April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Para peneliti mempelajari kilonova, ledakan di balik lahirnya emas

Para peneliti mempelajari kilonova, ledakan di balik lahirnya emas

Tim peneliti sedang memodelkan ciri-ciri ledakan kilonova yang berbeda.

Bayangkan kembang api paling dahsyat di alam semesta: dua bintang super padat bertabrakan, tidak hanya menciptakan cahaya yang menyilaukan, namun juga beriak ruang-waktu dan membentuk emas di cincin Anda. Tarian kosmik yang kita saksikan pada tahun 2017 ini bukan sekadar tontonan. Itu seperti seorang pandai besi, menghasilkan logam mulia yang kami anggap berharga bagi kami. Dari tabrakan dahsyat hingga bisikan di teleskop kita, peristiwa ini mengungkap kimia tersembunyi alam semesta, saat bintang berubah menjadi debu emas dan tarian cahaya dalam ruang-waktu.

berdasarkan Situs web Space.comSebuah tim ilmuwan, termasuk peneliti dari Institut Max Planck untuk Fisika Gravitasi dan Universitas Potsdam, menggunakan perangkat lunak canggih untuk memeriksa tanda-tanda ledakan kilonova, menggabungkan data dari pengamatan bintang neutron, perhitungan fisika nuklir, dan eksperimen tumbukan terestrial. Akselerator partikel untuk analisis komprehensif.

“Dengan menganalisis data secara koheren dan simultan, kami mendapatkan hasil yang lebih akurat,” kata Peter T. H. Bang, ilmuwan di Universitas Utrecht.

“Metode baru kami akan membantu menganalisis sifat-sifat materi pada kepadatan ekstrim,” jelas Tim Dietrich, seorang profesor di Universitas Harvard. “Ini juga akan memungkinkan kita untuk lebih memahami perluasan alam semesta dan sejauh mana unsur-unsur berat terbentuk selama neutron merger bintang.” Universitas Potsdam dan Ketua Kelompok Max Planck di Institut Fisika Gravitasi Max Planck.

berdasarkan penyataan Oleh para ilmuwan, bintang neutron adalah objek astrofisika ultra-padat yang terbentuk pada akhir kehidupan sebuah bintang masif dalam ledakan supernova. Seperti objek kompak lainnya, beberapa bintang neutron mengorbit satu sama lain dalam sistem biner. Mereka kehilangan energi melalui emisi gelombang gravitasi yang terus menerus – riak kecil di struktur ruang-waktu – dan akhirnya bertabrakan. Penggabungan tersebut memungkinkan para peneliti mempelajari prinsip-prinsip fisika dalam kondisi paling ekstrem di alam semesta. Misalnya, kondisi tumbukan berenergi tinggi ini menyebabkan terbentuknya unsur-unsur berat seperti emas. Faktanya, penggabungan bintang neutron adalah objek unik untuk mempelajari sifat-sifat materi dengan kepadatan yang jauh melebihi kepadatan inti atom.

READ  Pengukuran terobosan mengguncang fisika