Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Risiko gagal bayar AS membayangi keputusan tingkat Korea, Indonesia

Risiko gagal bayar AS membayangi keputusan tingkat Korea, Indonesia

Oleh Jamie McKeever

(Reuters) – Pandangan tentang hari yang akan datang di pasar Asia dari Jamie McKeever.

Bank sentral Korea Selatan dan Indonesia mengumumkan keputusan suku bunga pada hari Kamis, di tengah kegelisahan di seluruh pasar global bahwa AS dapat mengalami default yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menimbulkan bencana.

Baik Bank of Korea dan Bank Indonesia diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan masing-masing sebesar 3,50% dan 5,75%, sebelum membedakannya pada kuartal ketiga.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan BOK akan memangkas suku bunga pada kuartal keempat dan melonggarkan kebijakan BI awal tahun depan. Dampak bagi pasar, terutama FX, akan muncul dari pernyataan kebijakan.

Kemenangan telah meningkat sedikit minggu ini, mencapai level tertinggi satu bulan di dekat 1.300 per dolar pada hari Selasa. Rupee telah bergerak sebaliknya akhir-akhir ini, tergelincir dari level tertinggi satu tahun di awal bulan untuk diperdagangkan pada 15.000 terhadap dolar.

Sementara itu, dolar Selandia Baru tampaknya bangkit kembali dari kemerosotan hari Rabu. Pada satu titik, turun 2,5%, hari terburuk dalam lebih dari tiga tahun, Reserve Bank of New Zealand menaikkan suku bunga ke level tertinggi 14 tahun, tetapi mengisyaratkan pengetatan.

Yuan China terus terdepresiasi, jatuh di bawah 7,00 per dolar ke level terlemah sejak November karena hubungan China-AS memburuk, terutama seputar perdagangan dan keamanan dunia maya.

Apa pun pendorong harga dan sentimen pasar regional pada hari Kamis, gambaran yang lebih besar masih akan mendominasi hari tanpa kesepakatan di Washington untuk menaikkan plafon utang federal sebesar $31,4 triliun.

Wall Street ditutup di zona merah, indeks dunia MSCI turun 1% untuk hari kedua berturut-turut, dan indeks acuan Nikkei 225 Jepang akhirnya mencapai level tertinggi baru dalam 33 tahun dan membukukan penurunan tertajam dalam tujuh minggu.

READ  Kritikus mengecam presiden Indonesia karena memihak pada pemilu mendatang - BeritaBenar

Pembicaraan antara Partai Republik dan Demokrat berlanjut, tetapi investor menjadi gugup ketika mereka melangkah terlalu jauh tanpa kesepakatan. Imbal hasil beberapa T-bills yang jatuh tempo pada awal Juni naik di atas 7%, dengan pemerintah AS beberapa hari lagi akan gagal bayar.

Sementara ketakutan plafon utang mendorong imbal hasil bertanggal sangat pendek, pasar suku bunga terus meningkatkan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga Fed bulan depan. Ini adalah tarian yang aneh – default AS berarti The Fed hampir pasti tidak akan menaikkan suku bunga.

Berikut adalah tiga perkembangan utama yang dapat memberikan arahan tambahan ke pasar pada hari Kamis:

– Keputusan suku bunga Korea Selatan

– Keputusan suku bunga Indonesia

– PDB Singapura (Q1)

(Oleh Jamie McGeever)