Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Selang waktu yang luar biasa mengungkap langit berkilauan dengan sinar gamma: ScienceAlert

Selang waktu yang luar biasa mengungkap langit berkilauan dengan sinar gamma: ScienceAlert

Sebagian besar cahaya yang mengalir melalui alam semesta kita tidak terlihat oleh mata manusia.

Spektrumnya berkisar dari gelombang radio panjang hingga sinar gamma pendek, dengan bagian yang terlihat hanya menempati sebagian kecil di tengahnya. Namun berkat teknologi teleskop, kita dapat melihat segmen spektrum lain dan melihat seluruh cahaya di langit.

Teleskop Luar Angkasa Sinar Gamma Fermi milik NASA adalah salah satu instrumen tersebut. Radiasi gamma adalah cahaya paling energik di alam semesta, dihasilkan oleh sumber-sumber energik seperti sisa-sisa supernova, pulsar, quasar, dan galaksi terang, yang ditenagai oleh lubang hitam supermasif yang nafsu makannya sangat besar sehingga menghasilkan cahaya yang menderu-deru melintasi ruang dan waktu.

Radiasi gamma sulit dilihat dari permukaan bumi karena terhalang oleh atmosfer. Ini bagus, karena Ini bisa sangat berbahayaNamun ini berarti kita perlu kreatif dalam mempelajarinya. Salah satu solusinya adalah: Jika atmosfer menghalangi kita mengamati sinar gamma, pergilah ke tempat yang tidak memiliki atmosfer

Fermi diluncurkan pada tahun 2008, dan sejak itu Fermi memanfaatkan sepenuhnya lokasinya untuk mempelajari sumber radiasi gamma di alam semesta kita. Kami telah melihat animasi sumber sinar gamma yang terlihat selama satu tahun, dari Februari 2022 hingga Februari 2023.

Kini, para ilmuwan NASA telah menyusun garis waktu data aktual mereka, yang dikumpulkan antara Agustus 2008 hingga Agustus 2022.

border-frame=”0″ izinkan=”akselerometer; putar otomatis; tulis ke papan klip; media terenkripsi; giroskop; gambar-dalam-gambar; berbagi web”allowfullscreen>

“Salah satu hal pertama yang akan menarik perhatian Anda dalam film ini adalah sumber yang terus-menerus muncul di layar.” kata astronom Judy Racusin Dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, yang menceritakan selang waktu. “Ini adalah Matahari kita, yang gerakan nyatanya mencerminkan gerakan orbit tahunan Bumi di sekitarnya.”

READ  Keluarga saya mengunjungi kota di mana ponsel tidak diperbolehkan. Kurangnya pelayanan membuat saya menjadi ayah yang lebih hadir.

Matahari adalah sumber radiasi gamma yang relatif redup. Para ilmuwan percaya bahwa radiasi gamma tidak dipancarkan dari dalam, tetapi sebagai akibat dari pemboman terus-menerus oleh partikel radiasi kosmik yang selalu mengalir melalui alam semesta. Ketika mereka bertabrakan dengan Matahari, interaksi dengan atmosfer matahari menghasilkan radiasi gamma.

Namun, sesekali Matahari meletus dalam ledakan besar yang menghasilkan sinar-X dan sinar gamma, dan untuk sesaat menjadi benda paling terang di langit sinar gamma. (Karena Matahari adalah sebuah bintang dan sangat dekat dengan kita, Matahari sering kali merupakan benda paling terang di langit, namun radiasi gamma merupakan pengecualian, seperti yang dapat Anda lihat dalam selang waktu.)

Sebagian besar sumber sinar gamma dilihat oleh Fermi Mereka adalah galaksi balzar. Ini adalah galaksi jauh dengan lubang hitam supermasif yang aktif. Lubang hitam tidak memancarkan cahaya, namun dialiri oleh awan debu dan gas raksasa yang berputar kencang di sekitarnya.

Awan ini sangat panas dan sangat terang, namun radiasi gamma yang dilihat Fermi berasal dari pancaran material yang dialihkan sepanjang garis medan magnet di luar lubang hitam, dan dikeluarkan dari kutubnya dengan kecepatan ekstrim. Galaksi terang adalah galaksi yang salah satu pancarannya mengarah langsung ke kita, sehingga tampak lebih terang dibandingkan galaksi yang mengarah ke arah lain.

Jet-jet ini dapat berkedip-kedip dalam kecerahannya, yang merupakan salah satu hal yang dicari oleh para ilmuwan Fermi.

“Cahaya sinar gamma yang terang dan konstan di Bima Sakti diselingi dengan semburan api yang intens selama beberapa hari dari jet berkecepatan mendekati cahaya yang ditenagai oleh lubang hitam supermasif di inti galaksi jauh.” Seth Diggle menjelaskan Dari Laboratorium Akselerator Nasional SLAC, yang membuat gambar tersebut.

READ  'Ubur-ubur abadi': sebuah studi baru dari Spanyol dapat mengungkapkan rahasia bagaimana spesies ini membalikkan penuaan

“Ledakan dramatis ini, yang dapat terjadi di mana saja di langit, terjadi jutaan hingga miliaran tahun yang lalu, dan cahayanya baru saja mencapai Fermi saat kita melihatnya.”

Sumber radiasi gamma lainnya termasuk sisa-sisa supernova seperti Nebula Kepiting, supernova, dan pulsar. Peristiwa yang berdurasi lebih pendek, seperti semburan sinar gamma dari supernova, tidak muncul dalam interval waktu tersebut karena cara data diproses.

Namun yakinlah, mereka tidak akan luput dari perhatian. Setiap poin yang ditemukan Fermi membangkitkan minat para ilmuwan yang menyaring kekayaan data yang terkandung di dalamnya.

Fermi direncanakan hanya bertahan 5 hingga 10 tahun. Sejauh ini, telah dimainkan selama lebih dari 15,5, dan terus bertambah. Jika kita beruntung, kita mungkin punya banyak hal untuk diungkapkan kepada kita rahasia peristiwa dan objek paling kuat di alam semesta.