Maret 4, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Situasi perdagangan Indonesia saat ini kuat: Wakil Menteri

Situasi perdagangan Indonesia saat ini kuat: Wakil Menteri

SURABAYA, JAWA TIMUR (ANTARA) – Kondisi perdagangan Indonesia saat ini kuat mengingat pertumbuhan ekonomi yang positif dan stabil, kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuka.

“Indonesia bisa mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,28 persen (yang membuktikan) pertumbuhan ekonomi stabil dan positif,” ujarnya saat memberikan kuliah umum di Amitya Institute di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, Kementerian Perdagangan, para pelaku usaha, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta mahasiswa selalu membantu mereka menjadi penopang pertumbuhan ekonomi.

“Mahasiswa punya potensi yang besar. Kementerian Perdagangan punya 46 perwakilan perdagangan di seluruh dunia. Mereka (mahasiswa) akan magang dan proyek pengembangan bisnis di luar negeri, dan saya kira mereka akan bisa berkolaborasi dengan perwakilan perdagangan dalam identitas produk dan pencocokan bisnis. ,” dia berkata.

Peluang ini akan menguntungkan lebih dari satu sektor, katanya.

Menurutnya, mahasiswa menghadapi tantangan di tengah masa bonus kependudukan.

Untuk itu, Sambuka berpesan kepada seluruh mahasiswa yang bergerak di bidang perdagangan agar benar-benar bangga dengan produk buatan dalam negeri.

Ia mengatakan, mereka harusnya benar-benar mendukung produk lokal dan tidak membatasi diri untuk membicarakannya.

“Kita semua mempunyai kewajiban untuk mengembangkan produk UMKM. Jangan hanya sebatas slogan. Harusnya kita tunjukkan, praktikkan, dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Amitya Inda Noor Aini mengatakan industri perhotelan terus berkembang dan tidak lepas dari aspek lain termasuk perdagangan dan pendidikan.

“Sektor perhotelan tidak bisa dipisahkan dari dunia bisnis dan pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan bagaimana bertindak di tahun-tahun mendatang,” tambahnya.

Berita terkait: Teknologi digital harus bermanfaat bagi semua orang termasuk UMKM: Menteri Hasan
Berita terkait: Kementerian bekerja sama dengan operator pasar untuk mengembangkan pasar offline
Berita terkait: Kementerian Perdagangan memangkas harga referensi biji kakao bulan November

READ  Indonesia: Inflasi semakin moderat di bulan Maret | patah

Diterjemahkan oleh: Willi I, Kenzu
Redaktur: Aziz Kurmala
Hak Cipta © ANTARA 2023