Oktober 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Taylor Swift Dituduh Menjiplak Desain Buku ‘Lover’ dari Penulis – Billboard

Taylor Swift Dituduh Menjiplak Desain Buku 'Lover' dari Penulis - Billboard

Taylor Swift Dia menghadapi gugatan hak cipta baru yang menyatakan bahwa dia mencuri buku yang menyertai albumnya kekasih Dari buku puisi yang diterbitkan sendiri dengan nama yang sama, tetapi para ahli hukum mengatakan lukisan Kasus ini sangat meragukan dan tidak mungkin berhasil.

Dalam pengaduan yang diajukan Selasa di pengadilan federal Tennessee, penulis Theresa La Dart mengklaim bahwa “sejumlah elemen kreatif” dari bukunya tahun 2010 kekasih Disalin dalam Buku Swift – Paket Bonus dengan Edisi Khusus kekasih CD itu The New York Times Ini disebut “pendamping yang harus dibaca” untuk Swiftis.

Buku Swift melanggar hak cipta La Dart, tulis pengacara La Dart dalam gugatan itu, dan sang bintang sekarang berutang lebih dari $1 juta sebagai ganti rugi.

“Terdakwa hingga hari ini tidak meminta, atau memperoleh, lisensi dari TLD untuk hak atas elemen desain kreatifnya, juga tidak memberikan kredit apa pun kepada TLD … apalagi melakukan pembayaran tunai,” pengacara La Dart William S. Taman tulis di pengaduan.

Dugaan kesamaan antara buku La Dart dan buku Swift termasuk sampul yang menampilkan “merah muda dan biru muda,” serta potret penulis “diilustrasikan dalam posisi ke bawah.” La Dart juga mengklaim bahwa Swift menyalin “format” buku itu, yaitu “kenangan tahun-tahun lampau yang diabadikan dalam campuran komponen tertulis dan ilustrasi”. La Dart mengatakan desain interior buku – khususnya yang terdiri dari “gambar dan tulisan yang tersebar” – juga melanggar hak ciptanya.

Jika barang-barang itu tampaknya tidak cukup unik untuk menutupi hak cipta, para ahli hukum setuju.

“Sejauh yang saya tahu, dia tidak mengklaim bahwa konten sebenarnya sama,” kata Aaron Mossseorang pengacara veteran Greenberg Glusker yang menulis tentang klaim hak cipta di situs web Copyright Lately-nya.

READ  Pria yang dituduh mencoba menjual kata-kata dan catatan tulisan tangan curian dari album 'Hotel California'

“Gagasan untuk mengenang serangkaian kenangan selama beberapa tahun dengan tumpang tindih ‘komponen tertulis dan gambar’ tidak dapat dipertahankan,” kata Moss. “Jika demikian, orang itu mungkin juga menuntut siapa pun yang menulis memo atau membuat scrapbook.”

Judul buku Swift dan buku La Dart identik, tetapi undang-undang hak cipta biasanya tidak melindungi judul itu sendiri. Dan nama “Kekasih” tidak asli dari La Dart: Catatan Kantor Hak Cipta Amerika Serikat menunjukkan bahwa lebih dari selusin buku lain menyandang judul yang sama.

“Gugatan ini harus diberhentikan dengan mosi untuk memberhentikan, jika pengacara penggugat tidak berpikir lebih baik dan pertama-tama secara sukarela menarik pengaduan,” kata Moss.

Pengacara La Dart tidak segera menanggapi dengan permintaan komentar atas kekurangan yang dirasakan dalam gugatan tersebut.

Kasus baru ini adalah salah satu dari beberapa tuntutan hukum hak cipta yang dihadapi Swift selama bertahun-tahun. Pengacaranya saat ini membelanya dalam kasus lama yang menuduh bahwa dia mengangkat lirik lagu “Shake It Off” dari lagu lain yang juga mengacu pada “playas” dan “haters.” Awal bulan ini, katanya Dia mengajukan pernyataannya di bawah sumpah dalam kasus inimengklaim bahwa lagu itu “ditulis sepenuhnya oleh saya” dan bahwa dia “tidak pernah mendengar” kata-kata yang dituduh disalinnya.

Baca keluhan selengkapnya di sini: