Desember 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Putin berencana mengumumkan pencaplokan tanah Ukraina yang disita pada hari Jumat

Putin berencana mengumumkan pencaplokan tanah Ukraina yang disita pada hari Jumat
  • Putin akan menandatangani surat aneksasi pada hari Jumat
  • Semoga dia menghadiri pesta kemenangan Lapangan Merah
  • Ukraina dan Barat mengatakan pencaplokan itu adalah langkah ilegal
  • Uni Eropa memberikan sanksi kepada Amerika Serikat untuk diikuti
  • Ukraina mengancam keuntungan Rusia di medan perang

LONDON (Reuters) – Presiden Vladimir Putin akan menandatangani dokumen resmi pada Jumat yang menyatakan pencaplokan Rusia atas empat wilayah Ukraina, ketika Moskow berlomba untuk menyelidiki tuduhan regional bahwa militer Ukraina mengancam akan mundur dari medan perang.

Langkah itu, salah satu langkah hukum yang Rusia katakan akan mengakibatkan pencaplokan resmi 15% wilayah Ukraina, menegaskan bahwa Putin menggandakan perangnya melawan Ukraina meskipun menderita kudeta militer besar bulan ini.

Aneksasi tersebut, setelah apa yang digambarkan oleh Kyiv dan negara-negara Barat sebagai referendum palsu yang diadakan di bawah todongan senjata di wilayah Ukraina yang dikuasai Rusia, ditolak secara internasional karena penyitaan ilegal atas tanah yang direbut dalam perang.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Washington dan Uni Eropa akan menjatuhkan sanksi tambahan pada Rusia atas rencana tersebut, dan bahkan beberapa sekutu tradisional Rusia yang dekat, seperti Serbia dan Kazakhstan, mengatakan mereka tidak akan mengakui pencaplokan tersebut.

Upacara penandatanganan akan berlangsung di salah satu aula paling megah di Kremlin dengan kepribadian pro-Rusia yang dianggap Moskow sebagai pemimpin dari empat wilayah Ukraina – Kherson, Zaporizhzhya, Donetsk, dan Luhansk. Rusia mengatakan referendum itu nyata dan menunjukkan dukungan rakyat untuk langkah tersebut.

Setelah berhari-hari berspekulasi tentang bagaimana Rusia akan merayakan pencaplokan itu, juru bicara Putin Dmitry Peskov mengkonfirmasi beberapa rincian upacara pada hari Kamis.

READ  Pejabat Pentagon mengatakan kemunduran Rusia menghambat perekrutan militer

Peskov mengatakan bahwa perjanjian “tentang aksesi wilayah baru ke Federasi Rusia” akan ditandatangani “dengan keempat wilayah yang mengadakan referendum dan mengajukan permintaan serupa ke pihak Rusia.”

Peskov mengatakan bahwa Putin akan menyampaikan pidato utama tentang masalah ini. Konser rock besar akan berlangsung pada hari Jumat di Lapangan Merah Moskow, di mana mimbar dengan layar video raksasa telah didirikan, dengan papan iklan bertuliskan “Donetsk, Luhansk, Zaporizhia, Kherson – Rusia!”

Peskov tidak mengatakan apakah Putin akan menghadiri upacara tersebut. Dia melakukannya di acara serupa pada tahun 2014 setelah Rusia mengumumkan bahwa mereka telah mencaplok wilayah Krimea Ukraina.

Apa yang dianggap Rusia sebagai perayaan datang setelah Moskow menghadapi kemunduran terburuk perang, dengan pasukannya dikalahkan dalam beberapa pekan terakhir di timur laut.

Putin secara terbuka mendukung rencana pencaplokan itu dalam pidatonya pekan lalu di mana ia juga mengumumkan pemanggilan ratusan ribu tentara cadangan Rusia, dan mengancam akan menggunakan senjata nuklir untuk mempertahankan wilayah Rusia jika perlu.

Beberapa ahli militer mengatakan bahwa Kyiv sedang bersiap untuk menerima kekalahan besar lainnya, karena secara bertahap mengepung kota Lyman, benteng utama Rusia yang tersisa di bagian utara provinsi Donetsk. Kejatuhannya dapat membuka jalan bagi pasukan Ukraina untuk melancarkan serangan ke sebagian besar wilayah yang sekarang ingin dicaplok Rusia.

READ  PM Israel serukan hubungan dengan Arab Saudi sebelum kunjungan Biden

Ketua majelis tinggi parlemen Rusia mengatakan majelis itu mungkin mempertimbangkan untuk menggabungkan empat wilayah pada 4 Oktober, tiga hari sebelum ulang tahun ke-70 Putin.

payung nuklir

Pejabat pemerintah Rusia telah mengatakan bahwa keempat wilayah tersebut akan berada di bawah payung nuklir Moskow setelah mereka secara resmi dimasukkan ke dalam Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berusaha menggalang dukungan internasional terhadap aneksasi dalam serangkaian panggilan telepon dengan para pemimpin asing, termasuk dari Inggris, Kanada, Jerman dan Turki.

“Terima kasih semua atas dukungan Anda yang jelas dan jujur. Terima kasih semua untuk memahami posisi kami,” kata Zelensky dalam pidato video larut malam pada hari Selasa.

Amerika Serikat telah meluncurkan paket senjata senilai $ 1,1 miliar untuk Ukraina yang mencakup 18 Peluncur Roket Mobilitas Tinggi (HIMARS), amunisi yang menyertainya, dan berbagai jenis UAV dan sistem radar. Pengumuman tersebut meningkatkan bantuan keamanan AS menjadi $ 16,2 miliar.

AS juga mengatakan akan menjatuhkan sanksi baru terhadap Rusia demi referendum, dan Uni Eropa diperkirakan akan mendukung paket sanksi baru terhadap Rusia dalam beberapa hari mendatang.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Dilaporkan oleh kantor Reuters. Ditulis oleh Andrew Osborne; Diedit oleh Peter Graf

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.