April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Serangan drone di Ukraina: Kilang minyak Rusia terkena serangan saat Kiev meningkatkan serangan drone menjelang pemilihan Putin

Serangan drone di Ukraina: Kilang minyak Rusia terkena serangan saat Kiev meningkatkan serangan drone menjelang pemilihan Putin

Stringer/AFP/Getty Images

Balai Kota Belgorod rusak setelah serangan pesawat tak berawak di kota itu pada hari Selasa.



CNN

Ukraina melancarkan serangan pesawat tak berawak (drone) semalam terhadap tiga kilang minyak jauh di dalam Rusia, kata sumber pertahanan Ukraina kepada CNN pada hari Rabu, ketika Kiev mengintensifkan serangan lintas batas beberapa hari sebelum perkiraan terpilihnya kembali Presiden Vladimir Putin.

Sumber tersebut mengatakan kepada CNN bahwa Ukraina “menerapkan strategi yang terencana untuk mengurangi potensi ekonomi Rusia.”

Tiga kilang minyak Rusia yang menjadi sasaran terletak di kota Ryazan, sekitar 130 mil tenggara Moskow; Kostovo, di wilayah Nizhny Novgorod, sekitar 300 mil sebelah timur ibu kota; Dan Kirishi di barat laut Rusia. Sumber tersebut mengatakan bahwa ketiga fasilitas tersebut merupakan salah satu kilang terbesar di Rusia.

Ini adalah hari kedua berturut-turut serangan Ukraina terhadap situs-situs energi Rusia, dan situs-situs yang ditargetkan mewakili serangkaian serangan di dalam wilayah Rusia.

“Tujuan kami adalah merebut sumber daya musuh dan mengurangi aliran minyak dan uang bahan bakar yang langsung digunakan Rusia dalam perang,” kata sumber tersebut kepada CNN.

Serangan ini terjadi setelah hari yang kacau di sisi Rusia di perbatasan Ukraina, di mana kelompok pejuang pro-Ukraina Rusia mengatakan bahwa mereka melakukan hal yang sama. Serangan lintas batas dilancarkan Mereka mengaku telah menguasai desa Tyutkino di wilayah Kursk Rusia.

Gubernur daerah tersebut mengatakan desa tersebut terus diserang “sepanjang hari” pada hari Rabu.

Stringer/AFP/Getty Images

Wilayah perbatasan Belgorod menanggung beban terberat serangan lintas batas Ukraina selama perang.

Dampak serangan itu berlanjut hingga Rabu. Korps Kebebasan Rusia, sekelompok pembangkang Rusia yang berjuang untuk Ukraina dan sebelumnya mengaku bertanggung jawab atas serangan ke Rusia, mengatakan dalam serangkaian unggahan Telegram pada hari Rabu bahwa para pejuangnya menghancurkan pusat komando di desa Tyutkino di Kursk. Kawasan ini mengalami kemajuan lebih jauh.

READ  Menteri Pertahanan Ukraina mengatakan Ukraina memasuki fase perang yang "berkepanjangan"

CNN tidak dapat memverifikasi klaim kelompok tersebut secara independen. Namun, CNN dapat melakukan geolokasi rekaman video yang diposting oleh kelompok tersebut yang menunjukkan sebuah bangunan dilalap asap dan api yang terletak di Teotkino.

“Ada pusat kendali dan tidak ada pusat kendali,” kata kelompok itu. “Kami membawa krisis ini lebih dekat ke industri pertahanan rezim yang berdarah ini.”

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa pertahanan udaranya menghancurkan 58 drone Ukraina dalam semalam, termasuk beberapa yang melakukan perjalanan hingga wilayah Leningrad, yang berbatasan dengan Finlandia, mendukung klaim Kiev.

Gubernur wilayah Ryazan Pavel Malikov mengatakan kebakaran terjadi di fasilitas di sana tetapi telah berhasil dipadamkan. Dia menambahkan, dua orang terluka.

Sebuah video di media sosial dari kompleks kilang, salah satu yang terbesar di Rusia, menunjukkan kepulan asap besar membubung dari sebuah bangunan di kejauhan.

Sehari sebelumnya, pihak berwenang Rusia melaporkan setidaknya 25 serangan pesawat tak berawak, dan pejabat lokal di wilayah Oryol dan Nizhny Novgorod melaporkan adanya korban jiwa di fasilitas bahan bakar dan energi.

Tidak ada korban luka yang dilaporkan akibat serangan hari Selasa atau Rabu itu.

Namun serangan lintas batas yang terlihat pada hari Selasa menyebabkan serangan di desa Odnorubovka di wilayah Kharkiv Ukraina, dan di desa-desa tetangga Rusia, Nekhotivka dan Spodaryushino di Belgorod, menurut pihak berwenang Rusia.

Gubernur wilayah Belgorod Rusia, Vyacheslav Gladkov, mengatakan 10 warga sipil terluka dan enam orang dibawa ke rumah sakit di wilayah tersebut pada hari Selasa.

Di wilayah tetangga Kursk, desa Tyukino di Rusia diserang “sepanjang hari” pada hari Rabu setelah kelompok pro-Ukraina mengatakan mereka telah mengambil kendali, kata gubernur wilayah tersebut, Roman Starovoit.

READ  AN-225: Konfirmasi rencana untuk membangun kembali pesawat terbesar di dunia

Ia menambahkan, ada satu bangunan dan gudang yang rusak.

“Setelah aman, pemeriksaan door to door akan dilakukan di desa tersebut. Kami pasti akan memberikan bantuan kepada seluruh pemilik properti yang rusak dalam restorasinya,” kata Starovoit.

Selain menargetkan cadangan minyak dalam negeri Rusia, serangan yang dilakukan baru-baru ini di Kiev mungkin sebagian bertujuan untuk menyadarkan masyarakat Rusia akan dampak perang saat negara tersebut bersiap mengadakan pemilihan presiden.

Pemungutan suara adalah Dia pada dasarnya yakin akan memberi Putin masa jabatan kelimaDia memperpanjang pemerintahannya hingga tahun 1930-an. Pemungutan suara akan berlangsung selama tiga hari, dimulai pada hari Jumat, saat presiden menuju masa jabatan berikutnya dalam pemungutan suara yang tidak dianggap bebas atau adil dan tidak menghadapi persaingan nyata.

Selama wawancara panjang lebar dengan saluran televisi pemerintah Rossiya 1 pada hari Rabu, Putin mengatakan serangan Ukraina di Belgorod dan Kursk terjadi di tengah “kegagalan” Kiev di medan perang.

Semua ini terjadi dengan latar belakang kegagalan di jalur kontak, di garis depan. “Mereka tidak mencapai satu pun tujuan yang mereka tetapkan tahun lalu,” kata Putin. “Dengan latar belakang kegagalan ini, mereka setidaknya harus menunjukkan sesuatu dan, pada dasarnya, perhatian harus dipusatkan pada sisi informasi dari masalah tersebut.”