Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Tentara Kongo mengatakan pihaknya menggagalkan upaya kudeta. Seorang tokoh oposisi yang tinggal di pengasingan mengancam presiden

Tentara Kongo mengatakan pihaknya menggagalkan upaya kudeta.  Seorang tokoh oposisi yang tinggal di pengasingan mengancam presiden

Kinshasa, Kongo (AFP) – Kongo Tentara Kongo mengumumkan bahwa mereka telah menggagalkan upaya kudeta pada Minggu pagi dan menangkap para pelakunya, termasuk sejumlah orang asing, menyusul serangan terhadap istana presiden dan kediaman sekutu dekat Republik Demokratik Kongo. Presiden Membunuh tiga orang di ibu kota, Kinshasa.

Awalnya, media lokal mengidentifikasi orang-orang bersenjata tersebut sebagai tentara Kongo, namun kemudian melaporkan bahwa mereka terkait dengan pengasingan. berlawanan Tokohnya adalah Christian Malanga yang kemudian mengunggah video di Facebook yang mengancam Presiden Felix Tshisekedi.

Malanga dibunuh di istana presiden setelah dia menolak ditangkap oleh penjaga, juru bicara militer Kongo Brigjen. Jenderal Sylvain Ekeng mengatakan kepada Associated Press.

Itu adalah Tshisekedi Dia terpilih kembali sebagai presiden Pada bulan Desember, terjadi kekacauan dalam pemungutan suara di tengah seruan dari pihak oposisi untuk membatalkan pemungutan suara karena apa yang mereka katakan sebagai kurangnya transparansi. Negara Afrika Tengah ini juga pernah mengalami tren serupa dalam sengketa pemilu di masa lalu.

Ekeng mengatakan kepada televisi pemerintah pada hari Minggu bahwa upaya tersebut Aturan yang tidak lazim “Hal ini telah dihentikan oleh pasukan pertahanan dan keamanan Kongo (dan) situasinya terkendali.” Pelakunya termasuk tiga orang Amerika, termasuk putra Malanga, kata Ekeng kemudian kepada AP.

Hal ini juga terjadi di tengah krisis yang mengguncang partai berkuasa Tshisekedi mengenai pemilihan kepemimpinan parlemen, yang seharusnya diadakan pada hari Sabtu namun ditunda.

Pada hari Minggu, ada laporan bentrokan antara pria berseragam militer dan penjaga Vitale Kamerhe, seorang anggota parlemen federal dan calon presiden Majelis Nasional Kongo, di kediamannya di Kinshasa, sekitar 2 kilometer (1,2 mil) dari istana presiden dan dimana beberapa orang hadir. Kedutaan juga berada.

READ  Ukraina mendapatkan kembali sekitar 20% dari tanah yang hilang di kota regional Severodonetsk

Penjaga Kamerhe menghentikan orang-orang bersenjata, kata Michel Motu Muhima, juru bicara politisi tersebut di platform media sosial.

Rekaman video dari daerah tersebut menunjukkan truk-truk militer dan orang-orang bersenjata berat berjalan melalui jalan-jalan sepi di lingkungan tersebut, sementara tentara mengatakan situasi telah terkendali.

Sementara itu, Malanga yang mengasingkan diri muncul dalam video langsung di istana presiden dikelilingi beberapa orang berseragam militer dan berkata: “Felix, kamu keluar. Kami datang untukmu.”

Di situsnya, kelompok pemimpin oposisi – Partai Persatuan Kongo – digambarkan sebagai “platform akar rumput yang menyatukan diaspora Kongo di seluruh dunia untuk menentang kediktatoran Kongo saat ini.”

Tshisekedi Dia belum berbicara kepada publik mengenai kejadian hari Minggu.

Pada hari Jumat, ia bertemu dengan perwakilan dan pemimpin koalisi Persatuan Bangsa Suci yang berkuasa dalam upaya untuk menyelesaikan krisis yang menimpa partainya, yang mendominasi Majelis Nasional. Dia mengatakan bahwa dia “tidak akan ragu untuk membubarkan Majelis Nasional dan mengirim semua orang ke pemilu baru jika praktik buruk ini terus berlanjut.”

Kedutaan Besar AS di Kongo mengeluarkan peringatan keamanan pada hari Minggu, mendesak agar berhati-hati setelah “laporan adanya tembakan.”

___

Asadu melaporkan dari Abuja, Nigeria. Penulis Associated Press Ruth Alunga di Goma, Kongo dan Sam Mednick di Tel Aviv berkontribusi.