April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Rusia memasukkan mantan penulis pidato Putin ke daftar buronan Ukraina | Berita tentang perang antara Rusia dan Ukraina

Rusia memasukkan mantan penulis pidato Putin ke daftar buronan Ukraina |  Berita tentang perang antara Rusia dan Ukraina

Abbas Galliamov menulis pidato untuk Vladimir Putin selama masa jabatan pemimpin Rusia sebagai perdana menteri antara 2008 dan 2012.

Polisi di Rusia telah menempatkan mantan penulis pidato untuk Presiden Vladimir Putin dalam daftar buronan tersangka kriminal atas komentarnya tentang perang di Ukraina, langkah terbaru dalam tindakan keras Moskow terhadap perbedaan pendapat.

Abbas Galliamov menulis surat kepada Putin selama masa jabatan pemimpin Rusia sebagai perdana menteri dari 2008-2012. Galliamov, 50, kemudian menjadi konsultan dan analis politik yang blak-blakan yang sering dikutip oleh media Rusia dan asing. Tinggal di luar negeri dalam beberapa tahun terakhir.

Pada hari Jumat, media Rusia dan internasional menemukan penyertaan Galliamov dalam database Kementerian Dalam Negeri. Entri tersebut menyatakan bahwa dia dicari “berdasarkan pasal hukum pidana,” tetapi itu tidak termasuk hukum yang dituduhkan kepadanya.

Kementerian Kehakiman Rusia bulan lalu menambahkan Galliamov ke dalam daftar agen asingnya, sebuah penunjukan yang membawa pengawasan pemerintah yang lebih besar dan membawa konotasi yang kuat dari peyoratif yang dimaksudkan untuk merusak kredibilitas penerima.

Galliamov, kata kementerian itu, “mendistribusikan materi yang dibuat oleh agen asing ke lingkaran orang yang tidak terbatas, berbicara menentang operasi militer khusus di Ukraina, (dan) berpartisipasi sebagai ahli dan responden pada platform informasi yang disediakan oleh struktur asing.”

Galliamov baru-baru ini memberikan wawancara di mana dia meramalkan kemungkinan pemberontakan di Rusia atas perangnya dengan Ukraina, dan merenungkan waktunya sebagai penulis pidato Putin, mengatakan bahwa hanya sedikit yang dapat meramalkan bahwa “Rusia akan berubah menjadi semacam negara fasis, seperti sekarang.”

READ  Berikut adalah kapal pesiar Rusia yang disita saat sanksi ditenggelamkan

Galliamov mengatakan kepada The Associated Press pada hari Jumat bahwa dia mengetahui bahwa dia termasuk dalam daftar orang yang dicari media. Tidak ada lembaga penegak hukum yang dihubungi, jadi dia tidak tahu tuduhan apa yang dia hadapi di Rusia.

“Saya berasumsi bahwa mendiskreditkan tentara secara resmi adalah kejahatan,” kata Galamov dalam wawancara telepon.

“Itu digunakan terhadap siapa pun yang menolak untuk membesar-besarkan buku pedoman Kremlin dan mencoba membuat analisis yang objektif dan tidak memihak tentang apa yang sedang terjadi,” katanya.

Memfitnah angkatan bersenjata Rusia menjadi kejahatan di Rusia di bawah undang-undang baru yang diadopsi setelah Moskow mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari 2022. Kritik terhadap Kremlin telah secara teratur didakwa berdasarkan undang-undang tersebut.

Galliamov menggambarkan langkah melawan dia sebagai bagian dari “strategi intimidasi” pemerintah Rusia.

“Itu tidak mencoba untuk mendapatkan saya – itu tidak mungkin. Ini adalah pesan untuk yang lainnya,” katanya.

Seperti dalam, “Jangan mengkritik, jangan berpikir bahwa pandangan independen Anda tentang apa yang terjadi tidak akan dihukum.”