Januari 31, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Roket terkuat SpaceX kembali terbang

Mendaftar untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita penemuan menakjubkan, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Roket Falcon Heavy SpaceX, kendaraan peluncuran menjulang tinggi yang terkenal dengan akrobat udara dari pendorongnya dan turun secara bersamaan saat kembali ke Bumi, melonjak ke langit pada hari Minggu, mengirimkan muatan keamanan nasional ke orbit untuk militer AS.

Misi, bernama USSF-67, lepas landas pada pukul 17:56 EST dari Kennedy Space Center di Florida, menandai penerbangan sukses kelima untuk roket yang baru-baru ini dicopot sebagai kendaraan peluncuran operasional paling kuat di dunia. Tugas ini pada awalnya Diiklankan Ini akan dimulai pada hari Sabtu, dan belum jelas apa yang menyebabkan penundaan satu hari itu.

Falcon Heavy memulai debutnya dengan meriah pada tahun 2018 ketika CEO SpaceX Elon Musk Ia memasang mobil pribadinya Tesla Roadster sebagai beban uji saat peluncuran. Mobil masih di luar angkasamengambil jalur memanjang mengelilingi matahari yang berayun sampai ke jalur orbit Mars.

Rudal itu mengikuti misi uji dengan dua peluncuran pada 2019 sebelum dihentikan selama tiga tahun; Sebagian besar misi SpaceX tidak memerlukan penguat daya selain Falcon Heavy. Di sisi lain, roket Falcon 9 SpaceX diluncurkan lebih dari 60 kali pada tahun 2022 saja, mengirimkan dua roket kelompok astronot juga Satelit Starlink dan berbagai wahana antariksa lainnya.

Tapi SpaceX sekarang menghasilkan banyak uang Kontrak peluncuran militer Saya mendaftar untuk Falcon Heavy bertahun-tahun yang lalu. Rudal itu kembali mengudara pada bulan November dengan peluncuran Angkatan Darat AS Misi USSF-44dan lepas landas pada hari Minggu merupakan tindak lanjut dari pertunjukan itu.

“USSF-44 menyertakan enam muatan pada satu satelit yang memajukan komunikasi, penginderaan cuaca luar angkasa, dan teknologi lain di orbit dekat Bumi,” menurut Angkatan Darat. Komando Operasi Luar Angkasa.

USSF-67 akan menggunakan jenis pesawat ruang angkasa yang sama Dikerahkan di USSF-44, ini disebut LDPE, dan pada dasarnya adalah bus luar angkasa yang dapat membawa satelit yang lebih kecil. Falcon Heavy juga membawa a Satelit komunikasidisebut SATCOM Enhanced Continuous Broadcast, untuk US Space Force.

Rincian tambahan tentang satelit dalam misi hari Minggu tidak segera tersedia.

Dengan setiap peluncuran, roket Falcon Heavy menampilkan pertunjukan dramatis di Bumi.

Setelah misi hari Minggu, perusahaan memulihkan dua penguat tahap pertama roket Falcon Heavy – tongkat putih panjang yang diikat menjadi satu untuk memberi roket kekuatan yang meningkat saat lepas landas. Setelah menghabiskan sebagian besar bahan bakarnya, pendorong samping menjauh dari inti pusat dan mengorientasikan diri kembali untuk menembus atmosfer bumi.

Saat mereka mendekati tanah, penguat menyalakan kembali mesin mereka dan menyelesaikan pendaratan serentak di landasan darat dekat pantai Florida. Ini adalah langkah khas untuk SpaceX, yang secara rutin memulihkan dan menggunakan kembali pendorong roketnya untuk mengurangi biaya peluncuran.

SpaceX tidak berupaya memulihkan pusat booster karena kebutuhan bahan bakar.

Perusahaan belum berhasil memulihkan ketiga booster, meskipun sudah hampir. Dua pendorong samping membuat pendaratan simultan yang tepat di platform darat setelah misi April 2019, dan pendorong tengah roket mendarat di platform lepas pantai. Tetapi Gelombang besar menggulingkannya.

Selama bertahun-tahun, Falcon Heavy adalah roket operasional paling kuat di dunia. Namun pada bulan November, roket bulan baru NASA, yang disebut Space Launch System, atau SLS, mencuri gelar tersebut dengan miliknya Peluncuran perdana. SLS diluncurkan itu Kosong Misi Artemis 1 mengelilingi Bulan, membuka jalan bagi misi masa depan dengan astronot di dalamnya.

Sedangkan Falcon Heavy memberikan sekitar 5 Daya dorong jutaan pound, SLS dipadamkan sebanyak itu Daya dorong 8,8 juta pon – 15% lebih banyak dari roket Saturn V yang mendukung pendaratan di bulan Apollo.

Di fasilitas pengujiannya di Texas Selatan, SpaceX memasuki tahap akhir persiapan untuk upaya peluncuran orbit pertama dari pesawat luar angkasa Starship dan roket beratnya. Meski masih uji terbang Menunggu persetujuan akhir dari regulator federal, itu bisa dimulai dalam beberapa minggu mendatang.

Jika berhasil, Starship SpaceX akan melengserkan SLS sebagai roket paling kuat yang terbang saat ini.

Sistem Starship diharapkan mengungguli SLS dan Falcon Heavy. Penguat Super Berat yang akan datang, yang dirancang untuk melontarkan pesawat ruang angkasa Starship ke luar angkasa, diperkirakan akan ditunda. Daya dorong 17 juta pon.

Namun, tidak semua kompetisi. Roket SLS dan Starship SpaceX merupakan bagian integral dari NASA Rencana untuk mengembalikan astronot ke permukaan bulan Untuk pertama kalinya dalam setengah abad.

SpaceX memiliki visi ambisiusnya sendiri untuk Starship: untuk mengangkut manusia dan kargo ke Mars dengan harapan suatu hari dapat membangun pemukiman manusia permanen di sana.

READ  NASA telah merilis rekaman audio lubang hitam - rupanya hasil dari Hans Zimmer | berita sains dan teknologi