April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

SpaceX Falcon Heavy meluncurkan X-37B, salah satu rahasia militer AS yang paling dijaga

SpaceX Falcon Heavy meluncurkan X-37B, salah satu rahasia militer AS yang paling dijaga

Scott Shelk/Siba

Roket SpaceX Falcon Heavy berdiri di landasan peluncuran sebelum percobaan peluncuran pesawat luar angkasa X-37B milik militer AS pada 11 Desember. Perusahaan menunda peluncurannya pada saat itu.



CNN

Roket besar Falcon Heavy milik SpaceX akan kembali mengudara pada Kamis malam, kali ini meluncurkan pesawat ruang angkasa militer AS yang misterius yang akan melakukan penelitian mutakhir.

Roket tersebut dijadwalkan lepas landas dari Kennedy Space Center NASA di Florida pada pukul 20:07 ET, membawa pesawat luar angkasa militer X-37B – yang tidak berawak dan beroperasi secara mandiri – ke ketinggian yang belum pernah terjadi sebelumnya. Peluncurannya akan disiarkan secara langsung situs web SpaceX.

Namun belum diketahui secara pasti kemana tujuan pesawat luar angkasa tersebut.

Aktivitas X-37B di luar angkasa telah lama menjadi daya tarik dan spekulasi di komunitas luar angkasa seiring dengan berlombanya para penggemar amatir untuk melacak keberadaannya dan berbagi teori tentang aktivitasnya.

Menyerupai miniatur pesawat luar angkasa NASA dengan jendela berwarna, X-37B yang dapat digunakan kembali dan sepenuhnya otonom dikenal untuk meneliti konsep-konsep seperti Mentransfer energi matahari dari luar angkasa untuk digunakan kembali di Bumi Dan mempelajari efek radiasi pada benih yang digunakan dalam menanam pangan.

Misi ini – penerbangan ketujuh ke luar angkasa untuk X-37B – menjanjikan lebih menarik dari penerbangan sebelumnya.

Sersan. Adam Shanks/Angkatan Luar Angkasa AS

Kendaraan uji orbital X-37B akan menyelesaikan misi keenamnya yang berhasil pada tahun 2022.

Peluncuran ini akan menandai pertama kalinya pesawat luar angkasa melakukan penerbangan dengan menggunakan SpaceX Falcon Heavy, salah satu kendaraan tersebut Rudal operasional paling kuat Di dalam dunia.

READ  Sebuah penelitian menemukan bahwa lebah belajar memecahkan teka-teki dengan memperhatikan rekan-rekan mereka

Sebelumnya, X-37B diluncurkan dengan kendaraan SpaceX Falcon 9 dan roket Atlas V yang dibangun oleh United Launch Alliance, perusahaan patungan antara Lockheed Martin dan Boeing.

Falcon Heavy menghasilkan daya dorong lebih besar dibandingkan gabungan kedua roket tersebut.

Peluncuran Falcon Heavy dapat menandakan bahwa X-37B sedang menuju ke orbit yang lebih jauh, bahkan mungkin ke Bulan atau Mars, saran Paul Graziani, CEO COMSPOC, sebuah perusahaan yang berdedikasi untuk melacak objek di luar angkasa.

Jika pesawat ruang angkasa tersebut melakukan perjalanan lebih jauh ke alam semesta dibandingkan misi sebelumnya, mungkin akan sangat sulit bagi pengamat langit di Bumi untuk menentukan di mana pesawat ruang angkasa tersebut berada.

Jika militer tidak ingin orang-orang melacak X-37B, kendaraan tersebut dapat disembunyikan di bawah sinar matahari atau dengan berbagai cara lain – termasuk sering berpindah lokasi, tambah Graziani. X-37B telah membuktikan pada penerbangan sebelumnya bahwa ia mampu melakukan banyak manuver di luar angkasa.

COMSPOC akan berusaha mencari pesawat tersebut jika pesawat ruang angkasa tersebut berakhir di orbit geosynchronous, yang berjarak sekitar 22.400 mil (36.000 kilometer) dari Bumi dan merupakan tempat sebagian besar satelit komunikasi besar beroperasi. Orbit geosinkron adalah tempat perusahaan memfokuskan sensornya untuk melacak satelit, kata Graziani dan Bob Hall, direktur integrasi operasi di COMSPOC.

“Saya pikir ini adalah salah satu hal paling menarik yang pernah terjadi di luar angkasa dalam waktu lama, apa pun fungsinya,” kata Graziani tentang peluncuran X-37B.

X-37B memungkinkan Amerika Serikat melakukan eksperimen untuk memahami bagaimana meningkatkan operasi ruang angkasa yang sedang berlangsung dan yang akan datang serta mendorong batas-batas dari apa yang mungkin dilakukan, menurut pernyataan dari Jenderal B. Chance Saltzman, kepala operasi ruang angkasa.

READ  Resensi buku: Akhir Eden oleh Adam Wells

Di antara penelitian yang dilakukan dalam misi ini adalah eksperimen NASA yang bertujuan menemukan cara untuk mendukung astronot dalam misi luar angkasa di masa depan. Disebut Seeds-2, proyek ini akan “membuat benih tanaman terkena lingkungan radiasi yang keras dalam penerbangan luar angkasa jangka panjang” dan melanjutkan penelitian yang dilakukan pada misi X-37B sebelumnya.

Mempelajari cara menanam makanan di lingkungan luar angkasa yang keras dan tidak dinodai bisa menjadi hal yang penting bagi para astronot yang melakukan misi panjang ke bulan atau lebih jauh lagi, tempat di mana pengiriman pasokan segar sulit dilakukan.

Tidak jelas berapa lama pesawat luar angkasa akan menghabiskan waktu di orbit untuk misi ini, meskipun secara historis setiap penerbangan X-37B lebih lama dari yang terakhir.

Penerbangan terakhir pesawat ruang angkasa otonom X-37B ke luar angkasa berakhir pada November 2022 setelah pesawat ruang angkasa tersebut mencatat hampir 909 hari berturut-turut di luar angkasa. Selama misi keenam itu, seperti diberitakan CNN sebelumnya, pesawat luar angkasa tersebut membawa teknologi eksperimental yang dirancang oleh Angkatan Laut AS untuk mengubah energi matahari dan… Kirim kembali ke Bumimenurut tentara.

X-37B telah menghabiskan lebih dari 3.700 hari di luar angkasa untuk misi tak berawak lainnya. Ketika kembali ke Bumi, ia akan mendarat di landasan pacu, seperti pesawat yang meluncur dari angkasa.

Peluncuran ini dilakukan setelah lebih dari… Dua minggu Penundaan. SpaceX siap diluncurkan pada 10 Desember. Peluncuran ditunda dua kali karena cuaca dan masalah dengan platform darat sebelum SpaceX tiba-tiba menunda misinya tanpa batas waktu “untuk melakukan pemeriksaan sistem tambahan.”

Namun selama jeda, Tiongkok – yang dianggap oleh pemerintah AS sebagai miliknya Pesaing utama Dalam perlombaan luar angkasa modern – dia mengirim pesawat ruang angkasa rahasianya ke orbit.

READ  Para astronom mengamati bintang katai putih dengan “bekas luka” logam. ruang angkasa

Sedikit yang diketahui tentang pesawat luar angkasa yang berasal dari Tiongkok. Beberapa pihak di industri berspekulasi bahwa kendaraan ini mirip dengan X-37B dalam bentuk dan fungsi, meskipun belum ada gambar resmi kendaraan tersebut yang dirilis.

Kantor Berita Xinhua yang dikelola pemerintah Tiongkok tersebut Diluncurkan oleh pesawat ruang angkasa rahasia dengan roket Long March 2F.

Publikasi badan tersebut hanya menambahkan bahwa selama berada di luar angkasa, kendaraan tersebut akan menguji teknologi luar angkasa yang dapat digunakan kembali dan melakukan eksperimen ilmiah yang tidak ditentukan “untuk penggunaan ruang angkasa secara damai.”

Tidak jelas berapa lama pesawat luar angkasa Tiongkok akan menghabiskan waktu di orbit.