April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Sebuah pesawat Japan Airlines terbakar setelah bertabrakan dengan pesawat bantuan gempa di Bandara Haneda Tokyo

Sebuah pesawat Japan Airlines terbakar setelah bertabrakan dengan pesawat bantuan gempa di Bandara Haneda Tokyo



CNN

Sebuah pesawat Japan Airlines yang membawa ratusan penumpang terbakar saat mendarat di Bandara Haneda Tokyo pada hari Selasa setelah bertabrakan dengan sebuah pesawat yang berpartisipasi dalam upaya bantuan gempa.

Seluruh awak dan penumpang, termasuk delapan anak di bawah usia dua tahun, di JAL Penerbangan 516 telah dievakuasi dengan selamat dari pesawat penumpang, menurut maskapai tersebut, namun lima dari enam orang di dalam pesawat lainnya dilaporkan tewas.

Airbus A350-900 terbakar setelah terbang ke Haneda dari kota Sapporo di Jepang utara pada pukul 17:47 waktu setempat (3:47 ET).

Lima anggota awak tewas di pesawat kedua, yang diyakini sebagai De Havilland Canada DHC-8, yang dioperasikan oleh Penjaga Pantai Jepang (JCG), menurut lembaga penyiaran publik NHK. Dia menambahkan, pilot pesawat berada dalam kondisi kritis.

Perwakilan maskapai tersebut mengatakan kepada CNN bahwa JAL sedang menyelidiki rincian dan penyebab kebakaran pesawat tersebut.

Menurut NHK, dinas pemadam kebakaran setempat mengonfirmasi bahwa 17 orang di dalam pesawat Japan Airlines terluka.

Namun, saat ini belum ada informasi tambahan terkait detail cedera tersebut.

NHK melaporkan lebih dari 100 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menanggapi insiden tersebut.

Rekaman video menunjukkan pesawat penumpang ditelan bola api besar saat bergerak di landasan. Pesawat itu kemudian terlihat diparkir ketika orang-orang menggunakan perosotan darurat untuk menghindari api sementara petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang semakin besar.

Juru bicara Penjaga Pantai Jepang mengatakan kepada CNN bahwa pesawatnya berangkat dari Bandara Haneda ke pangkalan udara di Prefektur Niigata untuk membantu upaya bantuan menyusul gempa berkekuatan 7,5 skala Richter pada hari Senin.

Japan Airlines Penerbangan 516 lepas landas dari Bandara New Chitose di Sapporo di Prefektur Hokkaido ke Bandara Haneda Tokyo dengan hampir 400 penumpang dan awak di dalamnya, menurut NHK.

READ  Pembaruan Langsung: Perang Rusia di Ukraina

Mayoritas keberangkatan dari Bandara Haneda kini telah dibatalkan, dan tidak jelas kapan layanan penerbangan akan dilanjutkan, lapor stasiun televisi tersebut.

CNN menghubungi para pejabat untuk mengonfirmasi rincian lebih lanjut.

Emiko Gozuka dari CNN, Eric Cheung dan Mayumi Maruyama berkontribusi pada artikel ini