Februari 27, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Siapakah Mantan Jenderal Prabowo Subianto yang Memimpin Pemilu Indonesia?

JAKARTA, Indonesia — Jutaan orang akan naik bus, sepeda motor, perahu atau feri ke tempat pemungutan suara di seluruh kepulauan Indonesia pada hari Rabu, di mana mereka akan memilih pengganti Presiden Joko Widodo. Pemungutan suara tersebut terjadi setelah berbulan-bulan perdebatan mengenai sejauh mana pengaruh Widodo dalam pemilu dan dipandang sebagai ujian terhadap kekuatan demokrasi di negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diperkirakan akan meraih suara lebih banyak dibandingkan dua kandidat lainnya, mantan Gubernur Jawa Tengah Kanjar Pranovo dan mantan Gubernur Jakarta Anis Baswedan. Namun, jika tidak ada calon yang memperoleh sedikitnya 50 persen suara, maka pemilihan antara kedua calon akan dilaksanakan pada bulan Juni. Indonesia memilih perwakilan legislatif dan eksekutif di semua tingkat pemerintahan.

Widodo telah menjabat dua periode dan secara konstitusional dilarang mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga. Ia mendapat kecaman dari mantan sekutu dan pendukungnya, yang mengatakan bahwa ia berusaha untuk membatalkan terpilihnya mantan jenderal Prabowo, yang dilarang memasuki Amerika Serikat karena pelanggaran hak asasi manusia. Prabowo telah berjanji untuk melanjutkan kebijakan khas Widodo, termasuk upayanya membangun ibu kota baru dan komitmennya untuk tetap tidak memihak dalam persaingan geopolitik AS-Tiongkok.

Inilah yang perlu Anda ketahui:

Di Indonesia, seorang presiden yang dikagumi menghadapi kritik keras atas perannya dalam pemilu

Mengapa pemilu di Indonesia penting?

Indonesia telah menjadi salah satu titik terang demokrasi di Asia sejak jatuhnya diktator Suharto pada akhir tahun 1990an, yang mampu melakukan transisi kekuasaan secara damai bahkan ketika junta militer dan para pemimpin otoriter merebut kekuasaan di negara-negara tetangga. Namun, pemilu ini telah menimbulkan kekhawatiran bagi kelompok pengawas yang mengatakan bahwa Widodo meremehkan norma-norma demokrasi untuk melindungi kemenangan Prabowo.

READ  Menteri menerima kondisi Indonesia sebagai tuan rumah ADMM 2023

Para pengkritik Widodo mengatakan bahwa ia telah menekan Mahkamah Konstitusi untuk mengubah persyaratan kelayakan kandidat politik sehingga putranya Gibran Rakabuming, 36, dapat mencalonkan diri sebagai pasangan Raka Prabowo. Mereka juga menuduh Widodo menggunakan pengaruh politik pribadinya dan kekuasaan eksekutif untuk mengganggu aktivitas kampanye kandidat lain. Widodo dan Prabowo membantah tuduhan tersebut.

Konawan Mohamad, salah satu intelektual publik paling terkemuka di Indonesia, mengatakan bahwa Widodo telah “menghancurkan kepercayaan” terhadap institusi politik negara. Aktivis hak asasi manusia, termasuk ketua Amnesty International di Indonesia, mengatakan pemilu ini mungkin merupakan pemilu yang paling tidak adil di negara ini sejak era Suharto.

Indonesia, negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia dengan 280 juta penduduk, memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan global mulai dari ekstremisme agama hingga perubahan iklim. Ini kaya akan mineral penting seperti nikel yang digunakan dalam baterai kendaraan listrik.

Prabowo, 72, umumnya dikenal dengan nama depannya, berasal dari keluarga kaya dan terkemuka di Indonesia dan merupakan seorang letnan jenderal di angkatan darat di bawah pemerintahan Suharto. Kelompok hak asasi manusia internasional mengatakan bahwa Prabowo melakukan pelanggaran sebagai pemimpin militer, termasuk memerintahkan penculikan aktivis demokrasi dan mengarahkan pembantaian pejuang kemerdekaan di Timor Timur dan tempat lain. Prabowo diberhentikan dengan hormat dari militer pada tahun 1998 tetapi tidak menghadapi tuntutan pidana.

Prabowo telah berupaya bangkit kembali secara politik sejak awal tahun 2000-an melalui partai nasionalis Gerindra, dan dalam berbagai tahap membentuk aliansi dengan kelompok Islam garis keras dan kelompok pro-militer. Dia telah dua kali menantang Widodo dalam pemilu nasional, tetapi semakin dekat dengan presiden sejak pengangkatannya sebagai menteri pertahanan pada tahun 2019.

READ  Perkebunan Sime Dorby, KLK - Riset PublicInvest

Berbeda dengan pemilu sebelumnya, Prabowo tidak memamerkan kredibilitas militernya, melainkan menampilkan citra yang lebih lembut dan lebih kekanak-kanakan yang selaras dengan besarnya populasi pemuda di Indonesia, kata para ilmuwan politik. Video-video Prabowo yang menari di acara kampanye telah menjadi viral di media sosial, memicu perdebatan mengenai upaya menutupi masa lalunya yang brutal.

Apa isu utama dalam pemilu?

Pemilu ini secara luas dipandang sebagai referendum atas inisiatif Presiden Joko Widodo, mulai dari upayanya membangun rantai pasokan manufaktur kendaraan listrik hingga upayanya untuk mengurangi kerawanan pangan dengan mengubah lahan gambut yang kaya karbon menjadi lahan pertanian.

Prabowo telah berjanji untuk melanjutkan kebijakan “persis” Widodo. Kanjar, yang berasal dari partai pimpinan Widodo, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), mengatakan bahwa ia lebih banyak menjalankan kebijakan presiden namun berupaya untuk memperbaikinya.

Anis, mantan Gubernur Jakarta, adalah satu-satunya kandidat yang menolak beberapa inisiatif utama Widodo, dan berada di posisi kedua. Misalnya, rencana Widodo untuk menciptakan ibu kota baru “dapat menciptakan ketimpangan baru” dan harus dikaji ulang, katanya.

Jika Prabowo menang, para aktivis hak asasi manusia mengatakan Indonesia berisiko kehilangan kebebasan sipil. Membela Prabowo, penasihat kampanye Budiman Sudjatmiko mengatakan “kebebasan bukanlah satu-satunya agenda negara kita”.

Kapan hasilnya akan datang?

Hasil resmi akan diumumkan beberapa minggu kemudian, namun lembaga pemungutan suara independen akan mulai melaporkan suara tidak resmi pada Hari Pemilihan. Kandidat dapat mendeklarasikan kemenangan atau mengakui kekalahan pada hari pemungutan suara.

Pada tahun 2019, Prabowo mengajukan pengaduan terhadap dirinya dengan tuduhan kecurangan pemilu, yang akhirnya ditolak oleh Mahkamah Konstitusi Indonesia. Demonstrasi massal dan kerusuhan tidak jarang terjadi pasca pemilu di Indonesia.

READ  Indonesia memulai pembicaraan Kemitraan Ekonomi Makro