Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Sektor manufaktur Indonesia mencatat pertumbuhan yang luar biasa di bulan Maret

Sektor manufaktur Indonesia mencatat pertumbuhan yang luar biasa di bulan Maret

Kondisi operasional di sektor manufaktur Indonesia mengalami peningkatan tercepat dalam hampir dua setengah tahun pada bulan Maret, didorong oleh pertumbuhan pesanan dan output baru, menurut Indeks Manajer Pembelian Manufaktur (PMI) S&P Global Indonesia pada tanggal 1 April.

PMI manufaktur yang disesuaikan secara musiman di negara dengan ekonomi terbesar di Asean ini naik menjadi 54,2 di bulan Maret dari 52,7 di bulan Februari, didorong oleh kinerja yang kuat di tiga dari lima sub-komponennya, menurut indeks yang dikumpulkan oleh S&P Global. Tanggapan dari manajer pembelian di grup yang terdiri dari sekitar 400 produsen.

Perusahaan manufaktur di Indonesia mengalami peningkatan pesat dalam jumlah pesanan baru mulai Agustus 2023, berkat tren permintaan yang baik dan perolehan pelanggan baru. Perusahaan meningkatkan produksi seiring meningkatnya pesanan baru, dengan tingkat ekspansi output pada angka terkuat sejak Desember 2021, kata S&P Global.

Sebagai akibat dari kuatnya permintaan, perusahaan manufaktur Indonesia berupaya merestrukturisasi inventaris mereka pada bulan Maret dan membeli pasokan tambahan, sehingga membantu meningkatkan tingkat pengadaan di sektor ini.

“Untuk mengakomodasi permintaan yang kuat dan kebutuhan produksi yang meningkat, perusahaan-perusahaan telah menerima jumlah input terbesar dalam dua tahun, yang menyebabkan lonjakan stok pembelian,” kata S&P Global mengenai hasil survei PMI.


“Sektor manufaktur Indonesia menunjukkan kinerja yang kuat pada bulan Maret, dengan pertumbuhan produksi mencapai tingkat tertinggi dalam 27 bulan terakhir yang didukung oleh peningkatan tajam dalam permintaan barang dalam negeri,” kata Pollinna de Lima, direktur asosiasi ekonomi di S&P Global Market Intelligence .

Baca edisi terbaru Majalah OGV Energy Di Sini

Diterbitkan: 04-05-2024