Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pushpa Kamal Dahal: Mantan kepala gerilya Nepal menjadi Perdana Menteri baru

Pushpa Kamal Dahal: Mantan kepala gerilya Nepal menjadi Perdana Menteri baru



CNN

Mantan pejuang Maois yang memimpin pemberontakan selama satu dekade melawan monarki Hindu Nepal diangkat sebagai perdana menteri pada Minggu untuk ketiga kalinya, bersekutu dengan oposisi utama setelah pemilihan bulan lalu, yang memulihkan parlemen yang digantung.

Pushpa Kamal Dahal, yang masih menggunakan nom de guerre Prachanda — yang berarti “mengerikan” atau “galak” — akan memimpin pemerintahan baru untuk paruh pertama masa jabatan lima tahun dengan dukungan dari oposisi Persatuan Komunis Marxis-Leninis ( UML) dan beberapa kelompok kecil lainnya, kata pejabat partai. .

“Dia telah diangkat dan mendapat dukungan mayoritas besar di parlemen,” kata Tika Dhakal, pembantu Presiden Bidhya Devi Bhandari, kepada Reuters.

Media lokal melaporkan bahwa Prachanda, yang menggantikan Sher Bahadur Deuba dari Partai Kongres Nepal, akan mundur pada 2025, memberi ruang bagi Partai Persatuan Marxis-Leninis (UMLP) untuk mengambil alih.

“Inilah pemahamannya. Pekerjaan yang tersisa untuk mendistribusikan jabatan dan kementerian penting lainnya belum selesai,” kata Dev Gurung, sekretaris jenderal Partai Pusat Maois Prachanda, kepada Reuters setelah pertemuan koalisi baru.

Koalisi baru berkuasa beberapa jam setelah Prachanda, 68, tiba-tiba mundur dari koalisi berkuasa yang dipimpin oleh Deuba dari Partai Kongres Nepal. Deuba menolak mendukung Prachanda untuk jabatan Ketua Menteri.

Baik Deuba dan Prachanda berkampanye dalam pemilihan November bersumpah untuk menjaga aliansi lama tetap utuh selama beberapa tahun.

Partai Tengah Prachanda, partai Maois, memenangkan 32 dari 275 anggota DPR. UML memiliki 78 kursi, dan sisanya, dibutuhkan mayoritas 138 kursi, akan dikendalikan oleh kelompok yang lebih kecil.

Partai Kongres Nepal akan menjadi oposisi utama, dengan 89 kursi.

Analis mengatakan Prachanda tidak mungkin memberikan stabilitas bagi negara karena banyaknya mitra dalam aliansi tersebut. Ini juga menghadapi tantangan ekonomi yang serius.

READ  Minyak turun karena penutupan Shanghai meningkatkan kekhawatiran tentang permintaan yang lebih rendah

Inflasi telah mencapai lebih dari 8%, tingkat tertinggi dalam enam tahun. Nepal terselip di antara Cina Dan IndiaIndonesia juga menghadapi cadangan devisa yang semakin menipis, dengan meningkatnya ketergantungan pada impor komoditas.

“Tidak mungkin ekonomi akan tumbuh karena ketidakstabilan politik akan menakuti investasi dan bisnis,” kata Dependra Bahadur Kshetri, mantan gubernur bank sentral, kepada Reuters.

Nepal telah mengalami 10 pergantian pemerintahan sejak 2008 ketika monarki berusia 239 tahun dihapuskan.