April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Teleskop Webb NASA mengkonfirmasi planet ekstrasurya pertama

Teleskop Webb NASA mengkonfirmasi planet ekstrasurya pertama

Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah membuat konfirmasi pertama tentang sebuah planet ekstrasurya. Exoplanet adalah planet yang mengorbit bintang di luar tata surya kita.

Badan antariksa AS mengatakan planet ekstrasurya itu kira-kira berukuran sama dengan Bumi.

Para peneliti dari Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins di Maryland memeriksa data baru yang dikumpulkan oleh Webb untuk memastikan data tersebut benar.

Pengamatan sebelumnya oleh teleskop NASA lainnya memberikan beberapa bukti adanya planet ekstrasurya. Tetapi konfirmasi Webb membuat penemuan itu resmi.

Teleskop luar angkasa lainnya disebut Transiting Exoplanet Survey Satellite, atau TESS. TESS diluncurkan pada 2018 dengan tujuan menemukan planet tambahan di luar tata surya kita.

Planet ekstrasurya itu bernama LHS 475 b. Itu terlalu dekat dengan Bumi untuk sebuah planet ekstrasurya, kata para peneliti. Terletak sekitar 41 tahun cahaya di konstelasi Octane. Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun.

Sulit bagi teleskop untuk mengidentifikasi exoplanet. Salah satu alasannya adalah cahaya terang dari bintang yang diorbitnya dapat menyembunyikannya. Proses penelitian melibatkan pengamatan tetesan di bidang cahaya bintang. Tetesan ini bisa disebabkan oleh lintasan planet atau transit di depan bintang.

Para peneliti mengatakan Webb dapat mengkonfirmasi keberadaan planet ekstrasurya menggunakan metode pengamatan transit. Konfirmasi datang dengan cepat, kata mereka, setelah hanya dua peristiwa transit.

NASA mengatakan teleskop Webb dikembangkan untuk dapat memberikan tingkat detail yang tinggi dalam pengamatannya. Itu dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk memantau gelombang inframerah. Gelombang ini adalah jenis energi elektromagnetik yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. NASA mengatakan instrumen teleskop dapat menemukan gelombang inframerah melalui gas dan debu untuk melihat objek yang jauh.

READ  Data GPS dapat mendeteksi gempa besar beberapa jam sebelum terjadi

Jacob Lustig-Yaeger membantu memimpin pencarian. Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa data teleskop membuatnya lebih mudah untuk membuat konfirmasi yang jelas. “Tidak ada keraguan bahwa planet itu ada.”

Penemuan ini baru-baru ini dipresentasikan pada konferensi American Astronomical Society di Seattle, Washington.

Kapten tim lainnya, Kevin Stephenson, menambahkan bahwa dia menemukan konfirmasi “malu“Karena planet ekstrasurya itu kecil dan berbatu, itu membuatnya lebih sulit untuk diidentifikasi.

Dari semua teleskop NASA yang beroperasi, hanya Webb yang diperlengkapi untuk mengumpulkan informasi tentang atmosfer planet ekstrasurya. Namun dalam kasus ini, para peneliti mengatakan mereka tidak memiliki cukup data untuk memastikan jenis atmosfer yang dimiliki LHS 475 b.

Ilmuwan umumnya menggunakan model komputer dan data teleskop untuk mempelajari atmosfer planet ekstrasurya. Erin May, anggota tim peneliti lainnya, mengatakan teleskop Webb dapat dengan mudah mengidentifikasi serangkaian partikel yang berbeda. “Tapi kami belum bisa berbuat apa-apa Terakhir kesimpulan tentang atmosfer planet.

Sementara para peneliti mengatakan mereka tidak dapat memastikan apa yang ada di atmosfer planet ekstrasurya, mereka sangat yakin tentang apa yang tidak. Misalnya, LHS 475 b tidak dapat memiliki atmosfer tebal yang sebagian besar terbuat dari metana, kata Lustig-Yaeger.

Tim bahkan mencatat bahwa planet ekstrasurya mungkin tidak memiliki atmosfer sama sekali. Beberapa data yang tersedia menunjukkan bahwa planet ekstrasurya mungkin memiliki atmosfer karbon dioksida murni. Namun para peneliti mengatakan mereka berencana untuk mengumpulkan lebih banyak data dalam pengamatan di masa depan untuk membantu mereka mempelajari lebih lanjut tentang kondisi atmosfer.

NASA Kata Sejauh ini telah mengkonfirmasi keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar tata surya. Tetapi Lustig-Yaeger mencatat bahwa teleskop Webb lebih siap untuk mendeteksi planet ekstrasurya yang kecil dan berbatu. Ini kemungkinan akan mengarah pada lebih banyak konfirmasi planet ekstrasurya, katanya.

READ  Roket bulan raksasa Artemis I milik NASA tiba di landasan peluncuran sebelum lepas landas

Lustig-Yaeger menambahkan, “Kami baru saja memulai menggores permukaan seperti apa atmosfer mereka. “

Saya Brian Lane.

Bryan Lynn menulis cerita ini untuk VOA Learning English, berdasarkan laporan dari NASA.

UJI – Teleskop Webb NASA mengkonfirmasi planet ekstrasurya pertama

Ikuti kuis untuk mencari tahu

___________________________________________________________________

kata-kata dalam cerita ini

malu Buat kesan yang baik atau nyata

Terakhir Jelas dan tidak mungkin berubah

kesimpulan – n. Pendapat dibuat setelah mempertimbangkan semua informasi tentang sesuatu

Gores permukaannya – bahasa. Suka. Untuk menangani hanya sebagian kecil dari topik atau masalah

___________________________________________________________________

Apa pendapat Anda tentang cerita ini? Kami ingin mendengar dari Anda. Kami memiliki sistem komentar baru. Begini cara kerjanya:

  1. Ketik komentar Anda di dalam kotak.
  2. Di bawah kotak, Anda dapat melihat empat foto akun media sosial. Mereka untuk Disqus, Facebook, Twitter dan Google.
  3. Klik salah satu gambar dan sebuah kotak akan muncul. Masukkan informasi login akun media sosial Anda. Atau Anda dapat membuatnya di Disqus. Ini adalah lingkaran biru dengan huruf “D” di atasnya. Gratis.

Setiap kali Anda kembali untuk berkomentar di situs Belajar Bahasa Inggris, Anda dapat menggunakan akun Anda dan melihat komentar dan tanggapan Anda terhadapnya. Kebijakan umpan balik kami adalah di sini.