknya

Keduanya bersaing dalam dua pemilu presiden terakhir, yang berubah menjadi pertarungan sengit dengan Prabowo yang menuduh Jokowi anti-Muslim dan “mencuri” pemilu tahun 2019. Jokowi menunjuk Prabowo ke dalam kabinetnya setelah kemenangannya yang kedua dan para pengamat tampaknya memberikan dukungan mereka kepada mantan jenderal tersebut, yang secara terbuka mendukung pembangunan ibu kota baru.

Pengadilan menurunkan usia minimum calon presiden dan wakil presiden, sehingga memungkinkan Gibran Prabowo yang berusia 36 tahun untuk mencalonkan diri.

Kanchar Pranovo, 54

Kanchar Pranovo melambai kepada wartawan saat ia mendaftar sebagai calon presiden untuk pemilihan umum Indonesia pada Februari 2024 di Komisi Pemilihan Umum di Jakarta pada 19 Oktober 2023.
Kanjar Pranovo melambai kepada wartawan saat ia mendaftar sebagai calon presiden pada pemilu Februari 2024 di Jakarta pada 19 Oktober 2023. Aditya Aji—AFP/Getty Images

Kanjar menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah selama dua periode, memenangkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan infrastruktur di wilayah yang padat dengan menyetujui pusat data baru dan penggunaan kembali jalan.

Dia menjadi berita utama global karena menolak menjamu Israel di provinsinya selama Piala Dunia U-20 FIFA. Indonesia akhirnya tersingkir dan peringkat Kanjar terpuruk di negara yang terobsesi dengan sepak bola.

READ  Toyota Kijang Indonesia mungkin adalah mobil terburuk di dunia, tetapi ia adalah tank yang mutlak

Baca selengkapnya: Kekacauan politik dan tingginya biaya kegagalan FIFA Indonesia melawan Israel

Kanjar memiliki sedikit pengalaman kebijakan luar negeri atau ekonomi. Jokowi juga tidak mencalonkan diri saat pertama kali mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2014. Kanjar merangkul populisme akar rumput Jokowi dengan berjalan-jalan, berbicara tentang asal usulnya yang sederhana, dan kini ia memiliki pengikut terbesar di antara ketiga kandidat tersebut di TikTok.

Ia harus menyeimbangkan kepentingan para raja perjuangan Partai Demokrat Indonesia yang berkuasa. Di satu sisi, pimpinan partai sekaligus mantan presiden Megawati Soekarnoputri kembali menegaskan kepada Kanjar tentang kesesuaian partainya sebagai calon presiden dibandingkan putrinya, seorang politisi populer.

Kemudian, kata para pengamat, Jokowi awalnya mendorong Kanjar namun ragu untuk memberinya dukungan penuh. Dia khawatir Megawati akan mempengaruhi Kanchar di pemerintahan dan, khususnya, menghilangkan warisannya.

Sepertinya Kanjar akan mengincar Megawati dan barisan partainya. Dia memilih menteri kabinet senior Mahfud MD, yang merupakan favoritnya dalam pemilihan wakil presiden terakhir, sebagai pasangan Kanjar.

Anees Baswedan, 54

Anies Baswedan (Kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) memberi isyarat kepada para fotografer saat mereka mendaftar masing-masing calon presiden dan wakil presiden pemilu Indonesia Februari 2024 di KPU Jakarta, 19 Oktober 2023.
Anies Baswedan melambai kepada wartawan saat mendaftar sebagai calon presiden pada pemilu Februari 2024 di Jakarta, 19 Oktober 2023. Aditya Aji—AFP/Getty Images

Sebelum terjun ke dunia politik, Anis adalah seorang akademisi yang menjadi rektor universitas Islam termuda di Indonesia. Ia memulai gerakan tersebut pada tahun 2009 untuk mengatasi kekurangan guru.

Pada masa jabatan pertama Jokowi, Anis menjadi menteri pendidikan, namun dicopot dalam perombakan kabinet dua tahun kemudian. Ia kemudian mengarahkan perhatiannya pada pemilihan gubernur Jakarta pada tahun 2017, dengan menggunakan kampanye yang memecah belah yang memanfaatkan reaksi Muslim terhadap postingan Kristen Tiongkok yang merupakan sekutu Jokowi.

READ  Tak Ada Dokter di 586 Bus di Indonesia: Menteri Kesehatan

Baca selengkapnya: Sebuah gerakan yang dipimpin perempuan di Indonesia mengatakan bahwa menafsirkan Islam bukan hanya untuk laki-laki

Hingga masa jabatannya sebagai Gubernur Jakarta berakhir tahun lalu, Anees melanjutkan proyek infrastruktur seperti pengendalian banjir dan transportasi yang telah dimulai oleh para pendahulunya. Dari ketiganya, Anis paling menentang ibu kota baru Jokowi. untuk mengatakan Kebijakan tidak boleh didasarkan pada aspirasi individu.

Kritikus mengatakan Anis bisa saja menggunakan populisme Islam lagi. Dia telah memilih Muhaimin Iskandar, pemimpin partai Islam terbesar di Indonesia, sebagai calon wakil presidennya.