Februari 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Shell menggugat Greenpeace sebesar $2,1 juta setelah para aktivis menaiki kapal minyak

Shell menggugat Greenpeace sebesar $2,1 juta setelah para aktivis menaiki kapal minyak

LONDON, 9 November (Reuters) – Shell telah menggugat Greenpeace sebesar $2,1 juta sebagai ganti rugi setelah aktivis dari kelompok lingkungan hidup menaiki kapal produksi minyak perusahaan tersebut saat transit di laut tahun ini, Greenpeace dan sebuah dokumen mengatakan.

Perusahaan minyak dan gas besar asal Inggris itu mengajukan gugatan ke Pengadilan Tinggi di London. Aktivis Greenpeace menaiki kapal tersebut pada bulan Januari di dekat Kepulauan Canary di lepas pantai Atlantik Afrika Utara sebagai protes terhadap eksplorasi minyak dan melakukan perjalanan ke Norwegia.

Dalam emailnya kepada Reuters, Shell mengonfirmasi bahwa proses hukum sedang berlangsung ketika ditanya apakah pihaknya akan menuntut Greenpeace atas insiden tersebut namun menolak berkomentar mengenai jumlah klaim.

Juru bicara Shell mengatakan menaiki kapal yang bergerak di laut adalah tindakan yang “ilegal dan sangat berbahaya”.

“Hak untuk melakukan protes adalah hal mendasar dan kami sepenuhnya menghormatinya,” kata juru bicara tersebut, “tetapi hal itu harus dilakukan dengan aman dan sah.”

Kapal tersebut menuju ke ladang minyak dan gas Penguins di Laut Utara, yang belum mulai berproduksi.

Empat aktivis Greenpeace menggunakan tali untuk mengangkat diri mereka ke atas kapal dari rakit tiup yang mengejar kapal dengan kecepatan tinggi.

Protes di laut terhadap infrastruktur minyak, gas atau pertambangan telah lama menjadi bagian dari operasi Greenpeace.

Kerugian yang dituntut Shell mencakup biaya terkait penundaan pengiriman dan biaya keamanan tambahan, serta biaya hukum, menurut dokumen yang dilihat oleh Reuters.

“Tuduhan ini adalah salah satu ancaman hukum terbesar terhadap kemampuan Greenpeace untuk berkampanye dalam lebih dari 50 tahun sejarah organisasi tersebut,” kata Greenpeace dalam sebuah pernyataan.

READ  Sam Bankman-Fried ditemukan 'menakutkan' di ruang tunggu bandara JFK dengan jaminan $250 juta

Kelompok tersebut mengatakan Shell telah menawarkan untuk mengurangi klaim kerusakannya menjadi $1,4 juta jika para aktivis Greenpeace setuju untuk tidak lagi memprotes infrastruktur minyak dan gas Shell di laut atau di pelabuhan.

Greenpeace mengatakan mereka hanya akan melakukan hal tersebut jika Shell mematuhi perintah pengadilan Belanda pada tahun 2021 untuk mengurangi emisinya sebesar 45% pada tahun 2030, yang telah diajukan banding oleh Shell.

Klaim ganti rugi tambahan sebesar sekitar $6,5 juta oleh salah satu kontraktor Shell, Fluor (FLR.N), belum diselesaikan, menurut dokumen yang dilihat oleh Reuters. Fluor tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Shell dan Greenpeace telah mengadakan perundingan sejak kasus ini diajukan, namun perundingan tersebut berakhir pada awal November, kata Greenpeace, seraya menambahkan bahwa mereka kini menunggu Shell untuk menyerahkan lebih banyak dokumen ke pengadilan.

Greenpeace mengatakan pihaknya kemudian akan mempertimbangkan langkah selanjutnya, termasuk cara menghentikan kasus ini agar tidak berlanjut.

(Laporan oleh Shadia Nasrallah – Disiapkan oleh Muhammad untuk Buletin Arab) Diedit oleh Rod Nickel

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru

Dia menulis tentang titik temu antara minyak korporasi dan kebijakan iklim. Dia menulis tentang politik, ekonomi, imigrasi, diplomasi nuklir, dan bisnis dari Kairo, Wina, dan tempat lain.