April 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Surat | Bisakah AS menerapkan kebijakan luar negeri berbasis nilai dengan presiden baru Indonesia?

Surat |  Bisakah AS menerapkan kebijakan luar negeri berbasis nilai dengan presiden baru Indonesia?
Apakah Anda sangat tertarik dengan surat-surat ini atau aspek lain dari pesan tersebut? Bagikan pemikiran Anda dengan mengirimkan surat Anda melalui email kepada editor [email protected] atau mengisi Formulir Google ini. Kiriman tidak boleh lebih dari 400 kata dan menyertakan nama lengkap dan alamat serta nomor telepon untuk verifikasi.

Namun dari sini, Prabowo harus mengukir warisannya sendiri, bahkan ketika ia berjanji untuk menegakkan kebijakan Widodo, termasuk membangun ibu kota baru, Nusantara.

Banyak dari janji-janji kampanye Prabowo adalah mengenai ekonomi, kesejahteraan, dan isu-isu lain yang secara strategis diterima oleh para pemilih. Selain mengumumkan target pertumbuhan 8 persen, Prabowo berencana untuk mempromosikan biofuel untuk swasembada energi, membuka lahan baru untuk pertanian, dan membangun rumah sakit modern di setiap kota.

Prioritas Prabowo termasuk program makan siang dan susu gratis senilai 460 triliun rupiah (US$29 miliar) untuk sekolah. Kebetulan, pembangunan ibu kota baru diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 460 triliun.

Oleh karena itu, kekhawatiran mengenai disiplin fiskal dan risiko sangatlah tinggi, karena negara ini sudah terbebani dengan utang Tiongkok.

Mantan jenderal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pertahanan Indonesia, namun tidak terjebak dalam persaingan antara AS dan Tiongkok.

Hal ini bisa menimbulkan dilema bagi Prabowo. Meskipun upaya untuk memodernisasi militer Indonesia tidak mungkin berhasil tanpa dukungan Washington, Jakarta juga menghadapi tugas sulit untuk menghindari kemarahan Beijing jika ingin memainkan peran sentral di negara-negara Selatan.

Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, india berdiri bersama Jepang, India, dan Australia sebagai benteng demokrasi di kawasan Asia-Pasifik.

Oleh karena itu, penerimaan Barat terhadap presiden Indonesia berikutnya dapat menjadi faktor kunci dalam strategi pembendungan Barat terhadap Tiongkok, khususnya yang berkaitan dengan rantai pasokan, energi, dan keamanan maritim. Dengan kata lain, hal ini bergantung pada bagaimana negara-negara Barat, khususnya Amerika Serikat, menjalankan kebijakan luar negeri berbasis nilai bersama dengan Prabowo.

READ  Indonesia Pamerkan Teknologi Keamanan yang Inovatif - OpenGov Asia

Dalam membuat deklarasi diplomatik dan memobilisasi negara-negara yang bersahabat dengan Barat, kebutuhan akan dukungan dari Jakarta tidak boleh dipenuhi dengan mengorbankan cita-cita demokrasi dan hak asasi manusia.

Collins Chong Yew Keat, Selangor

Media sosial membunuh seni

Di masa lalu, masyarakat dapat memperoleh pengetahuan tentang sejarah, masyarakat, dan sastra melalui opera, pendongeng, dan drama tradisional.

Saat ini, dengan banyaknya konten media sosial, orang-orang menelusuri klip-klip yang lucu dan tidak berguna, yang tidak hanya membuang-buang waktu tetapi juga mengurangi rentang perhatian kita, mengurangi keinginan kita untuk mengapresiasi karya seni yang bertahan dalam ujian waktu. Ini perlu diubah.

Fung John Hong, Ho Man Tin