April 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Teleskop James Webb milik NASA menangkap gambar bintang yang meledak

Teleskop James Webb milik NASA menangkap gambar bintang yang meledak

Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA baru melihat Cassiopeia A (Cas A).

Bintang yang meledak dalam sisa supernova Cassiopeia A (Cas A) telah ditangkap dalam gambar baru yang menakjubkan oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA. Ini adalah bagian dari Kalender Advent Gedung Putih yang pertama, yang diluncurkan oleh Ibu Negara AS, Dr Jill Biden, untuk menyoroti “keajaiban, keajaiban, dan kegembiraan” musim liburan, menurut surat kabar Inggris “Daily Mail”. Badan Antariksa AS.

Cas A adalah salah satu sisa supernova yang paling banyak diteliti secara komprehensif di seluruh alam semesta. Sisa-sisa objek yang terpotong-potong secara bertahap ditangkap dalam gambar multi-panjang gelombang oleh berbagai observatorium berbasis darat dan luar angkasa, seperti Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA dan Badan Antariksa Eropa.

Karena cahaya inframerah tidak dapat dideteksi oleh penglihatan manusia, para ilmuwan dan pengolah gambar mengubah panjang gelombang inframerah menjadi warna yang dapat dilihat. Warna kemudian ditetapkan ke beberapa filter kamera inframerah-dekat pada gambar Cas A terbaru ini, masing-masing menunjukkan aktivitas berbeda yang terjadi di dalam objek.

“Warna yang paling terlihat dalam gambar Webb terbaru adalah gumpalan oranye terang dan merah muda muda yang membentuk cangkang bagian dalam sisa supernova. Pandangan Webb yang tajam dapat mendeteksi simpul gas terkecil, yang terdiri dari belerang, oksigen, dan argon,” dan neon dari bintang itu sendiri. “Di dalam gas ini terdapat campuran debu dan partikel, yang pada akhirnya akan menjadi komponen bintang dan sistem planet baru.”

Beberapa filamen puing berukuran 10 miliar mil (sekitar 100 unit astronomi) atau kurang, sehingga terlalu kecil untuk dilihat bahkan oleh Webb. Sebaliknya, keseluruhan Cas A terbentang 10 tahun cahaya, atau 60 triliun mil, menurut NASA.

READ  Merkurius, bulan, planet, dan hujan meteor tidak mau!

Danny Milisavljevic dari Universitas Purdue, yang memimpin tim peneliti, menambahkan: “Dengan resolusi NIRCam, kita sekarang dapat melihat bagaimana bintang yang sekarat itu benar-benar hancur saat meledak, meninggalkan filamen yang terlihat seperti pecahan kaca kecil. Sungguh luar biasa setelahnya semua tahun-tahun ini.” “Studi Cas A sekarang menyelesaikan rincian ini, yang memberi kita wawasan transformatif tentang bagaimana bintang ini meledak.”