April 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Rusia memperketat pembatasan di wilayah pendudukan Ukraina: berita langsung

Rusia memperketat pembatasan di wilayah pendudukan Ukraina: berita langsung
Ivan Gershkovich, reporter Wall Street Journal, telah ditahan di Rusia selama lebih dari sebulan atas tuduhan spionase, yang ditolak oleh Amerika Serikat.kredit…Alexander Zemlyanichenko/Associated Press

A.G. Sulzberger, penerbit The New York Times, memperingatkan pada hari Selasa bahwa “ketika pers bebas terkikis, erosi demokrasi selalu mengikuti.”

Dia berbicara di sebuah acara Perserikatan Bangsa-Bangsa yang memperingati 30 tahun Hari Kebebasan Pers Sedunia, pada saat serangan mematikan terhadap jurnalis meningkat – terutama dalam perang di Ukraina dan Amerika Latin – dan sejumlah rekor telah dipenjara, menurut seorang reporter. . kelompok kontrol.

Acara hari ini di Aula Majelis Umum PBBItu juga termasuk alamat oleh Latour, penerbit The Wall Street Journal. Kebebasan pers dunia Hari itu secara resmi dirayakan pada hari Rabu.

The Times, The Journal, dan organisasi berita lainnya telah mengambil sikap menentang penahanan Rusia terhadap reporter AS Ivan Gershkovitch, 31.

Dia ditangkap pada akhir Maret saat dalam perjalanan pers ke kota Rusia Yekaterinburg, dan segera kembali ke ibu kota Rusia dan dituduh melakukan spionase, tuduhan yang dianggap palsu oleh Amerika Serikat. Sebuah iklan satu halaman penuh di The Journal, The Times dan The Washington Post minggu lalu mengatakan penangkapan Mr. Gershkovitch adalah “yang terbaru dari tren yang meresahkan di mana jurnalis dilecehkan, ditangkap, atau lebih buruk lagi untuk pelaporan.”

itu Komite Perlindungan Wartawankelompok kontrol, Dilaporkan bahwa setidaknya 67 jurnalis dan pekerja media tewas pada 2022. Ini merupakan angka tertinggi sejak 2018 dan meningkat hampir 50 persen dari 2021.

Komisi peningkatan yang dikaitkan sejumlah besar jurnalis tewas saat meliput perang di Ukraina dan “peningkatan tajam” pembunuhan di Amerika Latin, di mana, Menurut ketua panitia, Judy Ginsberg“Meliputi politik, kejahatan, dan korupsi bisa lebih menghancurkan atau mematikan daripada meliput perang skala penuh.”

READ  Jutawan bergabung dengan protes Davos untuk menuntut 'pajak kami sekarang' | Davos

Komite itu mengatakan bahwa sejak Rusia memulai invasi habis-habisan ke Ukraina tahun lalu, 14 jurnalis dan pekerja media dipastikan tewas di sana. Yang terbaru adalah jurnalis Ukraina Bogdan Petek, yang ditembak mati pada Rabu saat bekerja untuk surat kabar harian Italia La Repubblica bersama dengan reporter Italia Corrado Zunino yang terluka.

Komisi sedang menyelidiki kematian dua jurnalis lain di Ukraina untuk menentukan apakah mereka terkait dengan pekerjaan tersebut.

Sejauh ini di tahun 2023, sembilan jurnalis dan pekerja media telah meninggal di seluruh dunia, termasuk enam kematian yang dipastikan terkait langsung dengan pekerjaan jurnalis. Panitia mengatakan wartawan atau pekerja media itu tewas atau tewas dalam baku tembak, pertempuran, atau saat menjalankan tugas berbahaya.

Gambar jurnalis yang terbunuh saat berjaga di Mexico City pada bulan Agustus.kredit…Eduardo Verdugo/The Associated Press

Penangkapan wartawan bahkan lebih umum. Per 1 Desember 2022, Komite Ditemukan bahwa 363 jurnalis berada di balik jeruji besi – Kenaikan global baru yang melampaui rekor tahun sebelumnya sebesar 20 persen.

Panitia menggambarkan sosok itu sebagai “tonggak suram lainnya dalam lanskap media yang memburuk”.

Robert Mahoney, Direktur Proyek Khusus Grup, pada hari Senin Dia mencatat bahwa jurnalisme independen pernah berkembang secara global ketika Internet menggerogoti kontrol negara atas informasi dan pers serta memperkenalkan kebebasan publikasi.

Itu kemudian berubah ketika pemerintah memperoleh teknologi baru untuk digunakan sebagai alat penyensoran dan pengawasan, tulisnya, menambahkan: “Jurnalisme membutuhkan demokrasi dan supremasi hukum untuk berkembang. Sekarang keduanya kehilangan.”